7 Tips Cuan Menabung Emas Bagi Investor Pemula!

29 Jul 2021 by Laruan, Last edit: 06 Aug 2021

Tips menabung emas agar makin untung. Dari banyak aset di dunia modern yang bisa diinvestasikan, investasi emas tetap menjadi pilihan pertama di mata investor. Maklum, emas adalah investasi yang cukup mudah dan lebih aman dibanding investasi lain seperti real estate dan uang crypto.

Dalam artikel ini akan dibahas secara singkat 7 cara cuan menabung emas bagi investor pemula! Selain itu, akan dibahas pula mengenai kelebihan dan kekurangan emas sebagai aset. Cermati baik buruknya dulu yuk!

7 Tips Cuan Menabung Emas Bagi Investor Pemula!

 Kelebihan dan Kekurangan Menabung Emas 

Sebelum kita memasuki cara diversifikasi tabungan ke logam mulia, mari kita lihat apa sih kekurangan dan kelebihan emas sebagai aset. 

Keuntungan 

Di bawah ini adalah kelebihan-kelebihan yang Sobat Pintar bisa dapatkan dari berinvestasi emas, yaitu:

1.Kelangkaan 

Untuk melihat Emas sebagai aset, kita patut melihat emas dengan nilai intrinsiknya. Emas adalah sumber daya alam yang bersifat langka karena tidak dapat diperbaharui. Setiap kali tambang emas menambang logam mulia tersebut, maka berkuranglah stok emas di seluruh bumi. Karena itu, emas menjadi lebih langka dan berharga seiring waktu. 

2. Harganya yang stabil 

Karena kelangkaan emas sebagai sumber daya, harga dari barang tambang tersebut cenderung stabil dan terus mendaki ke atas. Faktor ini pula yang menyebabkan orang merasa lebih aman berinvestasi emas dibanding aset lainnya. Harga emas juga tidak terpengaruh oleh inflasi, membuatnya jauh lebih mudah untuk diprediksi dan dibaca oleh investor pemula sekalipun. 

3. Cara aman dan untung mengamankan uang 

Hal yang sudah selalu dilakukan oleh investor-investor pintar adalah untuk menyimpan kekayaan dalam bentuk investasi seperti real estate, portofolio saham, dan banyak hal lainnya. Sobat Pintar juga bisa melakukan hal yang sama dengan emas. 

Bahkan, bisa dibilang emas jauh lebih unggul daripada beberapa aset yang disebutkan sebelumnya karena likuiditas dan keamanannya yang tinggi. 

Investor pemula tidak perlu mempelajari dengan dalam seluk-beluk komoditi emas agar tidak merugi, dibandingkan dengan investasi lain seperti saham. Maka dari itu, diversifikasi tabungan ke logam mulia adalah pilihan yang aman bagi investasi pertama Sobat Pintar. 

4. Andalan untuk jangka panjang

Kalau ada kredit pintar yang bisa menjadi Andalan untuk menjaga stabilnya keuangan jangka pendek, diversifikasi tabungan ke logam mulia dapat membantu Sobat Pintar menjaga keuangan Sobat Pintar dalam jangka panjang. Harga emas yang selalu naik dan stabil sangat cocok bagi Sobat Pintar yang sudah ingin mempersiapkan uang untuk masa depan. 

Kekurangan

Selain kelebihan, ada pula kekurangan emas sebagai aset. Kekurangannya ada 2, yaitu:

1.Perlu penyimpanan ketat 

Jika ada sebuah barang berharga, maka seorang yang memilikinya harus menyimpan barang tersebut sebaik-baiknya agar tidak hilang atau dicuri oleh orang lain. 

Emas pun demikian. Berbeda dengan aset seperti saham yang immateril, pemilik emas harus menjaga emas dengan ketat. Walaupun begitu, pada umumnya penyedia jual beli emas juga menawarkan penjagaan emas milik Sobat Pintar dengan biaya per tahun. 

2.Rawan penipuan 

Karena sifat emas yang sangat aksesibel dan mudah dibeli oleh masyarakat pada umumnya, sering terjadi penipuan mengatas namakan jual-beli emas. Nah, bagaimana menurut Sobat Pintar? Kalau dilihat-lihat, emas memang pilihan yang bagus untuk investor pemula. Selama sang investor menyiapkan dengan baik penjagaan emas yang diri dan mewaspadai penipuan jual-beli emas, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. 

Setelah melihat plus dan minus emas sebagai investasi dan tabungan, cermati tips-tips dibawah ini agar tidak salah ketika membeli atau menjual emas ya! 

