Apa itu M Banking? Kenali Pengertiannya Disini!

29 Aug 2023 by kreditpintar, Last edit: 29 Aug 2023

Semakin berkembang ilmu pengetahuan, banyak pula inovasi bar muncul. Tak terkecuali pada bidang keuangan. Salah satunya adalah munculnya M-Banking di dunia perbankan. Lantas, apa itu M banking? Apa saja manfaat dan bagaimana cara kerjanya? 

Saat ini, hampir semua bank sudah memiliki M banking. Baik itu bank milik Negara seperti BRI, BCA, Mandiri, dan BTN, maupun bank milik swasta seperti Bank Danamon, Bank CIMB Niaga dan Bank Muamalat. M-banking tersebut dapat diakses melalui aplikasi yang sudah tersedia di play store maupun app store smartphone yang dimiliki. M banking sendiri sudah ada sejak tahun 1995 oleh Excelcom yang dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan nasabah melalui pemanfaatan teknologi. Di Indonesia sendiri, Bank Central Asia menjadi bank yang pertama kali meluncurkan m banking dengan nama m-BCA. 

Apa itu M Banking?

Banyak yang masih bingung terkait apa itu m banking. Mobile Banking atau M Banking merupakan layanan atau fitur yang disediakan oleh pihak Bank kepada nasabah yang dapat diakses melalui smartphone dengan tujuan untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi keuangan. M banking adalah fasilitas perbankan  yang memanfaatkan perkembangan teknologi untuk mempermudah segala bentuk transaksi keuangan yang biasanya hanya dapat dilakukan melalui ATM. Mulai dari cek saldo, transfer, melakukan pembayaran dan berbagai transaksi lain kecuali melakukan penarikan tunai. Adanya layanan ini akan memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi di mana saja dan kapan saja. Bentuk dari Mobile Banking sendiri ada dua macam, yaitu SMS Banking dan M Banking. SMS Banking yaitu layanan perbankan yang dapat diakses dengan mengirim pesan dan WAP banking melalui GPRS internet collection. Layanan m-banking adalah layanan perbankan yang dapat diakses melalui aplikasi yang disediakan masing-masing bank dengan memanfaatkan smartphone dan jaringan internet. 

Manfaat M-Banking

Setelah memahami apa itu m banking, selanjutnya akan dijelaskan lebih detail terkait manfaat dari adanya m banking, baik itu dari sisi nasabah maupun dari pihak bank.

Baca juga: Butuh Uang? Ini Daftar Pinjaman Online Tanpa Jaminan

Manfaat M Banking Bagi Nasabah

  1. Efisiensi waktu

Manfaat yang dapat dirasakan nasabah secara langsung adalah transaksi dapat dilakukan dengan waktu yang lebih singkat. 
Dibandingkan dengan jika melakukan transaksi melalui mesin ATM, menggunakan M Banking sangat menghemat waktu juga tenaga. Anda tidak perlu lagi ke ATM atau Bank untuk melakukan transaksi lagi, sebab dengan beberapa klik transaksi anda sudah bisa diproses. 

  1. Praktis

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, dengan adanya m banking, segala jenis transaksi kecuali tarik dan setor tunai dapat dilakukan hanya dengan beberapa klik melalui smartphone yang anda miliki. 
Anda dapat melakukannya di mana saja dan kapan saja tanpa mengganggu aktivitas lain yang anda kerjakan. 

  1. Gratis

Layanan m banking yang ditawarkan bank biasanya dapat diakses tanpa mengeluarkan biaya di dalam aplikasinya. Mulai dari pendaftaran maupun transaksi yang dilakukan setelahnya. 

  1. Aman

Sama seperti melalui mesin ATM, ketika melakukan transaksi di mobile banking perlu memasukkan PIN sebelum masuk ke akun yang dimiliki. 

Selain PIN, anda juga perlu memasukkan username, kode verifikasi dan di beberapa smartphone yang sudah dilengkapi dengan fingerprint bisa menambahkan keamanan dengan layan tersebut. 

Namun meskipun memang layanan tersebut sudah dimaksimalkan keamanannya, tetap saja anda tetap harus tetap hati-hati terhadap berbagai modus penipuan.

  1. Up to Date

Manfaat terakhir yang dapat dirasakan oleh nasabah adalah melalui layanan m banking, nasabah dapat terus memantau saldo yang dimiliki. Jadi ketika ada yang mengirim ke rekening yang anda miliki, anda dapat langsung mengeceknya tanpa perlu mengeluarkan tenaga ke mesin ATM terdekat untuk mengeceknya. 

Manfaat M Banking Bagi Bank

  1. Meningkatkan Kredibilitas Bank

Dengan adanya m banking akan meningkatkan kepercayaan nasabah akan bank yang bersangkutan. Sebab, m banking yang merupakan salah satu inovasi dari semakin canggihnya teknologi akan membuat masyarakat lebih percaya karena bank tersebut bisa mengikuti perkembangan zaman. 

  1. Mengurangi Biaya Administrasi

Manfaat selanjutnya yang dapat dirasakan oleh pihak bank yaitu keuntungan materiil berupa berkurangnya pengeluaran.
Dengan adanya m-banking, bank tidak harus memperbanyak kantor cabang dan mesin ATM untuk memenuhi kebutuhan nasabah sebab berbagai jenis transaksi dapat dilakukan secara virtual. Hal ini tentu akan mengurangi pengeluaran dari bank tersebut. 

  1. Memudahkan Koordinasi dan Pengawasan

Dengan adanya m banking, akan mempermudah bank untuk melakukan koordinasi dan pengawasan. Setiap transaksi yang dilakukan melalui internet akan tercatat secara otomatis pada server bank. Ini akan membuat bank dengan mudah dapat memantau jika terjadi aktivitas yang mencurigakan dari nasabah. 

Perbedaan M Banking dan I Banking

Setelah memahami apa itu m banking serta manfaatnya bagi nasabah dan bank, anda juga perlu tahu layanan yang selalu disamakan dengan m banking. Selain m banking, ada pula layanan yang ditawarkan oleh bank kepada nasabah, yaitu internet banking atau i banking. Meskipun sama-sama membutuhkan jaringan internet untuk mengaksesnya, kedua layanan tersebut memiliki beberapa perbedaan.

Baca juga: Aplikasi Terbaik Pinjaman Online Tanpa BI Checking

Beda m banking dan i banking ini terletak pada tempat akses dari keduanya. Yang mana, ibanking diakses melalui browser pada situs resmi bank yang dapat dibuka melalui perangkat elektronik seperti laptop, tablet dan smartphone. Sedangkan m banking diakses melalui aplikasi masing-masing bank yang dapat diinstal pada smartphone tiap nasabah.  Selanjutnya, perbedaan keduanya juga dapat dilihat melalui fitur yang dimiliki. Pada M banking, terdapat beberapa fitur yang dapat diakses, seperti informasi rekening, transfer antar bank, layanan pembayaran tagihan, pembelian dan top up, cardless, dan fitur bantuan. Sedangkan untuk fitur pada i banking umumnya berupa transfer uang antar bank, mutasi rekening, pembelian pulsa dan paket data, penempatan deposito, informasi kurs dan suku bunga, pembayaran tagihan, informasi umum rekening tabungan maupun giro, dan juga memiliki fitur bantuan. Selain itu, cara pendaftaran kedua layanan tersebut juga berbeda. Untuk dapat menggunakan layanan m banking, anda perlu menginstal aplikasi m banking sesuai dengan bank yang Anda miliki.Kemudian lakukan pendaftaran melalui aplikasi dengan melengkapi data-data yang dibutuhkan sesuai dengan formulir pendaftaran yang tersedia. Sedangkan untuk menikmati layanan i banking, biasanya anda harus terlebih dahulu ke mesin ATM atau bank terkait untuk mendaftarkan akun i banking. Setiap bank memiliki ketentuan yang berbeda, jadi terlebih dahulu anda perlu mengecek sebelum melakukan pendaftaran. Secara umum, nasabah perlu memiliki user id, password, token atau OTP untuk dapat mengakses fitur pada i banking. Baca juga: Cara Cek BI Checking Di HP Android, Cepat dan Mudah!
Itulah beberapa informasi terkait layanan m banking. Melalui artikel ini diharapkan dapat menjawab pertanyaan anda terkait apa itu m banking, apa manfaatnya dan apa perbedaannya dengan internet banking.

29 Aug 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download