Beasiswa Bank Indonesia : Syaratan dan Cara Mendaftarkan

20 Apr 2022 by Laruan, Last edit: 18 Jul 2022

Ada banyak beasiswa bank 2022 yang menggiurkan bagi para pencari beasiswa, salah satunya beasiswa Bank Indonesia yang membutuhkan individu yang rajin, berjiwa sosial tinggi serta berprestasi. Ada berbagai strategi belajar dan pengerjaan tes untuk dapat lolos beasiswa bank 2022. Dalam artikel ini akan dijelaskan apa itu beasiswa bank Indonesia dan tips untuk lulus ujiannya. 

Baca juga : Lengkap! Info Biaya Perkuliahan President University 

Apa Itu Beasiswa Bank Indonesia? 

Beasiswa Bank Indonesia merupakan beasiswa yang diberikan oleh Bank Indonesia untuk mahasiswa – mahasiswa S1 dengan berbagai persyaratan yang harus dipenuhi. Tujuan utama dari adanya Bank Indonesia yaitu untuk mencapai dan memelihara kestabilan nilai tukar rupiah, sebenarnya tidak hanya itu saja masih ada banyak tujuan Bank Indonesia. 

Untuk mewujudkan salah satu tujuan tersebut, maka pemberian Bank Indonesia ini turut mewarnai langkah yang ditempuh guna menjadikan generasi mulai yang memiliki kepedulian tinggi terhadap semua bidang. 

Selain hal tersebut, tentunya tujuan memberikan beasiswa ini adalah meningkatkan kualitas generasi muda khususnya mahasiswa. 

Berapa Kisaran Beasiswa Bank Indonesia? 

Berita yang beredar menyebutkan bahwa beasiswa bank 2022 ini cukup bervariasi yaitu kisaran Rp 1.000.000 per bulannya. Ada pula yang mengatakan jika beasiswa Bank Indonesia terdapat program khususnya untuk kampus – kampus tentu yang nilainya jauh lebih tinggi. 

Untuk kamu yang tergiur dengan hal tersebut, tentunya harus memenuhi ketentuan dan persyaratan untuk mendapatkan beasiswa Bank Indonesia ini. 

Baca juga : Kenali Apa Itu Pajak Fiskal dan Bagaimana Perhitungannya 

Ketentuan dan Persyaratan Beasiswa Bank Indonesia

Berikut beberapa persyaratan beasiswa bank Indonesia ketentuan yang harus dipenuhi. 

Beberapa jurusan yang biasanya dapat mendaftarkan sesuai dengan persyaratan beasiswa ini. Akan tetapi mungkin ada beberapa jurusan yang tidak tertulis pada point di bawah, karena kembali lagi pada kesepakatan atau kerjasama antara pihak universitas dan Bank Indonesia itu sendiri. 

  1. Akuntansi/ Pendidikan Akuntansi. 
  2. Ekonomi/ Ekonomi Islam/ Ekonomi Syariah. 
  3. Perbankan/ Keuangan Syariah. 
  4.  Sistem Informasi. 
  5.  Komunikasi/ Ilmu Komunikasi. 
  6. Teknologi Informasi. 
  7. Ilmu Komputer/ Informatika. 
  8. Matematika Murni/ Pendidikan Matematika. 
  9. Dan jurusan lainnya. 

Jadi, persyaratan yang harus dipenuhi atau dikumpulkan yaitu :

  1. Mahasiswa aktif program S1 dibuktikan dengan berkas KTM (Kartu Tanda Mahasiswa). 
  2. Mahasiswa dengan usia maksimal 23 tahun dengan berkas pendukung KTP (Kartu Tanda Penduduk). 
  3. Mahasiswa sudah menempuh sekurang – kurangnya 40 sks dengan berkas KHS. 
  4. Mahasiswa dengan IPK minimal 3.00 dengan berkas IPK (Transkrip Nilai Kumulatif). 
  5. Mahasiswa dari latar belakang ekonomi keluarga kurang mampu dengan berkas SKTM atau lain sebagainya. Akan tetapi, ada beberapa kampus yang tidak mensyaratkan SKTM melainkan dalam bentuk lainnya. 
  6. Mahasiswa berpengalaman dalam aktivitas sosial yang mempunyai dampak pada kebermanfaatan masyarakat dengan berkas Surat Keterangan Aktif Berorganisasi/Sertifikat keanggotaan Organisasi ataupun dalam bentuk lainnya. 
  7. Bersedia untuk berperan aktif, serta mengelola pengembangan GenBI (Generasi Baru Indonesia) serta berperan aktif untuk kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia dengan berkas pendukung  Surat Pernyataan Bersedia Aktif. 
  8. Adanya rekening tabungan atas nama mahasiswa yang diterima tersebut, ini nanti kalau sudah diterima menjadi bagian dari penerima beasiswa. 

Cara Mendaftar Beasiswa Bank Indonesia

Buat kamu yang tertarik memperjuangkan beasiswa ini rajin-rajinlah untuk mencari informasi kepada pihak universitas. Karena jika memang dibuka setiap tahunnya otomatis pihak universitas akan menyebarluaskan informasi tersebut. 

Baca juga: Berencana Kuliah di UGM? Simak Biaya Perkuliahannya 

Berikut beberapa cara atau langkah mendaftarkan beasiswa Bank Indonesia yang dapat kamu lakukan setelah memenuhi persyaratan beasiswa Bank Indonesia  Baca dengan teliti dan persiapkan dengan matang. 

  1. Mengisi  Formulir Pendaftaran

Formulir pendaftaran biasanya disediakan oleh pihak universitas baik berbentuk langsung dalam kertas ataupun online. 

  1. Membuat Surat Pernyataan

Jangan lupa untuk membuat surat persyaratan bahwa kamu tidak sedang menerima beasiswa atau dalam status Ikatan Dinas atau Instansi lain. 

  1. Membuat Resume Pribadi dan Motivation Letter

Terpentingnya kamu harus membuat resume pribadi sekalipun motivation letter dalam bahasa Indonesia dengan baik. Karena hal ini akan menjadi daya tarik sendiri untuk para penyeleksi setelah membaca resume dan motivation letter. 

  1. Menyerahkan Surat Rekomendasi

Jangan lupa pula untuk meminta surat rekomendasi dari pihak yang memungkinkan, baik dari dunia pendidikan seperti pimpinan kampus, pimpinan jurusan dan lain sebagainya. 

  1. Serahkan Semua Berkas

Setelah kamu selesai melengkapi setiap persyaratan dokumen yang dipersyaratkan, kamu harus segera menyerahkan pada kampus yang bertugas. 

  1. Seleksi

Seleksi biasanya dilakukan oleh pihak Bank Indonesia langsung, dimulai dari seleksi berkas atau dokumen yang sudah kamu buat serta lanjut ke tahap selanjutnya yaitu seleksi wawancara. 

Itulah beberapa informasi yang dapat kamu jadikan tambahan pengetahuan seputar beasiswa ini. Perbanyak membaca untuk mencari informasi, dan perbaiki semua persyaratan dengan menjadi lebih baik di setiap momennya.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
18 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download