7 Jenis-jenis Masker Untuk Mencegah Covid 19

27 Aug 2021 by Laruan

Sebagaimana telah diketahui, saat ini virus corona atau covid 19 dari awal kemunculannya masih menjadi permasalahan cukup pelik di Indonesia. Sudah banyak langkah penanggulangan penyakit ini yang diupayakan oleh negara. Salah satunya adalah menerapkan protokol kesehatan yaitu menggunakan masker. Ada jenis-jenis masker yang cukup ampuh dijadikan alternatif.

7 Jenis-jenis Masker Untuk Mencegah Covid 19

Bahkan, satgas covid 19 menganjurkan pemakaian masker tidak hanya satu lapis saja, tapi 2. Masyarakat direkomendasikan melapisi masker medis dengan masker kain untuk menambah efektivitasnya. Dengan begitu, masker lebih mampu menyaring kuman, virus, atau partikel kecil pemicu penyakit..

Sejalan dengan fakta tersebut, Kementerian Kesehatan pun menganjurkan pemakaian masker dengan benar. Masker yang dipakai harus bisa menutupi hidung dan mulut. Pemakaian masker ini dianggap cukup ampuh untuk mengurangi seseorang terpapar virus corona dari percikan droplet atau melalui udara.

Penggunaan masker sebetulnya juga sangat perlu diutamakan selain vaksin. Lagipula, cukup banyak jenis-jenis masker yang bisa dipilih untuk menghalau virus covid 19 masuk pada tubuh. Pastinya setiap jenis masker memiliki efektivitas perlindungan berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan pembahasan berikut ini

1. Masker Buff

Sobat Pintar tentu cukup mudah menemukan jenis masker buff ini dipasaran. Benar, masker buff ini biasa dijual di pinggir jalan. Pengendara motor adalah pengguna utama masker buff . Harganya yang relatif murah, yaitu sekitar 10 ribu rupiah saja per unitnya, membuat jenis masker ini cukup diminati.

Sobat Pintar sebenarnya boleh menggunakannya sebagai langkah pencegahan penularan virus corona. Hanya saja, Sobat Pintar juga harus tahu jika masker buff punya efektivitas perlindungan kecil. Sayangnya, jenis masker ini cukup ampuh hanya untuk penyaring debu dengan ukuran partikel besar. Sementara untuk polutan kecil biasanya tidak bisa tersaring dengan baik.

Tentu dari penjelasan tersebut, Sobat Pintar paham jika memakai jenis masker ini tidak akan bisa memberikan perlindungan terbaik bagi Sobat Pintar. Masker buff pun sebenarnya bisa dicuci dan dipergunakan ulang. Namun, ketika Sobat Pintar tidak mencucinya dengan benar, sama saja mengundang bakteri datang lebih banyak dan justru membahayakan.

Jangan lewatkan: 6+ Cara Mendapatkan Dana Bantuan Pemerintah 2021 

2. Masker Kain

Sedikit mirip dengan masker buff, kali ini adalah jenis masker kain. Banyak juga orang yang memanfaatkannya untuk menghalau masuknya virus covid ke dalam tubuh. Pada umumnya, masker kain dipakai oleh para pejalan kaki, penumpang kendaraan umum, dan lainnya. Desain masker kain sebetulnya juga cukup sederhana, mirip seperti masker medis.

Beberapa masker kain pun didesain unik, demi menambah nilai estetika saja. Namun, pada dasarnya masker kain dengan desain apa saja tetap punya efektivitas yang sama. Kalau dipakai untuk tujuan perlindungan dari virus, masker kain punya kemampuan menyaring partikel besar hanya 30% hingga 40%. Masker kain juga sudah pasti dapat dicuci dan dipakai ulang.

3. Masker Medis

7 Jenis-jenis Masker Untuk Mencegah Covid 19

Salah satu dari sekian jenis-jenis masker yang lain dan cukup ampuh mencegah dari penularan virus covid adalah masker medis. Seperti namanya, masker medis tentu biasa dipakai oleh para tenaga kesehatan untuk merawat pasien. Jenis masker medis punya peran yang sedikit berbeda dengan masker buff atau masker kain.

Kalau hanya untuk menghalau partikel polusi atau penyaring udara sepertinya masker buff sudah cukup efektif. Sedangkan masker medis lebih berfokus untuk menghambat penyebaran infeksi. Banyak juga pendapatan menyimpulkan jika masker ini terbukti kurang ketika dipakai untuk menangkal polusi.

