8 Cara Diet DEBM: Diet Enak, Bahagia, Menyenangkan dan 3 Menunya

18 Jun 2021 by kreditpintar
8 Cara Diet DEBM: Diet Enak, Bahagia, Menyenangkan dan 3 Menunya

Dicetuskan oleh Robert Hendrik Liembono, diet DEBM memiliki kepanjangan Diet Enak, Bahagia, dan Menyenangkan. Inti dari diet ini adalah tetap bisa makan enak, hanya saja mengurangi asupan karbohidrat dan gula dalam pilihan makanan serta menambahkan protein dan lemak. Menurut Robert, ia sendiri telah menurunkan berat badannya dari 107 kg menjadi 75 kg dengan bantuan diet tersebut.

Cara Melakukan Diet DEBM

Seperti judulnya yang terdengar menyenangkan, Diet Enak, Bahagia, dan Menyenangkan tidak terlalu ketat. Tidak ada takaran pasti berapa karbohidrat atau lemak yang harus dikonsumsi dalam sehari dan tidak ada menu tetap yang harus dimakan. Berikut adalah poin-poin inti cara menerapkan Diet Enak, Bahagia, dan Menyenangkan.

1. Menghindari Karbohidrat

Inti utama Diet Enak, Bahagia, dan Menyenangkan adalah defisit karbohidrat. Karbohidrat merupakan bahan makanan yang mengandung kalori yang tinggi. Walaupun nasi merupakan makanan pokok di Indonesia dan negara-negara Asia lainnya, sebenarnya nasi lebih cocok dikonsumsi oleh orang-orang yang banyak melakukan kegiatan fisik seperti bertani. Padahal pola hidup manusia zaman sekarang sangat sedentari, lebih banyak diam dan duduk daripada bergerak. Maka dari itu banyaknya kalori dari karbohidrat yang Sobat Pintar konsumsi hanya akan dikonversi menjadi lemak berlebih yang akhirnya akan menempel pada kulit atau organ dalam Sobat Pintar.

Jadi hal pertama yang perlu Sobat Pintar terapkan pada menu makan Sobat Pintar adalah singkirkan semua makanan yang kaya akan karbohidrat. Hal ini berarti tidak ada nasi, roti, kentang, singkong, ubi-ubian, apalagi mie dan makanan bertepung. Ini juga berarti tidak ada cemilan cake, donat, bolu, dan kue kering. Bahkan sayur-sayuran yang kaya akan karbohidrat seperti jagung dan kacang polong juga harus dihindari. Buah yang memiliki karbohidrat tinggi seperti pisang, semangka, dan papaya juga tidak diperbolehkan.

2. Kurangi Gula

Diet Enak, Bahagia, dan Menyenangkan memberikan pantangan mengkonsumsi gula, baik dalam bentuk gula pasir maupun madu, kecap, susu dengan kadar gula yang tinggi, dsb. Sekali-sekali Sobat Pintar bisa menggunakan gula diet tapi dengan takaran yang sedikit saja dan tidak boleh sering-sering.

Terutama Sobat Pintar harus benar-benar mengeliminasi gula tambahan dari pilihan makanan dan cemilan Sobat Pintar. Gula dalam minuman kemasan seperti soda dan kotak jus mengandung kalori yang sangat tinggi dengan hampir sama sekali tidak mengandung nutrisi.

3. Konsumsi Lebih Banyak Protein

Terutama untuk makan siang dan malam, perbanyaklah makanan yang mengandung protein seperti ikan-ikanan, daging sapi, telur, dan ayam. Makanan yang kaya akan protein memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Konsumsi Lebih Banyak Protein

Walau begitu, dalam Diet Enak, Bahagia, dan Menyenangkan protein yang disarankan oleh Robert adalah protein hewani. Di sisi lain, konsumsi protein nabati atau protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti tempe dan kacang dikurangi.

4. Konsumsi Lebih Banyak Lemak

Walau terdengar menggemukkan dan bahkan memiliki Bahasa Inggris ‘fat’, lemak tidak selalu membuat gemuk dan bahkan bisa membantu diet. Terdapat dua jenis lemak: lemak jenuh dan tak jenuh. Lemak tak jenuh mengandung omega-6 dan omega-3 dan merupakan asam lemak esensial yang diperlukan tubuh. Lemak tak jenuh juga menjaga arteri bersih dari plak serta menjaga keseimbangan antara kolesterol baik dan kolesterol jahat.

Ini dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Lemak juga memberikan rasa kenyang yang bertahan lama. Biasanya sistem diet lain memberikan maksimum lemak yang bisa dikonsumsi dalam sehari, akan tetapi dalam DEBM tidak ada batasan spesifik berapa banyak lemak yang boleh dikonsumsi dalam sehari. Salah satu makanan yang mengandung lemak tak jenuh dan baik untuk diet adalah alpukat.

5. Perbanyak Makanan yang Mengandung Serat

Makanan yang mengandung serat yang tinggi mengandung berbagai jenis vitamin. Vitamin sangat diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki sel-sel tubuh, juga membantu mempercepat metabolisme.

Selain itu, sama seperti protein, serat juga membantu memberikan rasa kenyang dalam waktu yang cukup lama. Maka dari itu, gantilah nasi dalam menu Sobat Pintar menjadi sayur-sayuran kaya serat. 

6. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih memiliki banyak kegunaan yang membantu dalam proses diet. Di antaranya air putih mempercepat proses metabolisme dan mengurangi rasa lapar. Dalam Diet Enak, Bahagia, dan Menyenangkan, Robert mengatakan bahwa ada dua waktu spesifik dimana Sobat Pintar harus minum air putih yaitu pada pukul 9 pagi dan 3 sore. Selebihnya Sobat Pintar harus memenuhi kebutuhan air putih harian yaitu 2 liter.

7. Batas Waktu Makan

Seperti diet-diet lain, saat melakukan Diet Enak, Bahagia, dan Menyenangkan Sobat Pintar dianjurkan untuk tidak makan terlalu malam. Hal ini disebabkan pada larut malam Sobat Pintar tidak membutuhkan banyak energi sehingga jika Sobat Pintar makan, energi dari makanan tidak akan terpakai melainkan tersimpan menjadi lemak berlebih.

Untuk Diet Enak, Bahagia, dan Menyenangkan sendiri, batas waktu makan dalam sehari dipatok pada pukul 6 sore.

8. Tidak Ada Rutinitas Olahraga Tetap, Tapi…

Memang Diet Enak, Bahagia, dan Menyenangkan tidak mengharuskan orang yang menerapkannya untuk melakukan olahraga tertentu. Akan tetapi, tentunya olah raga atau melakukan aktivitas fisik akan membantu proses membakar kalori dan mempercepat metabolisme (jika dilakukan secara teratur).

Olahraga yang sangat disarankan adalah berjalan. Sangat sederhana dan tidak membutuhkan alat bantu, berjalan dapat membantu meningkatkan metabolisme dan mempercepat pembakaran kalori berlebih.

Ide pilihan makanan

1. Sarapan Telur Rebus

Robert Hendrik Liembono pernah mengunggah pada akun instagramnya bahwa selama melakukan Diet Enak, Bahagia, dan Menyenangkan, tiap hari ia sarapan dengan telur rebus. Telur memang terkenal kaya akan protein dan lemak. Selain itu tentunya memasaknya dengan cara direbus sehingga tidak menambahkan minyak goreng menjadikannya pilihan makanan yang sehat dan cocok untuk sarapan. Ingat ya, konsumsi tanpa nasi. Kandungan protein dan lemak yang tinggi dalam telur akan membantu Sobat Pintar merasa kenyang sampai waktu makan siang.

Selain itu, jangan berpikir untuk skip sarapan. Mengonsumsi makanan pada pagi hari membantu meng-kickstart proses metabolisme Sobat Pintar. Ini akan membantu mengurangi rasa lapar di siang hari sehingga mencegah over-eating. Sarapan juga memberikan energi untuk menjalani hari.

Pilihan makanan sarapan lain yang bisa Sobat Pintar jadikan alternatif antara lain:

  • Yogurt less sugar
  • Alpukat
  • Sayuran kaya serat

2. Makan Siang dan Makan Malam Tinggi Protein Hewani

Berikut adalah beberapa pilihan makanan yang pernah diunggah Robert pada akun Instagramnya, @resep_inspirasi_debm.

  • Sambal goreng ati ampela
  • Kerang asam manis
  • Sop kaldu sumsum
  • Rendang
  • Opor ayam dan “lontong KW” yang dibuat dengan mengukus 5 butir putih telur
  • Sashimi salmon

3. Cemilan Tinggi Serat

  • Alpukat
  • Keju
  • Kacang-kacangan
  • Greek Yogurt
  • Rumput laut bakar
  • Dried fruit (Buah yang dikeringkan)

Menu-pilihan makanan di atas hanyalah contoh makanan yang bisa dikonsumsi orang-orang yang melaksanakan Diet Enak, Bahagia, dan Menyenangkan. Namun karena namanya saja diet yang enak, bahagia, dan menyenangkan, tentu saja Sobat Pintar memiliki lebih banyak kebebasan untuk memilih pilihan makanan Sobat Pintar. Di situlah inti yang ingin digarisbawahi oleh Robert saat ia mencanangkan istilah diet DEBM.

Yang harus Sobat Pintar lihat adalah inti-inti utama bagaimana melakukan diet ini antara lain: kurangi karbohidrat dan gula serta menambahkan protein hewani dan lemak.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk