Begini 6 Cara Unik Sedekah Di Tengah Pandemi

09 Sep 2021 by Laruan

Sebagai umat beragama, mengeluarkan sedekah merupakan sebuah kebaikan yang dapat mendatangkan pahala. Menurut BAZNAS, sedekah berarti memberikan sebagian harta atau non harta demi kemaslahatan umum. Tuhan akan melimpahkan pahala yang berlipat ganda kepada mereka yang mengeluarkan sedekah untuk orang lain. 

Begini 6 Cara Unik Sedekah Di Tengah Pandemi

Nah, belakangan ini marak aksi bersedekah yang unik di kalangan masyarakat. Tentu saja tujuannya untuk meringankan beban warga yang terimbas pandemi. 

Terlebih setelah pemberlakuan beberapa kebijakan, mulai dari PSBB hingga PPKM Darurat level 4 yang baru-baru terjadi.  Tentu saja kebijakan ini membawa plus minus bagi kehidupan masyarakat. 

Penyekatan di beberapa titik jalan raya, hingga pembatasan jam operasional warung dan pertokoan menimbulkan kerugian bagi beberapa pelaku usaha. Situasi ini jelas menurunkan pendapatan dan banyak yang merugi hingga kesulitan untuk bertahan hidup.

Ibarat oase di tengah padang pasir.  Uluran sedekah dari tangan orang lain pun menjadi solusi bagi sebagian kalangan kelas bawah.  Tidak melulu dengan uang, berikut beberapa cara bersedekah yang dapat meringankan beban masyarakat. 

6 Cara Bersedekah Di Tengah Pandemi

  1. Sedekah Cantolan

Salah satu cara berbagi dengan sesama di tengah pandemi adalah menggantungkan kantong plastik berisi berbagai bahan pangan.  Biasanya kantong-kantong plastik tersebut berisi bahan mentah seperti sembako, sayuran, telur, tempe atau makanan lainnya. 

Warga yang membutuhkan dapat mengambil kantong plastik tersebut dengan cuma-cuma atau gratis. Bagi yang ingin berbagi pun bebas mengisi dan meletakkan kantong makanan di tempatnya. 

Cara sedekah cantolan mulai populer sejak pandemi melanda setahun lalu, dan cukup efektif membantu warga yang terdampak. Anda bisa meletakkan / membuat cantolan di tempat umum yang terjangkau warga, seperti pagar kampung atau halte pinggir jalan.

  1. Berbagi Ilmu Di Media Sosial

Sedekah tak harus dengan harta, ilmu pun dapat Anda bagikan kepada warga yang membutuhkan.  Bagikan ilmu atau keahlian yang Anda punya kepada orang lain akan menjadi ladang amal jariyah. 

Anda bisa berbagi keahlian apa saja di media sosial, seperti Instagram, Twitter, Youtube atau Facebook. Contohnya membuat tutorial tas dari kain perca, atau berbagi resep masakan yang dapat menjadi ide jualan. 

Meski terkesan simpel, namun berbagi keahlian ini dapat menjadi modal  bagi warga yang terkena dampak untuk membuka usaha. 

  1. Membuka Garage Sale Untuk Berdonasi

Cara lain untuk bersedekah di tengah pandemi adalah berjualan barang bekas di garasi dan mendonasikan hasilnya kepada warga yang membutuhkan. Anda bisa menjual barang-barang seperti baju, sepatu, atau perabotan yang masih layak pakai. 

Melakukan aksi garage sale dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi Anda. Rumah akan menjadi lebih nyaman karena berkurangnya barang-barang yang tidak terpakai. 

Selain itu,  hasil dari penjualan preloved dapat Anda salurkan untuk donasi. Dengan demikian, Anda pun akan mendapatkan pahala, bukan?

  1. Menyediakan Logistik Bagi Tetangga Yang Isolasi Mandiri

Melonjaknya kasus terkonfirmasi positif pasca lebaran kemarin membuat beberapa rumah sakit tidak dapat menampung pasien. Akibatnya, beberapa pasien dengan gejala ringan memilih untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

Nah, momen inilah yang dapat Anda manfaatkan untuk bersedekah. Anda bisa mulai berkontribusi menyediakan logistik bagi tetangga yang sedang isolasi mandiri di kediamannya. Tanpa mengurangi empati, Anda dapat meletakkan bahan makanan di pagar atau di depan rumah pasien. 

  1. Melakukan Penggalangan Dana Di Sosial Media

Banyak orang yang terkena dampak wabah pandemi covid-19 ini, mulai dirumahkan dari pekerjaan hingga toko gulung tikar karena tidak ada pemasukan. Itulah sebabnya, tangan Anda yang masih beruntung perlu menolong dan berkontribusi untuk mengurangi beban mereka. 

Misalnya dengan menggalang dana melalui sosial media, yang hasilnya dapat menjadi modal usaha bagi warga terdampak. Anda bisa memanfaatkan aplikasi crowdfunding yang sudah terpercaya. Sebar kebaikan melalui akun sosial media Anda. 

  1. Mendaftar Jadi Sukarelawan Covid -19

Cara lain bersedekah di tengah pandemi ini adalah menjadi sukarelawan covid-19. Anda bisa menyumbang tenaga dan membantu di rumah sakit.

Dengan bergabung menjadi sukarelawan merupakan langkah terhormat mengingat kasus semakin tinggi di Indonesia. Anda hanya perlu mengakses laman sim.deskrelawanpb.bnpb.go.id dan melengkapi persyaratan selanjutnya. 

Adapun syarat-syarat yang perlu Anda perhatikan sebelum melamar menjadi relwan Covid-19 adalah :

  • Bersedia bekerja secara sukarela yang berarti anda tidak mendapatkan gaji
  • Sehat secara fisik dan rohani
  • Mempunyai kompetensi sesuai dengan program percepatan penanganan
  • Siap menunggu waktu penugasan di daerah masing-masing
  • Mengikuti syarat serta ketentuan yang tertuang di dalam SIM relawan
  • Mendapatkan izin dari orangtua serta pasangan (suami/ istri)

Manfaat dan Keutamaan Sedekah 

Begini 6 Cara Unik Sedekah Di Tengah Pandemi

Mengapa sih anda perlu repot-repot memikirkan nasib orang lain yang  tidak ada hubungan darah? 

Nah, perlu anda ketahui bahwa bersedekah merupakan sunnah di dalam ajaran Islam dan juga agama lain. 

Lantas apa saja manfaat sedekah yang bagi yang memberikannya? Berikut beberapa manfaat dan keutamaan bersedekah bagi diri sendiri maupun orang lain. 

  1. Sedekah Dapat Mensucikan Diri

Ingin bersedekah? Jangan tunggu kaya. Sebab bersedekah merupakan amalan baik yang bisa kembali mensucikan anda.  

Dosa-dosa orang yang bersedekah akan terhapuskan. Apalagi jika anda barengi dengan bertaubat, maka terbuka lebar pintu ampunan Tuhan. 

  1. Mendapatkan Keberkahan Pada Harta

Secara matematis, ketika mengeluarkan sesuatu maka jumlah yang kita miliki akan berkurang, bukan? Namun perhitungan ini tidak berlaku dalam sedekah. Harta tidak akan berkurang dengan bersedekah. 

Bahkan, harta yang telah kita keluarkan akan mendapat ganti berkali-kali lipat, serta jauh lebih berkah daripada sebelumnya. 

  1. Memberikan Kebahagiaan

Orang-orang yang bersedekah akan merasa senang, bangga dan puas karena telah menolong sesama. 

Begitu pun orang yang telah menerima sedekah akan merasa jauh lebih bahagia. Seolah-olah segala beban hidup telah terangkat dan berganti dengan rasa senang dan lapang. 

  1. Menjadi Jaminan Di Hari Akhir

Salah satu amalan yang akan mendapat perhitungan ketika hari akhir tiba adalah sedekah. Orang yang mengeluarkan sedekah dengan ikhlas akan berada di bawah perlindungan yang menyejukkan. 

Sedekah yang anda keluarkan semasa di dunia akan menjadi penyelamat bahkan dapat memadamkan api siksa kubur. Sehebat itu manfaat sedekah bagi kehidupan.

  1. Memperpanjang Usia

Orang yang rajin bersedekah memiliki umur yang lebih panjang. Sebab, kualitas hidup menjadi lebih baik dengan bersedekah. Hati menjadi lebih tenang, pikiran pun selalu bahagia. 

Orang yang senang bersedekah tidak akan takut rezeki berkurang, atau khawatir menjadi miskin. Karena mereka percaya akan mendapat ganti yang lebih banyak dari Tuhan. 

Demikianlah sejumlah manfaat dan keutamaan sedekah. Jadi, kenapa harus berpikir ribuan kali untuk bersedekah? Lakukan sekarang juga, maka akan banyak senyum-senyum bahagia karena kemurahan dan kerendahan hati anda. Jika Anda membutuhkan pinjaman dana online yang terdaftar di OJK, gunakan produk pinjaman tunai dari Kredit Pintar dengan syarat dan proses pendaftaran yang mudah dan aman.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload