10 Alasan Resign Terbaik untuk Menjaga Reputasi

19 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 24 Jan 2022

Alasan resign yang masuk akal dan baik akan sangat berpengaruh terhadap reputasi seseorang. Jika Anda keluar dari pekerjaan tanpa keterangan yang jelas dan langsung pergi begitu saja, nama Anda pasti akan menyandang reputasi yang buruk.

Kalau Anda akan mengundurkan diri atau resign dari pekerjaan, sebaiknya pilih alasan yang masuk akal. Pengajuan resign sendiri tidak mudah untuk dilakukan, apalagi kalau alasan Anda tidak kuat. Alasan mengundurkan diri harus benar-benar matang dan jelas saat disampaikan ke atasan.

10 Alasan Resign Terbaik untuk Menjaga Reputasi

Alasan Resign untuk Menjaga Nama Baik Anda

Beberapa orang memutuskan untuk mengundurkan diri dari suatu pekerjaan karena alasan tertentu. Ada yang tidak setuju dengan kebijakan perusahaan yang tidak adil. Atau ada juga yang membutuhkan pekerjaan lain dengan gaji yang lebih baik. Tapi alasan tersebut tidak bisa disampaikan ke HRD.

Saat akan menghadap HRD, Anda perlu mempersiapkan alasan pengunduran diri yang baik. Dengan begitu, proses pengunduran diri pun bisa berlangsung dengan lancar tanpa kendala apapun. Anda akan melihat beberapa alasan untuk mengundurkan diri tanpa menodai reputasi Anda.

Berencana untuk melanjutkan pendidikan

Rencana untuk melanjutkan pendidikan adalah rencana yang sangat bagus dan pasti akan dihormati oleh siapapun. Kalau Anda akan mengundurkan diri dari pekerjaan karena hendak meneruskan studi, nama baik Anda tidak akan tercemar di perusahaan.

Baca juga: 10 Cara Memperkecil Ukuran Foto

10 Alasan Resign Terbaik untuk Menjaga Reputasi

Ingin mengubah jalur karier

Alasan resign lain yang masuk akal adalah Anda akan mengganti jalur karier. Misalnya kalau saat ini pekerjaan Anda adalah video editor dan tertarik untuk mengubah karir Anda menjadi fotografer, Anda bisa menyampaikannya sebagai alasan untuk mengundurkan diri.

Tidak sedikit karyawan kantor yang memilih untuk membangun bisnis atau usaha sendiri. Alasan ini juga bisa Anda sampaikan ke HRD agar proses pengunduran diri Anda tidak ternodai oleh reputasi yang rusak.

Alasan resign mencari tantangan baru

Bagi Anda yang merasa jenuh mengerjakan pekerjaan yang seperti itu saja, ajukan pengunduran diri dengan alasan ini. Mencari tantangan dan pengalaman baru adalah alasan yang sangat bagus. Tantangan dan pengalaman baru bisa meningkatkan keahlian Anda.

Dengan meningkatnya keahlian, Anda jadi lebih siap untuk melakukan berbagai pekerjaan baru. Selain itu, pihak HR juga tidak akan memandang Anda sebagai mantan karyawan yang buruk.

Karier Anda sulit untuk berkembang

Jika Anda sudah bekerja untuk waktu yang lama dan merasa yakin bahwa karir di perusahaan ini tidak bisa berkembang, ajukan resign dengan alasan yang tepat. Pengunduran diri dengan alasan resign tidak adanya prospek kerja yang bagus dan karier tidak bisa berkembang tidak akan menodai reputasi.

Temukan pekerjaan atau perusahaan yang memang mampu membantu Anda mengembangkan keahlian dan kemampuan. Usahakan untuk bekerja di perusahaan yang jenjang karirnya jelas.

Menerima perlakuan buruk ketika bekerja

Lingkungan kerja yang kondusif dan kenyamanan dalam bekerja adalah pendukung dalam menjalankan tugas Anda. Kalau Anda memperoleh perlakuan yang tidak baik dari atasan atau rekan kerja, gunakan alasan ini untuk mengundurkan diri.

Bahkan, jika intimidasi atau bullying yang Anda alami sangat berat, Anda boleh menindaklanjuti hal ini ke jalur hukum. Meskipun saat ini mendapatkan pekerjaan tidak mudah, lebih baik mengundurkan diri daripada Anda selalu merasa tertekan saat bekerja.

Alasan resign karena tekanan yang besar

Sebanyak dan seberat apapun pekerjaan Anda, selalu utamakan kesehatan mental dan fisik diri sendiri. Kalau tekanan kerja yang Anda terima sudah terlalu besar dan tidak wajar, Anda boleh mengundurkan diri. Gunakan alasan tekanan kerja ini saat mengajukan resign.

Pekerjaan adalah sarana untuk mencari uang yang akan menunjang kehidupan Anda dan keluarga. Pekerjaan tidak seharusnya menjadi tekanan tambahan sehingga malah mengurangi kualitas hidup Anda.

Akan pindah ke rumah baru

Pindah rumah merupakan alasan lain yang bisa Anda gunakan untuk mengundurkan diri. Jarak antara rumah dengan kantor adalah hal penting yang bisa menunjang produktivitas Anda dalam bekerja. Kalau jarak kantor dengan rumah baru Anda terlalu jauh, produktivitas pun akan berkurang.

Pihak HR pasti akan memahami alasan ini dan bisa membantu proses pengunduran diri Anda. Hasilnya, Anda bisa mengundurkan diri tanpa kendala apapun dan tanpa mencoreng nama baik Anda sendiri.

Baca juga: Cara Membuat Kebab Ayam dan Variasinya!

10 Alasan Resign Terbaik untuk Menjaga Reputasi

Alasan resign karena kesehatan terganggu

Kesehatan fisik Anda juga merupakan hal utama yang perlu dipertimbangkan saat menilai suatu pekerjaan. Jika pekerjaan Anda sekarang malah mengganggu kesehatan, sebaiknya pertimbangkan untuk resign dengan alasan kesehatan.

Kesehatan yang terganggu karena pekerjaan justru akan membuat Anda mengeluarkan lebih banyak uang. Membayar biaya pengobatan bisa sangat membebani Anda dan keluarga. Temukan pekerjaan lain yang tidak mengganggu pekerjaan. Pihak HR akan memahami alasan pengunduran diri Anda.

Resign karena alasan keluarga

Alasan resign berikutnya yang bisa Anda gunakan adalah alasan keluarga. Misalnya, kalau ada anggota keluarga yang membutuhkan perawatan kesehatan, Anda bisa resign agar lebih fokus dalam merawat keluarga yang sakit.

Ibu yang habis melahirkan juga bisa mengajukan resign dengan alasan memantau perkembangan buah hati. Meski begitu, Anda tidak perlu menceritakan semua detail tentang kondisi keluarga yang membuat Anda harus resign.

Cukup gunakan kalimat seperti “keadaan keluarga” atau “alasan keluarga” saat menyampaikan pengunduran diri ke atasan. Jangan khawatir terhadap tanggapan atasan karena merahasiakan situasi pribadi adalah sesuatu yang bisa diterima.

Ada tawaran pekerjaan yang lain

Alasan resign lain yang bisa diterima oleh suatu perusahaan adalah Anda memperoleh tawaran pekerjaan di tempat yang lain. Jika Anda memutuskan untuk mengundurkan diri demi mengambil sebuah posisi di kantor lain karena promosi atau kenaikan gaji, HRD bisa menerima keputusan Anda.

Apapun alasan yang Anda sampaikan ke HRD, pastikan alasan itu sesuai dengan keadaan Anda. Hindari membuat-buat alasan yang tidak benar. Alasan yang dibuat-buat bisa menimbulkan masalah dan justru bisa merusak nama baik Anda di kantor atau perusahaan tersebut.

Berikan alasan resign yang bisa dipastikan kebenarannya sehingga HRD atau atasan sehingga reputasi Anda bisa tetap terjaga.

Baca juga: Cara Menanam Strawberry Hidroponik di Daerah Panas

Kredit Pintar untuk Menunjang Kehidupan Anda

Resign atau pengunduran diri bukanlah momen yang mudah untuk dilalui. Anda perlu memikirkan cara terbaik untuk bertahan hidup hingga menemukan pekerjaan yang baru. Kredit Pintar akan membantu Anda dengan menyediakan pinjaman dana yang bisa Anda pakai untuk memenuhi kebutuhan.

Kalau Anda mengajukan pengunduran diri karena akan memulai bisnis atau usaha sendiri, Kredit Pintar juga merupakan solusi modal terpercaya yang bisa Anda pertimbangkan. Kredit Pintar merupakan aplikasi keuangan yang sangat aman untuk digunakan.

Aplikasi Kredit Pintar menawarkan bunga rendah untuk pinjaman dana sehingga para penggunanya tidak akan merasa terbebani. Dapatkan aplikasi Kredit Pintar gratis dari Play Store atau App Store. Lakukan pendaftaran dengan mudah dan persiapkan dana Anda sebelum memberikan alasan resign.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
24 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download