Baca juga: Latte Factor, Salah Satu Penyebab Susah Menabung

Tips Menabung Emas 

7 Tips Cuan Menabung Emas Bagi Investor Pemula!

1. Perhatikan modal yang dimiliki

Sama dengan berbagai investasi lainnya, Sobat Pintar harus memperhatikan modal yang bisa Sobat Pintar gunakan untuk berinvestasi. Mulai dengan menyisihkan penghasilan atau gaji Sobat Pintar dengan persenan yang kecil tapi cukup signifikan.

2. Tentukan kapan Sobat Pintar akan membeli emas untuk menabung 

Semua hal pasti ada waktunya, mulai dari ibadah, bayar pajak, hingga meminjam kredit. Begitu pula dengan emas. Membeli dan menjual emas itu ada waktu dan saat yang tepat, yaitu membeli saat harganya rendah dan menjual saat harganya naik. Satu hal yang perlu dipelajari sebagai investor emas ialah membaca pergerakan harga emas dari waktu ke waktu. Idealnya, Sobat Pintar mulai membeli emas setelah melihat perkembangan harga emas dalam jangka waktu satu tahun. Dengan melihat fluktuasi selama satu tahun, Sobat Pintar tahu kapan biasanya emas turun dan naik. Untuk melakukan ini, pakai saja fluktuasi emas tahun kemarin dan sesuaikan dengan tahun ini.  

3. Rajin pangkal kaya 


Seperti menabung pada biasanya, menabung dengan emas juga perlu dilakukan dengan rajin agar mendapat hasil yang maksimal. Walaupun harga emas cukup stabil dan naik seiring waktu berjalan, agar mendapat hasil yang lebih Sobat Pintar harus rajin diversifikasi tabungan ke logam mulia. Misalkan saja Sobat Pintar membeli emas dengan harga satu juta rupiah. Jika Sobat Pintar menabung lima ratus ribu rupiah per bulannya, maka Sobat Pintar akan mendapat cuan yang lebih ketika buyback dibandingkan membiarkan satu juta Sobat Pintar menjadi satu 

juta saja. 

Baca juga: 5 Pekerjaan Yang Akan Bertahan di Masa Depan

Beli Emas dari Tempat Terpercaya  

Agar terhindar dari penipuan dan meningkatkan keamanan emas Sobat Pintar, ada baiknya Sobat Pintar mulai diversifikasi tabungan ke logam mulia dengan beberapa badan atau perusahaan yang terpercaya. Beberapa dari badan atau perusahaan tersebut adalah:

1.Pegadaian 

Disini Sobat Pintar bisa membeli emas dalam bentuk top up mulai dari 0,01 gram dengan harga yang sangat terjangkau. Emas bisa mulai dicetak dan di buyback ketika tabungan mencapai 1 gram. Dengan biaya administrasi yang sangat ringan dan aksesibilitas layanan tabungan emas yang sangat baik, Sobat Pintar bisa memulai tabungan emas di pegadaian. 

2. Emas Batangan ANTAM LM

LM atau Logam Mulia adalah Emas Batangan yang bisa dipercaya, karena mereka telah tersertifikasi oleh London Bullion Market Association (LBMA). Disini Sobat Pintar mulai bisa membeli emas dari 0,5 gram hingga 1000 gram. Jika ingin membeli emas dari butik mereka langsung, Sobat Pintar bisa mengunjungi butik ANTAM di Graha Dipta Pulo Gadung. Sobat Pintar juga bisa membeli emas dari ANTAM secara online lewat situs perusahaan logammulia.com/id. 

3.Tokopedia Emas 

Ada pula tempat jual beli emas di Tokopedia. Fitur utama dari Tokopedia Emas ialah membership dan fitur-fitur yang menarik. Ada tiga jenis membership yang Sobat Pintar bisa ambil. Ketiga jenis membership itu adalah gold club, gold prime, dan gold prestige sebagai membership dengan paling banyak fitur dan manfaat. 

Ada pula fitur seperti misi emas, dimana Sobat Pintar dapat meraih hadiah ketika Sobat Pintar sudah diversifikasi tabungan ke logam mulia sesuai dengan target yang diberikan. 

4. Bukalapak Emas 

Jika Sobat Pintar ingin memulai diversifikasi tabungan ke logam mulia dengan harga yang sangat terjangkau, maka Bukalapak Emas bisa dicoba. Di sini Sobat Pintar bisa mulai membeli dan menjual emas dari 0,0001 gram. Hasil jual emas nanti akan dimasukkan ke BukaDompet. 

Mudah, kan? Menabung emas adalah pilihan investasi  yang tepat bagi investor pemula. Kali ini kita sudah membahas tentang kenapa emas sangat laku sebagai investasi, keuntungan dan kerugiannya, serta tempat jual dan beli emas dimana Sobat Pintar bisa memulai. 

Ayo, Mulai tabung emas Sobat Pintar sekarang untuk menjaga keuangan di masa depan! 

06 Aug 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download