8 Cara Merawat Rambut Rusak Dengan Bahan Alami

03 Aug 2021 by Laruan

Rambut rusak sangat mengganggu penampilan. Mulai dari kering, bercabang, sampai mengembang, rambut rusak dapat menurunkan kepercayaan diri.  Pada artikel ini Sobat Pintar akan mengetahui beberapa cara merawat rambut rusak.

Cara Merawat Rambut Rusak Dengan Bahan Alami

Ciri Rambut Rusak

Rambut rusak merupakan istilah umum untuk menggambarkan beragam karakteristik rambut yang tidak sehat. Berikut 10 ciri rambut rusak.

  1. Kering
  2. Tidak elastis dan mudah patah
  3. Bercabang
  4. Kasar
  5. Kusam
  6. Warnanya luntur atau tidak pekat. Rambut hitam luntur menjadi oranye kemerahan.
  7. Mudah kusut
  8. Mengembang
  9. Sulit diatur
  10. Tipis. Rambut seperti menggantung dan garis rambut terlihat besar.

Apakah Sobat Pintar merasa rambut Sobat Pintar memenuhi salah satu atau beberapa ciri rambut rusak di atas? Jika iya tentunya Sobat Pintar ingin mencari cara merawat rambut Sobat Pintar yang rusak. Akan tetapi sebelum masuk ke tips mengurangi kerusakan rambut, pahami terlebih dahulu penyebab rambut rusak. Berikut beberapa hal yang menyebabkan rambut rusak.

Penyebab Rambut Rusak

Kerusakan rambut terjadi saat struktur rambut berubah, sehingga rambut menjadi rapuh dan memicu kerusakan-kerusakan lebih lanjut. Banyak hal yang memicu rambut rusak, di antaranya:

  1. Penggunaan hair dryer, catokan, atau pengeriting rambut

Saat menggunakan alat-alat penata rambut tersebut, Sobat Pintar memberikan panas secara langsung pada rambut. Panas ini terlalu tinggi sehingga membuka kutikula rambut, mengakibatkan kelembaban rambut berkurang. Terlalu sering menggunakan alat-alat ini akan menyebabkan rambut menjadi kering dan terlihat kusam.

  1. Mengecat rambut, terutama bleaching

Bahan-bahan kimia dalam cat rambut mengubah struktur rambut supaya cat dapat bertahan dalam rambut. Saat memutihkan/melakukan bleaching pada rambut, pemutih membuka kutikula untuk mengubah melanin (zat pewarna alami) dalam rambut. Dalam proses ini, bleach menghilangkan serat dan minyak alami rambut sehingga rambut menjadi rapuh dan kering.

  1. Terpapar sinar matahari

Sama seperti kulit, rambut kita juga rusak bila terpapar sinar UV terlalu sering. UVA dan UVB dapat merusak bagian terluar dari rambut yaitu kutikel, mengakibatkan perubahan warna (untuk rambut hitam biasanya memerah), kering, dan bercabang.

  1. Terlalu sering keramas

Shampo berguna untuk menghilangkan minyak dari kulit kepala dan rambut, padahal minyak yang diproduksi secara alami oleh kulit kepala bermanfaat bagi kesehatan rambut. Jadi, terlalu sering keramas menyebabkan rambut Sobat Pintar terlalu kering dan mudah rusak.

Dapat diperhatikan bahwa secara umum, yang menyebabkan rambut rusak adalah kurangnya kelembaban rambut. Maka dari itu, pada dasarnya cara merawat rambut rusak adalah dengan mengembalikan kelembaban rambut. Berikut beberapa hal yang dapat Sobat Pintar lakukan untuk mengembalikan kelembaban rambut.

Cara Merawat Rambut Rusak

  1. Oleskan minyak rambut seminggu sekali

Minyak-minyak alami memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat bagi rambut. Meminyaki rambut secara berkala dapat membantu kulit kepala tetap sehat serta mengembalikan kelembaban rambut yang menurun akibat terlalu sering terpapar panas.

Untuk rambut kering, gunakan minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak jojoba. Jika rambut Sobat Pintar menipis dan kusam, minyak kelapa dan zaitun juga sangat baik, Sobat Pintar juga dapat menggunakan minyak castor. Sedangkan untuk rambut bercabang, lagi-lagi Sobat Pintar dapat menggunakan minyak kelapa dan zaitun, atau minyak almond.

Ambil minyak secukupnya dan pijat secara perlahan pada kulit kepala. Lakukan selama sekitar 15 menit sampai minyak merata. Biarkan minyak selama 30 menit-1 jam lalu keramas. Sobat Pintar juga dapat membiarkan minyak selama Sobat Pintar tidur (letakkan selimut di atas bantal supaya minyak tidak mengotori bantal) dan bilas di pagi hari.

  1. Gunakan masker rambut

Masker rambut memang merupakan produk perawatan rambut yang belum umum digunakan oleh orang-orang. Akan tetapi bila rambut sudah terlanjur rusak, sebaiknya Sobat Pintar mulai mempertimbangkan menambahkan masker rambut dalam rutinitas perawatan rambut Sobat Pintar. Masker rambut sangat berguna dalam mengembalikan kelembaban rambut sehingga membantu memperbaiki helai rambut yang rusak.  

  1. Lindungi dari sinar matahari

Baik dengan topi, headscarf, maupun payung, sebaiknya Sobat Pintar menutupi rambut dari sinar matahari saat sedang bepergian atau beraktivitas di luar ruangan. Jika tidak ingin menutupi kepala, alternatif lain adalah menggunakan produk perawatan rambut yang memberikan perlindungan dari sinar UVA dan UVB. Produk-produk ini biasanya diformulasikan dalam bentuk hair spray atau minyak.

  1. Gunakan sampo yang tepat

Sampo yang tidak tepat merupakan salah satu penyebab paling umum dari rambut rusak. Maka dari itu, salah satu cara merawat rambut rusak yang utama adalah periksa kandungan dalam sampo yang Sobat Pintar gunakan. Lakukan sedikit penelitian dengan internet dan cari tahu apakah ada kandungan dalam sampo Sobat Pintar yang menjadi akar dari kerusakan rambut.

Bahan-bahan yang harus dihindari secara umum antara lain paraben, ammonium lauryl sulfate, natrium klorida, DEA dan TEA, SLES dan SLS, serta alkohol. Bahan-bahan tersebut terlalu keras untuk rambut namun sering ditemukan dalam sampo. Selanjutnya carilah shampo yang diformulasikan spesifik untuk mengatasi masalah rambut yang Sobat Pintar alami.

  1. Potong rambut secara berkala

Walaupun Sobat Pintar ingin memanjangkan rambut, trimming merupakan hal wajib dan tetap harus dilakukan secara berkala. Rambut bercabang sangat mudah terjadi dan pernah dialami semua orang. Jika dibiarkan, yang awalnya rambut hanya bercabang di bagian bawah bisa merambat sampai bagian atas rambut juga bercabang. Dengan melakukan trimming, Sobat Pintar memotong bagian bawah rambut yang bercabang sehingga rambut akan tumbuh lebih baik. Lakukan trimming kurang lebih 3 bulan sekali.

  1. Keramas dengan air dingin

Jika Sobat Pintar biasa keramas dengan air hangat, kemungkinan itu menjadi salah satu alasan rambut Sobat Pintar rusak. Air hangat membuka kutikel, mengurangi kelembaban rambut sehingga rambut menjadi kering. Untuk merawat rambut Sobat Pintar, keramaslah menggunakan air dingin (air suhu normal).

  1. Gunakan air cucian beras untuk keramas

Daripada membuangnya, Sobat Pintar dapat menggunakan air bekas cucian beras untuk merawat rambut Sobat Pintar. Kandungan inositol dalam air beras ditemukan dapat menjadi cara merawat rambut rusak dengan nutrisinya dari dalam. Cara ini terutama membantu merawat rambut yang kering dan kusam karena sering terpapar panas.

Berikut cara menggunakannya. Saat mencuci beras, pertama ambil kotoran-kotoran dari air beras. Kemudian aduk sampai airnya berwarna putih pekat lalu pisahkan air pada cucian pertama, air cucian pertama inilah yang paling pekat dan mengandung paling banyak nutrisi. Campurkan air cucian beras dan air biasa dalam suatu wadah yang cukup besar, perkirakan seberapa banyak air yang Sobat Pintar butuhkan untuk keramas. Gunakan untuk membilas sampo dan kondisioner setelah keramas.

  1. Gaya hidup sehat

Tentunya gaya hidup sehat menjadi kunci bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk untuk rambut. Kurangnya vitamin dapat menimbulkan berbagai masalah rambut mulai dari kering, kusam, dan mudah patah. Nutrisi yang diperlukan supaya rambut sehat antara lain protein dan asam lemak omega-3. Protein mendorong pertumbuhan rambut sementara asam lemak omega-3 membantu rambut dan kulit kepala terhidrasi. Bahan makanan yang mengandung kedua nutrisi ini antara lain ikan serta kacang-kacangan dan biji-bijian.

Olahraga secara teratur memperlancar sirkulasi darah sehingga rambut mendapat lebih banyak nutrisi. Sementara itu, stres dapat memicu rambut rontok. Dengan kata lain, tips mengurangi kerusakan rambut yang paling penting adalah dengan menjaga pola hidup sehat.  Makanan yang sehat, olahraga rutin, dan menghindari stres menjaga kesehatan rambut dan memperbaiki rambut yang rusak.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload