Begini Proses Cicilan Motor Lewat Platform Pinjaman Uang Online

13 May 2021 by kreditpintar
cicilan motor

Masyarakat Indonesia memiliki kebutuhan tersendiri terhadap kendaraan bermotor. Oleh karena itu, cicilan motor merupakan produk kredit yang paling diminati di seluruh nusantara. Kini, Sobat Pintar bahkan bisa mendapatkan pinjaman online yang bisa dicicil bagi kebutuhan berkendaraan. 

Tercatat bahwa ada lebih dari 10 platform digital yang menawarkan pinjaman online cicilan 12 bulan untuk kendaraan bermotor. Namun, manakah yang benar-benar dapat Sobat Pintar percaya bagi kebutuhan pembayaran motor dengan cicilan Sobat Pintar? 

Yuk, simak ulasan Kredit Pintar tentang 2 platform pinjaman online yang bisa dicicil untuk kebutuhan sepeda motor! 

1. Blibli 

Dengan kerja sama yang apik bersama beberapa dealer kendaraan bermotor terkemuka di Indonesia, Blibli menawarkan pembayaran motor dengan cicilan secara online yang bisa Sobat Pintar proses melalui platformnya. 

Jika Sobat Pintar berminat, Sobat Pintar harus memilih sepeda motor yang Sobat Pintar minati di Blibli. Ketika nanti Sobat Pintar melakukan proses checkout, Blibli akan menyediakan beberapa opsi pembayaran kendaraan bermotor dengan cicilan, yaitu:

  • Cicilan 0% yang bisa Sobat Pintar lakukan dengan Kartu Kredit
  • Pembayaran kendaraan bermotor dengan cicilan melalui BCA KlikPay
  • Kredit Kendaraan Bermotor lewat Leasing

Untuk pilihan Kredit Kendaraan Bermotor via leasing tidak tersedia bagi semua kendaraan bermotor. Sobat Pintar harus terlebih dahulu mencermati mana brand sepeda motor yang telah melakukan kerja sama eksklusif dengan Blibli. Biasanya Sobat Pintar juga harus menyediakan down payment atau DP sejumlah 10 persen hingga 40 persen dari total harga sepeda motor. 

Proses pengajuan cicilan motor di Blibli untuk leasing adalah berikut ini :

  • Pihak leasing akan menghubungi Sobat Pintar maksimum 3 hari setelah pembayaran dan seluruh dokumen persyaratan telah dilengkapi dan diterima oleh pihak Blibli.com
  • Selanjutnya, Sobat Pintar akan mengikuti proses survey agar mendapatkan kredit pembayaran kendaraan bermotor dengan cicilan. 
  • Proses Survey cicilan motor dapat berlangsung hingga 7 Hari Kerja
  • Setelah melewati 2 hari kerja, Sobat Pintar akan dihubungi oleh pihak Leasing jika proses pengajuan pembayaran motor dengan cicilan telah disetujui. Sobat Pintar dapat melakukan konfirmasi pengiriman pada tahapan yang satu ini.  
  • pembayaran motor dengan cicilan hanya akan berlaku pada wilayah yang sesuai dengan KTP Sobat Pintar. 
  • Persetujuan pengajuan Kredit Kendaraan Bermotor merupakan wewenang dari pihak leasing. Jadi, mereka juga berhak menolak pengajuan Sobat Pintar jika tidak memenuhi syarat yang telah diberikan. 

2. BukaLapak 

Lewat fitur BukaMotor, Sobat Pintar dapat mengajukan pinjaman online yang bisa dicicil hingga 12 bulan. Pinjaman online cicilan 12 bulan ini merupakan hasil kerjasama antara BukaLapak dan dealer yang menjual motor via platform digital tersebut. 

Proses pengajuan cicilan motor di BukaMotor adalah sebagai berikut:

  • Sobat Pintar harus terlebih dahulu mencari dan memilih motor yang akan Sobat Pintar beli. 
  • Kemudian Sobat Pintar harus mengisi formulir pengajuan pembayaran motor dengan cicilan. Sobat Pintar dapat memasukkan budget Sobat Pintar dan membayar booking fee. 
  • Pihak Bukalapak pasti langsung menghubungi Sobat Pintar via telepon untuk melakukan proses konfirmasi pengajuan kredit. 
  • Permintaan pinjaman online pun akan segera diproses setelah konfirmasi dilakukan.

Yang perlu Sobat Pintar perhatikan, untuk mengawali proses pengajuan kredit kendaraan bermotor di BukaLapak, Sobat Pintar harus mengajukan pembelian dan melengkapi data diri pada BukaMotor. 

Pembeli kemudian akan dihubungi oleh tim partner BukaMotor setelah 2 hari kerja. Sobat Pintar juga diharuskan untuk membayar biaya pemesanan dan mengajukan pembelian sebelum pembayaran motor dengan cicilan dijalankan.

Kredit Pintar mencatat bahwa proses persetujuan pinjaman melalui platform ini membutuhkan waktu antara 1 hingga 4 minggu. Apalagi proses ini sangat tergantung pada kecepatan dan kelengkapan dokumen Sobat Pintar. Pembayaran motor dengan cicilan lewat BukaMotor sangatlah fleksibel bagi Sobat Pintar yang tidak sempat pergi sendiri ke dealer motor untuk mengurus proses pengajuan yang cukup rumit.

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload