Mengetahui Tugas Administrasi Keuangan

01 Nov 2021 by Ary Wibowo, Last edit: 21 Sep 2022

Administrasi keuangan adalah jantung dari sebuah bisnis, karena memiliki peranan dalam mengatur dan mengelola keuangan. Sehingga, menjadi salah satu sumber daya yang sangat dicari oleh sebuah perusahaan. Tapi tahukah kamu apa sebenarnya tugas dari seorang administrasi keuangan? Ternyata tugasnya tidak melulu tentang pembayaran dan transaksi lo.

Mengetahui Tugas Administrasi Keuangan

Jadi, jangan terkecoh dengan nama ‘keuangan’ yang melekat pada dirinya. Supaya tidak bingung, mari simak penjelasan di bawah ini

Apa itu Administrasi Keuangan?

Secara umum Administrasi keuangan adalah sebuah aktivitas yang melibatkan pengelolaan uang yang berkaitan dengan pemakaian dan pelaksanaan dana yang terdapat dalam suatu badan. Adapun yang termasuk ke dalam pengelolaan keuangan adalah perencanaan, peraturan, pengawasan dan akuntabilitas.

Sedangkan secara khusus administrasi keuangan memiliki arti sebuah aktivitas keuangan dan akuntansi yang erat kaitannya dengan pemasukan, pengeluaran, pendanaan dan pencatatan berbagai jenis kegiatan operasional suatu badan.

Dalam sebuah perusahaan administrasi keuangan memiliki peranan yang sangat penting dalam manajemen perusahaan untuk memutuskan dan menilai suatu kegiatan operasional yang dilakukan perusahaan. Apakah tindakan tersebut memiliki dampak positif atau negatif terhadap perusahaan. Namun, seorang administrasi keuangan tidak dapat berdiri sendiri tanpa adanya kerjasama yang baik dengan berbagai pihak di dalam perusahaan dalam membuat laporan kinerja perusahaan.

Apa fungsi administrasi keuangan?

Administrasi keuangan memiliki beberapa fungsi dalam perusahaan. Berikut adalah fungsi-fungsi tersebut:

  1. Fungsi Investasi

Investasi selalu berkaitan dengan penyimpanan dana, maka seorang administrasi keuangan memiliki fungsi sebagai penyimpan dana perusahaan yang nantinya akan digunakan untuk memenuhi semua kebutuhan perusahaan. 

Dalam hal ini, pemilik perusahaan akan mempertimbangkan jenis investasi yang akan dilakukannya. Ia akan memiliki investasi jangka panjang seperti gedung, tanah, mesin produksi, kendaraan, kas dan lain sebagainya. Selain itu, ia juga akan memiliki investasi jangka pendek seperti utang, persediaan bahan baku, kas dan lain sebagainya.

  1. Fungsi pencairan dana

Pencairan dana dimaksudkan untuk membantu perusahaan dalam mengelola pemenuhan kebutuhan perusahaan dan kegiatan operasionalnya. Cara ini dapat digunakan untuk mencari investor dan sponsor bagi perusahaan.

  1. Fungsi membagi hasil

Fungsi ini dimaksudkan untuk membagi hasil keuntungan yang diperoleh perusahaan kepada masing-masing investor dan pemilik perusahaan. Sehingga seorang administrasi keuangan adalah orang yang mendapatkan kepercayaan penuh serta bertanggung jawab terhadap uang perusahaan. 

  1. Fungsi belanja

Sebuah perusahaan pasti memiliki kebutuhan operasional yang sangat banyak. Tugasnya adalah memanfaatkan keuangan perusahaan secara optimal untuk belanja semua kebutuhan perusahaan tersebut.

Apakah tujuan dari Administrasi keuangan?

Setelah mengetahui fungsinya, selanjutnya adalah mengetahui tujuan dari administrasi keuangan. Secara umum, ia memiliki tujuan untuk mempermudah semua proses terkait pengaturan keuangan pada sebuah perusahaan. Berikut adalah tujuan-tujuan dari administrasi keuangan:

  1. Mempermudah semua transaksi yang terjadi di dalam perusahaan baik itu pengeluaran maupun pemasukan.
  2. Selain memudahkan berbagai transaksi keuangan, dengan adanya administrasi keuangan maka semua bukti transaksi bisa dipertanggung jawabkan.
  3. Memudahkan manajer untuk memeriksa dan memantau keuangan perusahaan.

