Sudah Tahu Apa Bedanya Sunscreen dan Sunblock?

29 Sep 2021 by Laruan

Apa bedanya sunscreen dan sunblock? Ternyata, keduanya sangat berbeda. Baik dari cara kerja maupun kandungan di dalamnya. Kalau selama ini Anda menganggap bahwa keduanya sama saja, tulisan ini ada untuk Anda. Simak selengkapnya mengenai apa bedanya sunscreen dan sunblock di artikel ini.

Sunscreen dan sunblock merupakan rangkaian penting dari tahapan perawatan wajah. Keduanya memang memiliki manfaat yang sama, yaitu melindungi kulit dari sinar matahari. Namun, cara kerja dan kandungan sunscreen dan sunblock sebenarnya sangat berbeda.

Nah, berikut ini adalah beberapa perbedaan antara sunscreen dan sunblock yang perlu Anda ketahui.

Apa Bedanya Fungsi Sunscreen dan Sunblock?

Secara umum, fungsi sunscreen dan sunblock memang memiliki kemiripan. Keduanya sama-sama bermanfaat untuk untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Menggunakan sunscreen atau sunblock akan membuat sinar matahari tidak akan sampai ke lapisan kulit. Dengan begitu, kulit Anda akan menjadi lebih sehat.

Pada dasarnya, sunscreen hanya dapat melindungi kulit dari bahaya sinar UVB saja. Namun, saat ini sudah banyak juga sunscreen yang diformulasikan secara khusus agar bisa menangkal sinar UVA juga. Sementara itu, hampir semua sunblock memiliki manfaat perlindungan dari sinar UVA dan UVB.

Sudah Tahu Apa Bedanya Sunscreen dan Sunblock?

Apa Itu UVA dan UVB?

Sinar matahari memiliki dua jenis sinar yang dapat memberikan efek negatif kepada kulit, yaitu sinar UVA dan UVB. Paparan sinar UVA atau sinar ultraviolet dapat merusak kulit hingga menyebabkan kanker kulit. Sinar UVA juga menjadi sebab utama munculnya keriput, garis halus, tanda-tanda penuaan dini, dan flek hitam pada wajah.

Sedang sinar UVB memberikan efek terbakar pada kulit. Jika Anda terpapar sinar UVB tanpa proteksi sunscreen atau sunblock, maka kulit Anda perlahan-lahan akan menjadi kemerahan atau gosong karena terbakar. Karena itulah, menggunakan sunscreen dan sunblock adalah sesuatu yang penting untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

Apa Bedanya Kandungan Sunscreen dan Sunblock?

Secara fungsi, sunscreen dan sunblock memang cukup berbeda. Perbedaan tersebut tentu saja tidak lepas dari kandungan yang ada pada sunscreen dan sunblock? Meskipun sama-sama melindungi dari sinar matahari, ada perbedaan kandungan antara sunscreen dan sunblock yang perlu Anda tahu.

Umumnya, sunscreen menggunakan bahan kimia aktif sebagai filter proteksi. Karena itu, banyak yang menyebut sunscreen sebagai chemical sunscreen. Beberapa bahan kimia aktif yang umum digunakan adalah Octocrylene, Mexoryl XL, SPF, dan PA.

Sedangkan sunblock menggunakan bahan mineral alami sebagai bahan aktifnya. Karena itu, sunblock juga sering disebut sebagai physical sunscreen. Umumnya, sunblock bisa mudah diidentifikasi dari adanya mineral seperti titanium dioxide dalam komposisinya. Mineral ini merupakan mineral yang tidak mudah terurai di bawah sinar matahari. Sehingga, dapat memberikan proteksi yang Anda butuhkan.

Apa Bedanya Cara Kerja Sunscreen dan Sunblock?

Perbedaan kandungan bahan aktif tentu saja memberikan perbedaan pada cara kerja sunscreen dan sunblock. Sunscreen bekerja melindungi kulit dengan cara memfilter dan menyerap sinar UV yang diterima. Setelah itu, sunscreen akan kemudian mengubahnya menjadi energi panas yang dikeluarkan melalui kulit.

Sedangkan sunblock bekerja dengan cara membentuk lapisan pelindung UVA dan UVB di atas permukaan kulit. Dengan kata lain, sunblock tidak menyerap sinar UV yang diterima, tapi menghalanginya masuk ke dalam kulit. Karena itu, sunblock sering disebut sebagai physical sunscreen.

Perbedaan cara kerja ini juga mempengaruhi cara pakai keduanya. Sunscreen membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menyerap ke dalam kulit. Karena itu, pastikan Anda menggunakan sunscreen sekitar 20 menit lebih awal sebelum Anda keluar rumah.

Berbeda dengan sunscreen, sunblock tidak membutuhkan waktu penyerapan. Anda bisa langsung bekerja atau keluar rumah setelah Anda selesai mengoleskan sunblock ke kulit. Untuk proteksi maksimal, sebaiknya Anda melakukan pengolesan ulang atau re-apply sekitar 2-3 jam sekali.

Lebih Baik Sunscreen atau Sunblock?

Pertanyaan mana yang lebih selalu muncul setiap kali kita membandingkan sesuatu. Termasuk membandingkan dua produk perlindungan kulit ini. Apakah sunscreen lebih baik daripada sunblock atau sebaliknya?

Menjawab pertanyaan ini tidaklah semudah kelihatannya. Ada banyak faktor mengapa yang satu bisa lebih baik dari yang lainnya. Atau sebaliknya. Karena itu, daripada menentukan mana yang lebih baik, ada baiknya Anda memahami beberapa hal terlebih dulu. Salah satunya adalah kegiatan Anda di hari ini.

Apa aktivitas yang akan Anda lakukan hari ini? Apakah Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan? Atau Anda berencana untuk menghabiskan sebagian hari ini di luar? Berapa lama Anda akan berada di bawah matahari?

Jika hari ini Anda hanya melakukan aktivitas ringan atau sehari-hari di dalam rumah, sunscreen bisa menjadi pilihan yang bagus. Kegiatan indoor biasanya tidak membuat Anda banyak terpapar matahari. Karena itu, menggunakan sunscreen saja sudah cukup. Begitu juga bila Anda hanya keluar rumah sebentar saja. Formula sunscreen yang ringan tidak akan membuat wajah Anda terasa berat, dan Anda tetap bisa melakukan kegiatan seperti biasa.

Namun, jika Anda akan melakukan aktivitas outdoor jangka panjang, akan lebih baik jika Anda menggunakan sunblock sebelumnya. Misalnya, saat Anda akan berolahraga di luar, menghadiri konser outdoor, main ke pantai, dan lain sebagainya. Selain mampu memberikan proteksi yang diperlukan, sunblock juga lebih mudah di re-apply karena tidak harus ditunggu sampai meresap.

Selain itu, sunblock juga memiliki tekstur yang lebih kental dibandingkan dengan sunscreen. Perlu diketahui juga bahwa sebagian besar sunblock dapat memberikan efek white cast atau warna putih ketika dioleskan. Untuk mengakalinya, Anda bisa mengoleskan sunblock secara bertahap dalam jumlah sedikit hingga jumlah yang direkomendasikan.

Sudah Tahu Apa Bedanya Sunscreen dan Sunblock?

Apa Bedanya SPF dan PA?

Saat membeli sunscreen atau sunblock, biasanya Anda akan menemukan tulisan SPF dan PA pada kemasan. Tapi apa arti dari keduanya? Bagaimana mengetahui SPF dan PA yang Anda butuhkan?

SPF (Sun Protection Factor) adalah kode yang menunjukkan seberapa besar perlindungan sunscreen atau sunblock terhadap sinar UVB. Umumnya, SPF yang digunakan berkisar antara SPF 15, SPF 30, hingga SPF 50. Untuk melindungi kulit dari sinar UVB, SPF 30 sebenarnya sudah cukup. Namun, Anda bisa membeli sunscreen SPF 50 jika ingin.

Sedangkan PA (Protection Grade of UVA) menunjukkan tingkat perlindungan sunscreen atau sunblock terhadap UVA. Sunscreen di pasaran umumnya memiliki PA + hingga PA ++++. Namun, untuk negara tropis seperti Indonesia, sunscreen PA ++ hingga PA +++ saja sudah cukup untuk melindungi kulit Anda.

Itulah beberapa informasi yang dapat membantu Anda mencari jawaban dari pertanyaan apa bedanya sunscreen dan sunblock. Baik sunscreen ataupun sunblock, keduanya memiliki manfaat untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari. Jika Anda ingin memiliki kulit yang sehat dan terlindungi, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen atau sunblock setiap hari.Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload