Dompetmu Sering Bocor? Saatnya Atur Cash Flow Dengan Efektif

21 Feb 2019 by Edwin

Cash flow pribadi merupakan penentu bagaimana Kamu sudah bisa atur keuangan dengan efektif atau belum.

Kalau dompetmu masih sering bocor dan uangmu habis sebelum waktunya, itu tandanya cash flow pengeluaranmu masih lebih besar dari cash flow pemasukanmu.

Itu juga menandakan kalau strategimu dalam mengatur keuangan pribadi masih kurang efektif.

Agar uang tidak habis tanpa jejak, Kamu perlu tahu cara mengatur cash flow pribadi dengan baik.

Mengatur cash flow pribadi merupakan kemampuan dasar yang penting dan wajib dikuasai semua orang.

Lantas, Bagaimana Cara Mengatur Cash Flow Pribadi Dengan Baik?


Membuat Laporan Cash Flow

Kamu harusnya memiliki kendali penuh terhadap cash flow atau arus uang pribadi.

Maka dari itu, Kamu perlu mengetahui bagaimana arus keuanganmu saat ini. Hal ini bisa dilihat dengan cara membuat laporan cash flow sederhana.

Sebelum itu, Kamu perlu mengetahui elemen-elemen dalam laporan arus keuangan pribadi.

  • Cashflow masuk

Atau pemasukanmu dalam satu bulan yang bisa bersumber dari gaji pokok, tunjangan, keuntungan usaha, maupun investasi.

  • Cashflow keluar

Atau sering disebut dengan pengeluaran yang biasanya untuk keperluan kebutuhan sehari-hari, membayar hutang, maupun menabung.

Laporan arus keuangan perlu dibuat agar Kamu mendapat gambaran seberapa sehat kondisi keuanganmu saat ini. Dan kemudian bisa menentukan langkah apa yang perlu dilakukan.

Laporan arus keuangan bisa dimulai dengan menjumlah seluruh total pemasukan yang Kamu dapatkan dalam satu bulan ini. Setelah itu tinjau ulang bagaimana pengeluaranmu dalam bulan yang sama.

Kamu perlu mengelompokkan pengeluaran tersebut dalam masing-masing kategori, seperti dalam kategori akomodasi, konsumsi, transportasi, menabung, dan investasi.

Setelah itu, Kamu bisa mengetahui rasio perbandingan pemasukan dan pengeluaran dalam satu bulan. Dari situ Kamu bakal bisa melihat apakah cash flow pemasukanmu lebih besar dari pengeluaran.


Rutin financial Check up

Rasio cash flow keuangan pribadi yang sehat sewajarnya adalah pemasukan lebih besar dari pengeluaran.

Jika pemasukanmu seimbang dengan pengeluaranmu, atau malah pengeluaran lebih besar dengan pemasukan, itu tandanya keuanganmu sudah tidak sehat.

Maka dari itu, Kamu perlu rutin melakukan financial check up terhadap keuangan pribadimu (paling tidak satu bulan sekali).

Dalam financial check up ini Kamu perlu mengevaluasi beberapa aspek dalam keuanganmu, seperti perbandingan pemasukan dan pengeluaran, evaluasi hutang atau kredit yang sedang berjalan, maupun evaluasi aset investasi yang Kamu miliki.

Financial check up ini pada akhirnya yang menentukan apa langkah yang bisa Kamu ambil, seperti:

1. Mengendalikan Pengeluaran

Langkah yang bisa Kamu tempuh untuk kembali menyehatkan keuanganmu adalah dengan mengendalikan pengeluaran.

Kamu bisa mulai dengan memangkas beberapa pengeluaran yang sifatnya terlalu konsumtif, mengendalikan kebiasaan belanja, maupun mengetahui bedanya kebutuhan dan keinginan.

2. Menambah sumber pemasukan

Sebagai upaya menyehatkan kondisi keuangan, Kamu bisa menambah pemasukan.

Terkadang kondisi keuanganmu nggak akan bisa berkembang cepat jika hanya mengandalkan gaji saja. Maka dari itu Kamu bisa menambah penghasilan dengan cara mencari pekerjaan sampingan, berinvestasi, membangun sumber passive income, maupun memulai bisnis pribadi.


Manfaatkan layanan keuangan yang ada

Untuk mempermudah Kamu dalam mengatur cash flow lebih efektif, Kamu bisa memanfaatkan layanan keuangan yang ada.

Misalnya, untuk memudahkanmu dalam mengelola keuangan agar tidak over-spending, Kamu bisa membuka dua rekening bank. Satu rekening untuk keperluan pengeluaran dan satunya untuk tabungan.

Selain itu, kalau Kamu sedang menghadapi kebutuhan yang mendesak, Kamu juga bisa memanfaatkan pinjaman online sebagai solusi pinjaman dana cepat.

Nah, fintech yang bisa dipercaya untuk pinjaman di saat mendesak adalah Kredit Pintar!

Pinjaman online di Kredit Pintar mudah untuk didapatkan! Kamu hanya perlu download aplikasinya, isi data diri yang diminta, lalu pinjaman bisa cair ke rekeningmu dalam hitungan jam.

Yuk, buktikan proses pengajuan pinjaman yang cepat dan nyaman.
[su_button url=”https://kp.onelink.me/o4cz/blog” target=”blank” style=”flat” background=”#79c143″ size=”8″ text_shadow=”3px 2px 3px #000000″]Pinjam Sekarang![/su_button]

mobile-closeKredit PintarDownload