Dengan demikian, seseorang yang bekerja di bidang ini memiliki tanggung jawab untuk membuat pembukuan dan laporan keuangan perusahaan secara berkala. Ia harus memastikan bahwa semua transaksi berjalan dengan benar, tidak terdapat kesalahan dan kecurangan dalam laporan tersebut. 

Apa saja kegiatan seorang administrasi keuangan?

Di dalam sebuah perusahaan administrasi keuangan memiliki kegiatan yang cukup padat, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mencari sumber keuangan, ini adalah sebuah tugas yang berkaitan dengan pencarian dana yang berguna bagi perusahaan. Dana tersebut bisa dicari melalui berbagai kegiatan operasional yang dilakukan oleh perusahaan. Dengan kegiatan ini juga, ia sekaligus memastikan bahwa kegiatan itu berlangsung dengan baik.
  2. Menganggarkan dan mengelola keuangan, tugas ini bertujuan untuk mengelola dana kegiatan perusahaan baik itu pengeluaran maupun pemasukan. 
  3. Merencanakan dan mengendalikan keuangan, hal ini berkaitan tentang semua rencana perusahaan yang membutuhkan dana, serta memantau performa perusahaan dan memperbaikinya jika menemukan suatu masalah secara berkala.
  4. Menyimpan keuangan, ini adalah sebuah tugas besar yang diemban oleh seorang administrasi keuangan. Yaitu mengumpulkan dan mencatat semua dan perusahaan untuk nanti disimpan ke tempat yang aman, seperti bank.
  5. Memeriksa keuangan, adalah kegiatan yang akan mengaudit semua proses transaksi yang terjadi dalam perusahaan. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penyelewengan atau korupsi.
  6. Mengelola pinjaman atau kredit perusahaan. 
  7. Membuat laporan keuangan, laporan ini harus dibuat dalam tiga bentuk yaitu laporan mingguan, laporan bulanan dan laporan tahunan. 

Bagaimana cara memaksimalkan kerja seorang administrasi keuangan?

Berminat? Jika, ya. Berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar nanti pekerjaanmu menjadi lebih mudah dan maksimal.

  1. Membuat pembukuan yang rapi dan detail

Pembukuan yang rapi dan detail akan membantumu dan pemilik bisnis untuk membuat laporan keuangan serta melakukan pemeriksaan keuangan. Sehingga penting untuk mencatat semua transaksi yang terjadi dalam perusahan secara detail dan rapi.

  1. Melaporkan keuangan dengan tepat waktu

Selain disukai oleh manajer, melaporkan keadaan keuangan perusahaan dengan tepat waktu, misalnya setiap bulan dan setiap tahun akan memberikan kemudahan bagimu untuk memaksimalkan laporan dengan lebih cepat dan efisien. Selain itu, kamu juga bisa mengurangi resiko kesalahan pencatatan atau terjadi selisih yang sulit untuk dideteksi.

  1. Menggunakan sistem akrual dalam melaporkan keuangan

Teknik akrual adalah sebuah teknik pencatatan akuntansi yang melakukan pencatatan ketika transaksi terjadi meskipun belum ada kas yang diterima. Sistem ini akan membantumu untuk mengoptimalkan kinerja perusahaan dan memudahkan manajer untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan. Sistem ini bisa diterapkan pada keuangan apa saja, baik itu pengeluaran, pemasukan, utang, dan juga piutang.

Siapa saja yang bertugas di administrasi keuangan?

  1. Manajer keuangan

Adapun tugas utama dari seorang manajer keuangan adalah melakukan pemeriksaan laporan kas kecil dan menandatangani suatu pengeluaran kas kecil.

  1. Sekretaris keuangan

Seperti sekretaris pada umumnya, pada bagian keuangan pun tugasnya adalah mencatat. Beberapa hal yang harus dicatat oleh sekretaris keuangan adalah jumlah penyetoran uang di bank, mencatat pembayaran pajak perusahaan, dan mencatat dana sumbangan pemilik bisnis serta menyiapkan dana kas kecil secara berkala untuk keperluan rutin perusahaan.

  1. Bendahara

Seorang bendahara keuangan bertugas untuk menyetujui dan menandatangani pengeluaran dana kas kecil, membuat dan mempersiapkan laporan keuangan dan mengisi dana kas kecil yang telah kosong dengan uang tunai atau cek.

Itulah beberapa informasi terkait administrasi keuangan, secara garis besar ia berfungsi sebagai pengelola semua hal yang berkaitan dengan uang pada suatu perusahaan.Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download