Masker medis juga dianggap tidak cukup mampu melindungi pemakainya dari paparan bahan kimia, uap, maupun gas. Walaupun begitu, saat ini masker medis tetap menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk melindungi diri dari resiko tertular penyakit covid 19. Paling penting adalah cara penggunaan masker ini harus tepat, yaitu menutupi area mulut dan hidung.

4. Masker Elektrik

Biasanya, alasan orang tidak nyaman menggunakan masker adalah rasa gerah pada area mulut. Apabila itu yang Sobat Pintar alami, coba pilih gunakan masker elektrik saja. Masker ini butuh tenaga baterai sehingga bisa menjadi sumber energi penggerak filter kipas untuk sirkulasi udara. Masker ini cukup ampuh menghalau debu.

Kekurangan jenis masker ini adalah bagian filter yang harus selalu diganti. Harga filternya juga tidak murah, sampai ratusan ribu. Apalagi, pengguna harus memastikan masker selalu terisi daya. Sebab, apabila baterainya belum terisi, otomatis kipas tidak bisa menyala dan masker pun tidak bisa dipakai.

5. Masker R95, R99, Dan R100

Sobat Pintar mungkin penasaran, sebenarnya apa arti kode R pada jenis masker tersebut? Jadi, kode R tentu saja punya arti tersendiri yaitu “resistant oil”. Oleh sebab itu, masker jenis ini banyak digunakan di area dengan tingkat polutan aerosol minyak tinggi. Misalnya di daerah pembakaran batu bara, gas alam, atau minyak bumi.

Setelah kode huruf R, jenis masker ini akan diikuti angka yang menunjukkan efektivitasnya dalam menangkal polutan. Misalnya masker R95 bisa menangkal aerosol hingga 95%, R99 artinya punya efektivitas 99%, serta R100 dapat melindungi pemakainya dari polutan sampai 99,97%.

Ketiga jenis masker tersebut punya durasi pemakaian yang cukup singkat yaitu hanya sekitar 8 jam saja, Lewat dari itu pengguna harus segera menggantinya dengan yang baru. Masker ini juga bisa dipakai alternatif untuk mencegah penyakit covid 19, meskipun cukup sulit menemukannya di pasaran.

6. Masker P95, P99, Dan P100

Sama dengan masker sebelumnya, kode P pada masker ini punya arti khusus yaitu oil proof. Oleh sebab itu, pengguna bisa memanfaatkan masker jenis ini untuk menghalau polutan dengan kandungan minyak mendominasi. Hanya saja, masker ini ternyata diketahui juga cukup ampuh menghalau polutan berupa partikel kecil.

Sobat Pintar juga bisa memanfaatkan jenis masker ini untuk melindungi diri dari penularan virus covid 19. Baik masker P95, P99, maupun P100 tentu punya durasi efektivitas sendiri. Pengguna hanya boleh menggunakan masker ini tidak lebih dari 40 jam. Lewat dari itu, pengguna harus segera menggantinya dengan yang baru.

7. Masker N95, N99, Dan N100

Masker N95 mungkin berada dalam urutan paling dicari dari jenis-jenis masker penghalau corona lainnya. Hal tersebut disebabkan karena kemunculan jurnal dari National Center For Biotechnology Information, U.S yang menyatakan masker tersebut punya efektivitas tinggi dalam mencegah penularan virus.

Masker N95 diketahui dapat mencegah masuknya partikel besar, kecil, bahkan halus ke tubuh dengan tingkat efektivitas sebesar 95%. Namun, penggunanya perlu memasang masker ini dengan tepat yaitu bagian mulut dan hidung harus tertutup sempurna. Selain itu, penggunaan masker ini juga dianjurkan hanya 8 jam saja. Jika lewat atau rusak, harus diganti dengan yang baru.

Itu dia tadi informasi tentang macam-macam masker yang bisa dijadikan alternatif demi mencegah penularan virus covid 19. Jangan pernah anggap remeh penyakit tersebut. Usahakan untuk menyiapkan dana lebih untuk pencegahan. Sobat Pintar bisa mengandalkan kredit pintar jika ingin mendapatkan suntikan dana segar yang cepat dan mudah. 

Jangan lewatkan: 3 Cara Dapat Uang 500rb Sehari: Direkomendasikan Oleh Kredit Pintar

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload