Biaya CT Scan Kepala, Apakah ditanggung BPJS?

29 Aug 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 29 Aug 2022

Ada masalah di kepala adalah sesuatu hal yang harus segera diperiksa, mungkin anda sedang mencari tahu informasi Biaya CT Scan Kepala. Disini kami sajikan informasi lengkap, beserta rumah sakit yang bisa melakukan CT Scan Kepala.

CT Scan Kepala

Mungkin bertanya, apakah CT Scan Kepala ditanggung BPJS? mari kita bahas untuk lebih detailnya, silahkan baca sampai selesai ya.

Mungkin informasi yang akan disampaikan di artikel kali ini akan bermanfaat bagi anda, silahkan baca sampai selesai ya.

Baca juga artikel lainnya: Inilah Manfaat Vaksin Kanker Serviks

Pengertian CT Scan Kepala

CT Scan merupakan tipe pengecekan guna memindai bagian badan sehingga memperoleh foto tulang serta jaringan lunak yang tidak tampak secara kasat mata. Alat ini bekerja dengan memakai serangkaian pemindaian X- ray yang diambil dari bermacam sudut yang berbeda. Sehabis itu, pc bakal memproses sehingga menciptakan foto tulang serta jaringan lunak di dalam badan.

Alat CT scan berbentuk mesin pemindai berupa bundaran yang besar kayak terowongan yang pas buat dimasuki orang dewasa dengan posisi tiduran. Alat ini bisa digunakan buat mendiagnosis serta memonitor bermacam- macam keadaan kesehatan.

Mengapa wajib CT Scan Kepala

Secara universal manfaat CT Scan kepala ialah upaya untuk melakukan pengecekan di bagian kepala. Pengecekan kepala memakai CT Scan ini diarahkan buat mengetahui jaringan yang mati akibat stroke, tumor, pengerasan jaringan, pendarahan dan trauma kepala.

Efek dari CT Scan Kepala

Walaupun secara universal CT Scan nyaman dicoba, hendak namun pengecekan kedokteran ini dapat memunculkan sebagian dampak samping. Berikut Efek dari CT Scan yang dapat terjalin ialah selaku berikut ini:

CT Scan kepala

Paparan Radiasi Berlebihan 

CT Scan dengan menggunakan radiasi cahaya X berkekuatan besar dapat beresiko serta bisa mengganggu DNA sel- sel badan, sehingga tingkatkan resiko terbentuknya kanker. Walaupun begitu, resiko ini sangat kecil pada penderita yang menempuh CT Scan sesekali.

Respon Terhadap Zat Kontras

Pemakaian zat kontras ini bisa memunculkan respon alergi dan pengaruhi kinerja organ badan semacam ginjal. Hingga dari itu, pemakaian zat kontras umumnya disarankan buat penderita dengan penyakit tertentu semacam diabet, asma, penyakit jantung, kendala tiroid ataupun penyakit ginjal.

Ada pula dampak samping CT Scan kepala umumnya hendak memunculkan rasa pusing, mual serta muntah.

Bagaimana alur CT scan kepala?

Secara universal, prosedur ini dapat anda lakukan dalam satu hari tanpa wajib menginap di rumah sakit. Hendak namun, prosedur yang dicoba bisa jadi berbeda, bergantung pada keadaan kesehatan penderita secara merata.

Walaupun demikian, bagi John Hopkins Medicine, berikut merupakan tahapan prosedur ini secara universal:

  1. Bila Anda menempuh prosedur dengan kontras, regu kedokteran hendak menyuntikkan cairan kontras ke dalam badan ataupun anda wajib konsumsi cairannya langsung dari mulut.
  2. Anda bakal tiduran pada meja scan serta masuk ke dalam mesin scan yang berupa separuh bundaran. Demi menghindari pergerakan, regu medis memenuhi meja scan dengan sabuk pengaman
  3. Pakar kedokteran yang mengendalikan mesin CT scan bakal terletak di ruangan lain buat mengendalikan mesin. Akan tetapi, pakar kedokteran tersebut hendak mengawasi Anda lewat suatu jendela cermin
  4. Anda hendak menciptakan mesin berdialog pada mesin scan sehingga dapat berbicara dengan pakar kedokteran yang mengendalikan mesin
  5. Dikala mesin scan bergerak mengelilingi badan anda, cahaya X- ray hendak melintasi badan anda sepanjang sebagian kali dalam jangka waktu tertentu
  6. X- ray yang terserap oleh jaringan badan hendak ditemukan oleh mesin scan serta terbaca oleh komputer
  7. PC kemudian hendak mengganti informasi tersebut ke dalam foto, serta pakar radiologi yang menolong prosedur ini hendak membacakan hasilnya
  8. Hindarkan begitu banyak bergerak sepanjang prosedur, terlebih lagi boleh jadi ahli radiologi hendak memohon Anda buat menahan nafas beberapa kali dikala menempuh prosedur ini
  9. Anda perlu berikan ketahui pakar radiologi apabila mengalami kendala pernapasan, berkeringat, mati rasa, ataupun jantung berdebar( palpitasi)
  10. Anda baru boleh beranjak dari meja scan bila prosedur telah berakhir

Baca juga artikel lainnya: Mata lelah? cek artikel terbaru disini

Bagaimana prosedur persiapan CT Scan Kepala?

Demi melindungi kesehatan anda, lebih baik ikuti petunjuk berikut saat sebelum menempuh CT scan untuk kepala:

  1. Bila anda hamil, lekas beritahu dokter. Alasannya, paparan radiasi dikala kehamilan bisa menimbulkan cacat lahir pada bayi.
  2. Tidak seluruh penderita dapat memakai media kontras dalam pengecekan ini, spesialnya penderita yang mempunyai respon alergi terhadap media tersebut.
  3. Penderita yang konsumsi obat metformin buat penyakit diabet wajib berikan tahu dokter terlebih dulu saat sebelum memperoleh injeksi kontras sebab bisa menimbulkan keadaan sangat jarang, adalah asidosis metabolik.
CT Scan kepala

Bisa jadi masih terdapat peringatan lain yang wajib anda tahu saat sebelum menempuh prosedur pengecekan ini. Oleh karena itu, Anda butuh mendiskusikannya dengan teliti bersama dokter.

Apa CT Scan Kepala ditanggung BPJS?

Jawabannya IYA.

BPJS Kesehatan hendak menjamin pengecekan CT Scan kepala dapat dicoba secara free serta bisa ditanggung BPJS Kesehatan sepanjang partisipan menjajaki prosedur yang berlaku.

Bukan itu saja, partisipan jua dapat menempuh prosedur perawatan sesuai penaksiran menurut hasil pengecekan CT Scan kepala, termasuk jikalau pasien wajib di operasi. Dengan kata lain, tindakan CT Scan tersebut dicoba atas gejala medis yang jelas diresmikan oleh dokter selaku wujud penindakan atas penyakit partisipan serta bukan atas kemauan partisipan sendiri.

Berapa Biaya CT Scan Kepala untuk Pasien Umum?

Besaran pengeluaran CT Scan pada dasarnya ditentukan oleh banyak perihal, serupa mutu hasil yang di impikan serta sarana kesehatan tempat guna menjalaninya. Jadi normal saja bila pengeluaran CT Scan kepala tiap rumah sakit berbeda- beda.

Walaupun demikian, tetapi sesungguhnya pemerintah lewat Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor. 178/ PMK. o5/ 2020, sudah menetapkan standar pengeluaran CT Scan kepala dengan tarif selaku berikut:

  1. CT Scan 3 Ukuran: Rp. 1. 100. 000– Rp. 1. 750. 000 per tindakan
  2. CT Scan Angiography( dengan zat kontras): Rp. 2. 750. 000– Rp. 8. 250. 000 per tindakan
  3. CT Scan Guided Biopsy: Rp. 1. 350. 000– Rp. 1. 450. 000 per tindakan
  4. CT Scan Non- kontras: Rp. 1. 300. 000– Rp. 2. 200. 000 per tindakan
  5. CT Scan Lain- lain: Rp. 1. 350. 000– Rp. 3. 300. 000 per tindakan
  6. CT Scan Kontras: Rp. 1. 350. 000– Rp. 3. 850. 000 per tindakan
  7. CT Scan Cardiac: Rp. 1. 350. 000– Rp. 3. 500. 000 per tindakan

Catatan berguna, mungkin anda akan mengeluarkan anggaran CT Scan lebih besar dari ditaksir, terlebih lagi anggaran di atas belum tercantum pengeluaran dokter serta perawatan penunjang yang lain. Sehingga dari itu, siapkan paling tidak budget kurang lebih 30% dari rincian harga CT Scan kepala di atas.

Kesimpulan tentang Biaya CT Scan Kepala

Kepala pemberian tuhan, harus dijaga lebih baik. Apabila anda atau orang kesayangan anda ingin melakukan CT Scan maka lakukan secara bertahap dan konsultasikan dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Persiapkan biaya jika anda tidak menggunakan BPJS, akan ketapi jika anda menggunakan BPJS, maka persiapkan berkas-berkas yang diperlukan ke pihak BPJS secara langsung. Ikuti prosedurnya secara bertahap dan teliti.

Baca juga artikel lainnya: Ginjal anda bermasalah? Inilah cara cek ginjal

Karena kesembuhan adalah tujuannya, lakukan secara perlahan jangan sampai ada yang terlewat ya.

Semoga artikel tentang biaya CT Scan Kepala ini bermanfaat, silahkan di share ya.
Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
29 Aug 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download