Bersin Terus Menerus? Begini Cara Mengatasinya

04 Aug 2021 by Laruan, Last edit: 06 Aug 2021

Bersin merupakan suatu bentuk usaha tubuh dalam melakukan pertahanan terhadap benda-benda asing yang masuk ke dalam ruang anggota pernapasan manusia, seperti hidung dan mulut.bersin terus menerus dapat terjadi pada manusia yang sejatinya banyak melakukan aktivitas di berbagai tempat, terutama yang melakukan aktivitas di luar ruangan. 

Bersin Terus Menerus? Begini Cara Mengatasinya

Udara yang kita hirup mengandung banyak partikel. Tidak hanya partikel baik seperti oksigen, udara juga mengandung berbagai partikel buruk yang dapat membahayakan kesehatan manusia seperti debu, asap, zat beracun, virus, bakteri dan berbagai jenis alergen. 

Hidung akan melakukan filter terhadap udara yang masuk ke dalam sistem pernapasan dengan bantuan rambut-rambut halus dan lendir yang ada di dalamnya. Partikel-partikel asing akan terperangkap  pada rambut dan lendir tersebut. 

Rambut-rambut halus inilah yang bertugas mengirimkan sinyal berupa rasa gatal ke otak. Proses ini kemudian menyebabkan terjadinya bersin agar benda-benda atau partikel asing tersebut dapat keluar dari hidung manusia. 

Selain itu, bersin juga dapat disebabkan oleh masuknya zat-zat asing melalui mulut. Kemudian tubuh secara spontan akan meresponnya melalui sistem kekebalan tubuh. 

Jika Sobat Pintar mengalami bersin akibat pengaruh benda-benda asing yang tidak sengaja terhirup atau tertelan, maka Sobat Pintar tidak perlu khawatir lagi karena kini Sobat Pintar sudah tahu bahwa hal tersebut merupakan respon baik dari tubuh Sobat Pintar untuk mengeluarkan benda-benda tersebut sesegera mungkin dari dalam tubuh Sobat Pintar. 

Namun, bersin terus menerus juga dapat menandakan bahwa kondisi tubuh Sobat Pintar sedang tidak baik-baik saja, Sobat Pintar baru saja terserang penyakit flu. Biasanya hidung akan terasa gatal, berair, dan tersumbat. Maka ketika mendapati hal ini, sebaiknya Sobat Pintar segera beristirahat atau menghubungi  dokter. 

Dalam beberapa kasus, bersin terus menerus kerap terjadi meski kita tidak sedang dalam keadaan sakit atau tubuh benar-benar dalam keadaan prima. Ternyata, flu bukan lah satu-satunya penyakit yang terdiagnosa akibat bersin yang tidak berhenti-henti. Terdapat beberapa gangguan kesehatan lain yang juga ditandai dengan kondisi bersin yang sama seperti yang disebutkan sebelumnya.

Lalu, apa saja pemicu atau kondisi yang menyebabkan kita bersin-bersin terus ?

Di awal telah disebutkan bahwa bersin merupakan bentuk respon tubuh terhadap benda asing yang masuk melalui hidung atau mulut. Oleh karena itulah, bersin terus menerus tidak melulu menandakan bahwa kita sedang terserang flu. Karena benda asing yang masuk tidak hanya virus, melainkan juga ada alergen, bakteri bahkan zat-zat beracun. 

Pemicu Bersin

Untuk lebih memahami lagi penyebab-penyebab sering bersin, simak penjelasan di bawah ini.

  1. Akibat reaksi alergi

Apabila anda yakin jika Sobat Pintar tidak terserang flu namun selalu bersin-bersin, mungkin Sobat Pintar sedang terkontaminasi alergen yang menyebabkan terjadinya reaksi alergi dalam tubuh Sobat Pintar dan muncullah bersin Hal ini paling sering disebabkan oleh bulu binatang, debu dan tungau.

Kondisi bersin yang disebabkan oleh reaksi alergi ini di dalam dunia medis dikenal juga dengan istilah rhinitis alergi, dimana sistem kekebalan tubuh sedang merespon partikel-partikel asing yang datang. Pada dasarnya benda asing seperti bulu hewan atau debu tidak berbahaya bagi tubuh manusia namun sistem di dalam tubuhlah yang menganggapnya berbahaya karena tidak dapat mengenalinya. 

Reaksi alergi menyebabkan hidung membengkak dan muncul ldir dalam jumlah banyak dari dalam hidung. Sehingga, gejala yang muncul tidak hanya bersin terus menerus tetapi juga disertai dengan hidung yang tersumbat, beringus dan gatal. 

  1. Perubahan suhu 

Penyebab lain yang membuat Sobat Pintar sering bersin adalah terjadinya perubahan suhu pada ruangan yang Sobat Pintar tempati secara signifikan. Hal ini biasa terjadi kepada pengguna ruangan ber-Ac. Dimana Sobat Pintar akan terus bersin apabila keluar dari ruangan tersebut menuju ruangan yang lebih hangat. 

Hal ini bisa terjadi karena hidung Sobat Pintar sedang berusaha menyesuaikan diri dengan keadaan udara di ruangan atau tempat yang baru. Ketika Sobat Pintar berada di tempat yang menggunakan pendingin ruangan maka hidung akan bertugas mengeringkan udara tersebut agar paru-paru dan tenggorokan Sobat Pintar dapat bekerja secara maksimal. 

Berpindah ke tempat dengan suhu yang lebih tinggi akan menyebabkan Nada bersin, hal ini merupakan bentuk usaha tubuh yang sedang beradaptasi dengan keadaan lingkungan yang baru demi menjaga kelembaban paru-paru dan tenggorokan.

  1. Terpapar asap rokok.

Salah satu kondisi yang dapat menyebabkan Sobat Pintar tiba-tiba bersin tanpa henti adalah asap rokok. Tidak heran jika hal itu kerap terjadi ketika Sobat Pintar berada di sekitar orang-orang yang merokok. 

Jumlah bahan kimia yang begitu banyak di dalam asap rokok inilah yang dapat menyebabkan iritasi pada sistem pernapasan manusia, terutama paru-paru. Tidak hanya menyebabkan batuk, orang yang terpapar asap rokok juga acap kali terlihat bersin-bersin. 

Beberapa bahan kimia yang terkandung di dalam rokok dapat berisiko menekan pertumbuhan rambut-rambut halus pada hidung dan bahkan bisa merusaknya sama sekali. Ketika rambut hidung ini tidak berfungsi lagi, maka lendir akan menumpuk di saluran hidung, hal inilah yang menyebabkan bersin. 

  1. Mencium bau yang menyengat, seperti bau masakan.

Ketika ibu sedang memasak di dapur, maka baunya akan tercium sampai ke seluruh penjuru rumah. Tidak jarang bau makanan tersebut terlalu menyengat hingga menyebabkan hidung gatal dan bersin. 

Salah satu bumbu dapur yang dapat menyebabkan bersin setiap saat adalah merica atau lada. Mengapa? Karena bumbu dapur yang satu ini mengandung sebuah zat yang disebut piperine, salah satu jenis iritan yang dapat menimbulkan sensasi gatal pada hidung. Hidung merespon dengan reaksi alergi sebagai bentuk upaya mengusir iritan tersebut. 

Cara Mencegah

Bersin yang terjadi secara terus menerus dapat mengganggu aktifitas, berikut cara mengatasinya dengan mudah secara alami.

  1. Minum madu

Minum madu dengan secangkir air hangat dapat meringankan tenggorokan dan dapat membantu menghentikan peradangan pada rongga hidung, sehingga dapat menyembuhkan bersin. Madu dapat membantu tubuh beradaptasi terhadap lingkungan sekitar, termasuk alergen pemicu bersin.

  1. Minumlah secangkir teh chamomile hangat.

Berdasarkan namanya, teh ini terbuat dari bunga yang disebut chamomile. Bunga ini diketahui memiliki kandungan antihistamin yang dapat digunakan untuk meredakan bersin-bersin yang disebabkan oleh reaksi alergi. Semakin rutin Sobat Pintar mengkonsumsinya, semakin cepat Sobat Pintar sembuh.

  1. Bawang putih.

Cara mengatasinya dengan bawang putih yaitu dengan menghirup baunya. Jangan lupa, untuk hasil yang lebih baik dicincang terlebih dahulu. 

  1. Kurangi olahraga berat

Beberapa orang dapat mengalami bersin ketika berolahraga, terutama yang melakukan olahraga berat. Oleh karena itu, ketika mendapati diri Sobat Pintar bersin ketika tengah berolahraga sebaiknya Sobat Pintar beristirahat terlebih dahulu. Ini cara mencegahnya yang paling mudah.

Investasi kesehatan sangat penting. Tidak jarang orang menghabiskan uang hingga ratusan juta untuk berobat. Oleh karena itu, jika bersin Sobat Pintar tak kunjung berhenti segera periksakan ke dokter sebelum parah. Kebutuhan mendesak seperti uang untuk berobat yang jumlahnya sangat besar sering luput dari perencanaan, namun sekarang Sobat Pintar tidak perlu khawatir karena ada Kredit Pintar yang dapat mencairkan dana dengan cepat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
06 Aug 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download