Apa Itu Decluttering? Kenali 3+ Metode dan Manfaatnya Disini

11 Jun 2021 by kreditpintar
Apa Itu Decluttering? Kenali 3+ Metode dan Manfaatnya Disini

Dalam gaya hidup minimalis, Sobat Pintar akan mengenal istilah decluttering, atau biasa disebut sebagai kegiatan bersih – bersih merupakan upaya untuk menyingkirkan benda-benda yang tidak digunakan. Hal ini tentu saja bisa membantu keadaan rumah menjadi lebih rapi, sehingga tampak enak dipandang dan nyaman untuk ditempati.

Bagi kamu yang belum tahu mengenai bersih-bersih, yuk kenali cara kerja dan kegunaannya disini.

Decluttering, Solusi Gaya Hidup Minimalis Terbaik

Pada dasarnya, decluttering memiliki arti suatu cara atau kegiatan menyingkirkan barang yang tidak digunakan, sehingga hanya menyimpan barang-barang yang memang dibutuhkan sehari-hari.

Jadi, kegiatan bersih-bersih ini bukan sekedar kegiatan beres-beres saja, lho. Namun, Sobat Pintar harus pandai menyortir barang-barang yang Sobat Pintar miliki. Dalam hal ini, Sobat Pintar mesti bisa mengatur barang mana yang akan disimpan, digunakan, hingga dibuang karena sudah tidak digunakan dan dibutuhkan lagi.

Namun, kalau barang yang tidak digunakan dan tidak dibutuhkan itu masih layak dipakai, lebih baik didonasikan saja kepada yang membutuhkan daripada dibuang, ya.

Intinya, bersih-bersih ini merupakan kegiatan mengatur barang yang tidak hanya dilakukan di beberapa bagian ruangan rumah saja. Melainkan, hampir seluruh bagian isi ruangan rumah. Sehingga, pastikan Sobat Pintar memiliki banyak waktu untuk melakukan kegiatan ini.

Biar makin mudah dalam melakukan kegiatan bersih-bersih ini, Sobat Pintar bisa menggunakan beberapa cara kerja seperti di bawah ini.

4 Metode Decluttering yang Bisa Sobat Pintar Gunakan

Dalam bersih-bersih, Sobat Pintar akan mengenal 4 cara kerja yang bisa digunakan, yaitu cara kerja 4 kotak, cara kerja KonMari, cara kerja minimalist game, dan cara kerja packing party.

1. Cara kerja 4 Kotak

Cara kerja ini sangat mudah Sobat Pintar gunakan dengan bantuan empat buah kotak yang perlu dipersiapkan sebelumnya. Pilihlah kotak atau dus berukuran besar yang bisa memuat semua barang seleksi tersebut.

Setiap kotak akan diberikan kategori dengan masing-masing kategori bernama, kategori simpanan, kategori pindahkan, kategori buang, dan kategori berikan.

Untuk kotak dengan kategori simpanan, maka bisa Sobat Pintar gunakan untuk menyimpan beberapa barang yang akan disimpan. Lalu, kategori pindahkan, merupakan beberapa barang yang akan dipindahkan dari tempat asalnya, ke tempat lain.

Selanjutnya, ada kategori buang yang mana ditujukan untuk beberapa benda sudah tak layak pakai dan tidak dibutuhkan lagi. Terakhir, ada kotak kategori berikan yang akan diisi oleh barang-barang tidak Sobat Pintar pakai, tetapi masih memiliki nilai pakai yang baik.

Cara kerja 4 kotak ini menjadi salah satu cara kerja paling mudah yang bisa Sobat Pintar lakukan. Tertarik untuk mencoba?

2. Cara kerja KonMari

Cara kerja KonMari menjadi perbincangan akhir-akhir ini, lantaran diciptakan oleh seorang pengarang buku terkenal bernama Marie Kondo. Dalam bukunya yang berjudul ‘The Life-Changing Magic of Tidying Up’, ia membentuk KonMari Method dalam dua kegiatan berbeda, yaitu daily tidying dan special event tidying.

Daily Tidying merupakan suatu cara untuk mengembalikan barang-barang yang dipakai ke tempat semula dengan tertib. Sementara, special event tidying merupakan suatu kegiatan yang didalamnya terdapat kegiatan bersih-bersih sendiri. 

Jadi, proses untuk melakukan Cara kerja KonMari ini adalah membuang barang-barang atau apapun yang sudah tidak digunakan dan tidak diperlukan kembali. Sehingga, gaya hidup minimalis bisa tercipta sesuai keinginan.

3. Cara kerja Minimalist Game

Cara kerja ini dicetuskan oleh Joshua Fields Millburn dan Ryan Nicodemus. Di cara kerja ini, kegiatan bersih-bersih akan dilakukan secara menarik, yaitu melalui berbagai macam game.

Jika tertarik untuk menggunakan cara kerja ini, Sobat Pintar bisa mencarinya di media sosial dengan tagar #minsgame. Biasanya, cara kerja minimalist game dilakukan saat awal bulan, yaitu dimulai dari tanggal 1.

Jadi, game dimulai dengan Sobat Pintar menyingkirkan barang-barang yang tidak diperlukan sesuai tanggal mulai. 

Apabila dimulai dari tanggal 1, maka Sobat Pintar harus menyingkirkan satu barang di tanggal tersebut. Selanjutnya, di tanggal 2, kamu mesti menyingkirkan dua barang, dan seterusnya, hingga tanpa sadar Sobat Pintar sudah menyingkirkan ratusan barang selama beberapa hari tertentu.

Cara kerja bersih-bersih ini menjadi rekomendasi bagi kamu yang ingin beres-beres barang tak dipakai, tetapi tak memiliki waktu alias sibuk di luar rumah setiap hari.

4. Cara kerja Packing Party

Bukan hanya cara kerja minimalist game, Joshua Fields Millburn dan Ryan Nicodemus ternyata menciptakan cara kerja lainnya, lho.

Cara kerja yang diciptakannya ini bernama metode packing party, dimana Sobat Pintar mesti membayangkan seolah Sobat Pintar akan melakukan pindahan. Jadi, nantinya Sobat Pintar hanya akan membawa barang-barang penting saja, kemudian menyimpan barang-barang yang sudah tidak digunakan kembali.

Manfaat Decluttering Sebagai Gaya Hidup Minimalis

Saat berhasil melakukan bersih-bersih, Sobat Pintar akan mendapatkan sejumlah kegunaan luar biasa, diantaranya:

1. Ikut Andil Dalam Program Ramah Lingkungan

Kegiatan yang dilakukan manusia setiap hari berhasil memunculkan jejak karbon, berupa emisi gas rumah kaca. Semakin tinggi emisi gas ini, maka semakin berbahaya bagi bumi karena memicu terjadinya pemanasan global menjadi lebih parah.

Oleh karena itu, ketika Sobat Pintar hanya mengkonsumsi sedikit barang di dalam rumah, maka Sobat Pintar sudah turut serta dalam mengatasi efek rumah kaca. Tanpa sadar, Sobat Pintar sudah tak lagi merusak bumi yang semakin hari sudah semakin panas.

Biar barang-barang tak berguna itu tidak semakin menumpuk, Sobat Pintar perlu membatasi gaya hidup konsumtif atau menghilangkannya. Sebab, gaya hidup inilah yang membuat banyak barang menumpuk di rumah Sobat Pintar sendiri.

2. Ramah Kantong Sehingga Membuat Tetap Hemat

Manfaat kedua dari decluttering adalah bisa membuat Sobat Pintar menjadi pribadi yang hemat setiap hari. Sebab, gaya hidup konsumtif dimana Sobat Pintar membeli segala jenis barang padahal tidak dibutuhkan akan memakan banyak uang setiap hari.

Gaya hidup minimalis bisa menjadi solusi untuk Sobat Pintar yang ingin bebas dari gaya hidup konsumtif atau mewah. Jadi, saat belanja, prioritaskan beberapa barang yang paling penting terlebih dahulu.

Melalui gaya hidup ini, Sobat Pintar bisa fokus membeli barang-barang yang benar dibutuhkan untuk bisa menjalani hidup. Sehingga, gaji yang dihasilkan setiap bulan masih dapat tersisa, kemudian ditabung untuk kebutuhan masa depan.

Jika kamu memiliki hutang atau tanggungan ke pihak tertentu, gaya hidup minimalis bisa menjadi solusi untuk melunasi hutang-hutang tersebut. Sobat Pintar tidak perlu membeli barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan, dan bisa fokus dalam menyelesaikan hutang tersebut. Sehingga, kehidupan akan lebih tenang karena sudah terbebas dari kejaran para penagih.

3. Membuat Jiwa Lebih Bahagia

Manfaat bersih-bersih nyatanya bisa membuat jiwa Sobat Pintar lebih bahagia dari biasanya. Sebuah penelitian menyatakan, bahwa 87% dari 2.500 orang memiliki kehidupan bahagia saat memiliki barang sedikit, namun sesuai kebutuhan.

Perlu diketahui, kebahagiaan yang sejati adalah saat Sobat Pintar berhasil menikmati hidup dengan seutuhnya. Bukan saat memiliki barang  banyak atau lainnya. Dengan begitu, Sobat Pintar akan terhindar dari stres dan berbagai hal lainnya.

Itulah beberapa informasi mengenai metode dan kegunaan dari decluttering. Kegiatan ini bisa dilakukan tanpa perlu mengeluarkan uang sepeser pun, lho. Sobat Pintar bisa mencobanya sekarang juga dari rumah, saat memiliki waktu luang banyak di hari libur.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload