5 Cara Memilih Sunscreen Terbaik Untuk Kulit Berminyak

16 Aug 2021 by Laruan

Memiliki kulit wajah yang berminyak memang membuat penampilan kita tidak menjadi all out. Akibatnya, banyak sekali orang-orang yang tidak menggunakan sunscreen karena takut membuat kulit wajahnya tampak berminyak. Padahal, saat ini sudah ada sunscreen terbaik yang dikhususkan untuk kulit berminyak.

Memang memilih sunscreen untuk kulit berminyak tidaklah mudah, tapi Sobat Pintar jangan berkecil hati. Kali ini, kita sudah mempelajari sunscreen paling top yang cocok untuk Sobat Pintar yang memiliki kulit berminyak.

Cara Memilih Sunscreen Terbaik Untuk Kulit Berminyak

Sebelum kita masuk cara memilih sunscreen paling top, kita akan menjelaskan terlebih dahulu mengapa kulit waja kita bisa berminyak. Begitu penjelasannya!

Informasi terbaru: 3 Alasan Kredit Pintar Jadi Fintech P2P Lending Aman 

Kenapa Kulit Wajah Kita Berminyak?

Sobat Pintar tau gak sih, ternyata kulit berminyak itu terjadi karena kelenjar sebasea yang berada di bawah kulit bekerja terlalu aktif? Dampaknya, kelenjar sebasea itu akan menghasilkan sebum atau yang kita kenal dengan minyak lebih banyak.

Sebum merupakan komponen yang ada pada kelenjar sebasea, sebenarnya sebum ini sangat membantu untuk melindungi dan melembabkan kulit wajah. Namun, karena terlalu banyaknya sebum, ternyata dapat membuat kulit wajah kita berminyak, menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat pada wajah kita.

Karena itu, Sobat Pintar yang memiliki tipe kulit yang mudah berminyak harus melakukan perawatan kulit secara teratur untuk mencegah timbulnya jerawat di kulit wajah kamu. Salah satunya adalah dengan menggunakan sunscreen wajah yang dikhususkan untuk kulit berminyak.

Apa Itu Sunscreen?

Sunscreen merupakan salah satu produk perawatan kulit yang berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari atau UV.

Sunscreen biasanya memiliki tekstur berupa lotion, gel, ataupun krim yang dapat menembus dan diserap oleh kulit sebelum sinar UV. Biasanya, sunscreen ini bekerja untuk melindungi kulit kita dari paparan sinar UVB yang berbahaya untuk kulit kita.

Cara Memilih Sunscreen Terbaik Untuk Kulit Berminyak

Penggunaan sunscreen atau tabir surya wajib digunakan oleh jenis kulit wajah apapun, termasuk kalian yang memiliki tipe kulit berminyak.

Buat Sobat Pintar yang sering aktif berada di luar ruangan, menggunakan sunscreen wajah merupakan item yang sangat wajib untuk dimiliki dan digunakan.  Namun, dalam memilih sunscreen paling top untuk kulit berminyak tidak boleh sembarangan. Jika salah memilih produk sunscreen, yang ada masalah kulit Sobat Pintar akan lebih parah dari sebelumnya.

Untuk mencegah hal tersebut, berikut adalah penjelasan cara memilih sunscreen paling top untuk kulit berminyak yang tepat.

1. Pilih produk dengan label bebas minyak dan non-comedogenic

Cara pertama untuk memilih sunscreen paling top untuk kulit berminyak adalah dengan memilih produk bebas minyak dan non-comedogenic. 

Produk yang memiliki label non-comedogenic direkomendasikan untuk mereka yang memiliki tipe kulit berminyak dan mudah berjerawat. Biasanya, produk yang memiliki label noncomedogenic ini memiliki tekstur yang sangat ringan dan memiliki kandungan minyak yang dapat menyumbat pori-pori.

2. Gunakan sunscreen berbahan dasar air

Buat Sobat Pintar yang memiliki kulit berminyak, hal terpenting selanjutnya dalam memilih sunscreen wajah adalah menggunakan produk yang memiliki bahan dasar air atau yang biasa kita kenal dengan water-based.

Sunscreen jenis ini memiliki tekstur cair yang sangat mudah diserap oleh kulit wajah kita. Dengan begitu, kalian tidak perlu khawatir deh kulit kalian terlihat lebih berminyak.

3. Tekstur Sunscreen Wajah

Hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih sunscreen wajah ada pada tekstur produknya.

Buat Sobat Pintar yang memiliki kulit berminyak, kami rekomendasikan untuk menggunakan sunscreen wajah yang berupa krim atau lotion yang ringan untuk wajah kalian.

Jika kalian merasa tekstur lotion atau krim terlalu tebal atau berat pada kulit wajah kalian, opsi lain yang bisa kalian gunakan adalah dengan menggunakan sunscreen yang bertekstur gel. Sunscreen gel ini memiliki tekstur yang cair, sehingga mudah diserap oleh kulit wajah kita.

4. Memiliki UVA dan UVB

Untuk perlindungan ekstra pada kulit wajah, pastikan produk yang dipilih oleh Sobat Pintar adalah sunscreen yang berlabel “broad spectrum.”

Apa maksud dari “broad spectrum”? Itu artinya, sunscreen tersebut dapat melindungi kulit kita dari sinar ultraviolet A dan B atau UVA dan UVB.

Sinar UVB adalah salah satu penyebab kerusakan pada kulit karena paparan sinar matahari. Beberapa besar tabir surya berfungsi hanya untuk melindungi kulit dari jenis sinar UV. Padahal, sinar UVA pun juga tidak kalah membahayakan.

Sinar UVA dapat menjadi penyebab tandanya penuaan pada kulit wajah kita. Bahkan, terlalu sering terkena paparan sinar UVA ternyata dapat meningkatkan risiko kanker kulit, Sobat Pintar.

Maka dari itu, sebelum memilih sunscreen paling top untuk kulit berminyak, pastikan terlebih dahulu bahwa produk tersebut juga dapat melindungi kulit Sobat Pintar dari paparan sinar UVA dan UVB.

5. Memiliki Kandungan SPF

Cara memilih sunscreen paling top yang harus Sobat Pintar lakukan adalah, produk sunscreen yang mengandung SPF atau sun protection factor.

SPF merupakan salah satu cara untuk melindungi kulit wajah kita dari paparan sinar UVB. Semakin tinggi kadar SPF yang dimiliki sunscreen, semakin baik pula perlindungan yang diberikan sunscreen tersebut pada kulit wajah Sobat Pintar.

Pastikan gunakan sunscreen dengan kadar SPF minimal 30 SPF atau lebih setiap harinya. Dengan begitu, sunscreen kalian dapat membantu menghambat paparan sinar UV hingga mencapai 97%.

Jadi itulah cara memilih sunscreen terbaik untuk kulit berminyak. Buat Sobat Pintar yang memiliki kulit berminyak, kami sarankan untuk tidak terlalu stres dalam menghadapi masalah ya, terutama masalah keuangan.

Buat kalian yang belum tahu, ternyata stres merupakan salah satu pemicu produksi minyak yang berlebihan pada wajah kita. Produksi hormon kortisol yang berasal dari otak untuk mempersiapkan tubuh ketika stres dapat meningkatkan aktivitas kelenjar sebasea yang ada di kulit kita dan menyebabkan kulit kita berminyak, menyumbat pori-pori, dan menimbulkan jerawat.

Untuk itu, kami memiliki solusi untuk kalian yang memiliki masalah keuangan supaya terhindar dari stres yang dapat mengakibatkan produksi minyak berlebih pada kulit kalian.

Sekarang, kalian bisa mengajukan pinjaman online dalam waktu 5 menit saja melalui aplikasi Kredit Pintar. Caranya mengajukan pinjaman online-nya pun terbilang cukup mudah! Daripada stres mikirin uang yang mengakibatkan kulit berminyak dan harus membeli sunscreen terbaik untuk mengatasinya, lebih baik minta bantuan sama Kredit Pintar!

Informasi terbaru: Data KTP Aman Terlindungi Dengan 5 Cara Berikut

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload