10 Alat Olahraga di Rumah Terbaik

31 Oct 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 31 Oct 2022

Sekarang ini tidak perlu pergi ke gym untuk bisa berolahraga secara teratur, Anda bisa olahraga di rumah. Asalkan memiliki alat olahraga di rumah, Anda bisa melakukan olahraga kapanpun Anda mau. Sekarang ini sudah banyak alat olahraga yang dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Dengan adanya alat olahraga ini Anda bisa bebas melakukan olahraga sesuai keinginan dan bisa terhindari dari alasan malas pergi ke gym. Bagi Anda yang lebih suka berolahraga di rumah, berikut ini beberapa alat olahraga yang harus Anda miliki.

Rekomendasi Alat Olahraga di Rumah

Banyak sekali orang yang malas berolahraga karena harus bolak-balik ke gym. Hal ini membuat banyak perusahaan berlomba-lomba membuat alat fitnes rumahan. Ada banyak alat olahraga di rumah sederhana yang memiliki banyak kegunaan. Nah, berikut ini rekomendasi alat olahraga terbaik untuk digunakan di rumah.

1. Resistance Band

Alat olahraga rumahan yang pertama adalah resistance band, seutas tali karet elastis ini digunakan untuk melatih ketahanan dan kekuatan otot. Tingkat elastisitas dari tali karet ini bermacam-macam, mulai dari yang rendah sampai tinggi. Semakin rendah elastisitasnya, semakin sulit tali tersebut direntangkan sehingga membuat otot harus bekerja ekstra.

Ada banyak cara menggunakan resistance band, namun cara yang paling sering digunakan adalah dengan menarik kedua ujungnya ke arah yang berlawanan. Selain itu, Anda juga bisa menginjak salah satu ujung dan menariknya ke atas ujung lain setinggi mungkin.

Bentuk resistance band ini bermacam-macam, ada yang benar-benar seperti tali karet, namun ada juga yang memiliki pegangan di kedua ujungnya. Ada juga resistance band yang berbentuk lingkaran, silahkan pilih sesuai kebutuhan dan jenis olahraga yang Anda sukai memakai resistance band.

 Baca juga: Panduan Lengkap Olahraga dan Berbagai Tipsnya

2. Foam Roller

Rekomendasi alat olahraga di rumah yang berikutnya adalah foam roller. Foam roller merupakan sebuah gulungan busa empuk yang bisa digunakan untuk melemaskan otot-otot kaku dan kencang karena melakukan olahraga berat.

Alat olahraga rumahan ini juga bisa Anda gunakan sebelum mulai berolahraga untuk menghindari cedera saat berolahraga. Selain itu, foam roller ini juga bisa digunakan sebagai alat bantu selama yoga. Alat ini bisa mempertahankan dan menguatkan keseimbangan tubuh Anda. Manfaat lain dari foam roller adalah bisa menghilangkan selulit tubuh, terutama untuk wanita.

3. Dumbbell

Bagi Anda yang suka olahraga angka beban namun malas untuk pergi ke gym, alat fitnes yang satu ini sangat cocok untuk Anda. Dumbbell merupakan versi mini dari alat angkat beban yang ada di gym. Bobot dari dumbbell sangat bervariasi, mulai dari yang paling ringan yaitu ½ kg sampai dengan yang paling berat yaitu 10 kg.

Jika Anda baru saja mulai latihan angkat beban, maka dumbbell ini bisa membantu membentuk otot bahu dan lengan Anda. Bukan cuma itu saja, dumbbell ini juga bisa Anda gunakan sebagai variasi ketika melakukan bench press, sit up, dan squat sehingga bisa memaksimalkan sesi olahraga yang Anda lakukan.

Baca juga: 3 Olahraga Yang Dapat Kamu Lakukan di Rumah

4. Pull Bar

Pull bar merupakan salah satu alat fitnes rumahan selanjutnya yang wajib Anda miliki. Sekarang ini sudah ada versi pull bar portable sehingga Anda bisa melakukan pull up tanpa harus pergi ke gym. Alat fitnes sederhana ini bisa dipasang ke dinding atau pintu dengan daya cengkar kuat untuk menahan gerakan tubuh ketika melakukan pull up.

Alat olahraga yang satu ini biasanya berupa palang tunggal dengan bahan besi baja yang kuat sehingga bisa menopang berat badan Anda. Selain itu, untuk membuat penggunanya nyaman saat latihan, bagian pegangan pull bar ini biasanya terbuat dari foam atau busa yang lembut dan tidak licin ketika digenggam.

5. Ab Wheel

Ab Wheel merupakan sebuah alat olahraga yang bentuknya mirip dengan roda berputar dan terdapat pegangan di kedua sisinya. Alat olahraga ini biasanya digunakan untuk latihan ab wheel rollout, latihan ini bertujuan untuk melatih otot lengan, otot bahu, otot punggung, dan otot tubuh inti.

Cara penggunaan ab wheel ini sangat mudah, Anda hanya perlu menggunakan ab wheel maju mundur dengan posisi tubuh tengkurap. Caranya, posisikan tubuh setengah plank dengan tumpuan di lutut dan pegang ab wheel dengan kondisi lengan dan punggung lurus. Setelah itu dorong dan tarik ab wheel secara berulang kali.

6. Sepeda Statis

Rekomendasi alat olahraga di rumah yang berikutnya adalah sepeda statis. Alat fitnes yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang suka bersepeda namun malas keluar rumah. Sepeda statis ini memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan sepeda pada umumnya.

Anda bisa menggunakan alat ini untuk meningkatkan kebugaran tubuh dan membantu menurunkan berat badan. Dilansir dari Harvard Health, menggunakan sepeda statis selama 30 menit bisa membakar 252 kalori untuk orang dengan berat badan 70 kg. Bersepeda statis ini lebih nyaman dan aman dibanding berolahraga di luar ruangan.

Baca juga: Mempelajari Teknik Jalan Cepat dan Manfaat

7. Slider Disc

Alat olahraga rumahan berikutnya yang harus Anda miliki adalah slider disc, alat ini berbentuk pipih dan sangat mudah disimpan dan dibawa bepergian Slider disc berfungsi untuk melancarkan gerak tubuh ketika melakukan olahraga kalistenik seperti mountain climber atau lunges.

Benda bulat dan pipih ini bisa melancarkan gerakan tubuh di permukaan datar, baik itu di karpet, lantai, atau hardwood. Dengan menggunakan alat ini Anda bisa mengurangi gesekan antara tubuh dengan permukaan sehingga membuat Anda tidak perlu mengangkat kaki atau tangan yang menjadi tumpuan gerak ketika berolahraga.

8. Kettlebell

Kettlebell merupakan Alat olahraga di rumah yang berbentuk sebuah bola beban dan memiliki pegangan. Kettlebell biasanya digunakan dengan cara diayunkan atau diangkat. Untuk beban kettlebell sendiri bervariasi, antara 8 kg sampai dengan 20 kg. Sebaiknya gunakan kedua tangan saat memakai alat olahraga ini.

Sama seperti dumbbell, kettlebell ini sangat cocok untuk melatih kekuatan otot tubuh bagian atas dan otot inti. Anda juga bisa menggunakan alat ini untuk memodifikasi gerakan squat, plank, sampai dengan push up.

9. Matras Yoga

Matras yoga merupakan salah satu alat olahraga yang wajib ada saat berolahraga di rumah. Rasanya kurang lengkap apabila berolahraga di rumah tanpa adanya matras yoga. Matras ini sangat berguna untuk melakukan berbagai gerakan seperti plank, push up, sit up dan lain sebagainya.

Fungsi dari matras yoga ini adalah untuk menjaga pijakan tetap mantap saat melakukan berbagai gerakan yoga dan olahraga. Selain itu matras ini juga melindungi tubuh dari benturan saat tergelincir. Anda juga bisa merasa lebih nyaman saat berolahraga memakai matras ini.

10. Tali Skipping

Rekomendasi alat fitnes rumahan yang terakhir adalah tali skipping. Dengan menggunakan alat ini Anda bisa melakukan olahraga lompat tali atau skipping dengan bebas. Selain itu, harga dari alat olahraga ini juga sangat murah namun memiliki banyak sekali manfaat.

Anda bisa meningkatkan kebugaran paru dan jantung sekaligus melatih kekuatan otot kaki Anda. Selain itu, skipping juga menjadi salah satu alternatif olahraga kardio yang bisa membakar lemak, sangat cocok untuk Anda yang tidak suka berlari.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
31 Oct 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download