7 Cara Menulis Deskripsi Produk Agar Laris Manis

26 Jul 2021 by Laruan

Pemahaman tentang cara menulis deskripsi produk menjadi salah satu kunci sukses dalam berbisnis online. Tidak seperti jual beli offline dimana ada komunikasi tatap muka, dalam bisnis online pedagang dituntut untuk bisa menarik pembeli hanya dengan bermodalkan susunan kata dan foto produk. 

Oleh karena itu, cara Sobat Pintar mendeskripsikan produk sangat menentukan minat orang untuk membeli. Deskripsi produk bukan hanya berfungsi untuk menjelaskan spesifikasi barang, tetapi juga untuk meyakinkan konsumen untuk membeli. Jadi, bagaimana menulis deskripsi produk yang baik?

cara menulis deskripsi produk
  1. Kenali Target Konsumen

Seperti bisnis pada umumnya, segala sesuatu mengenai produk Sobat Pintar harus berangkat dari konsumen. Maka dari itu, kenali dulu siapa target market Sobat Pintar, mulai dari rentang usia, gaya bahasa, hingga selera humor mereka.

Beragam data ini dibutuhkan agar Sobat Pintar bisa menulis style deskripsi produk yang tepat. Menjual jasa sharing platform streaming dan menjual pupuk tentu menggunakan gaya bahasa yang berbeda.

  1. Pelajari Kata Kunci SEO

Menerapkan kata kunci SEO (Search Engine Optimization) merupakan salah satu rahasia cara menulis deskripsi produk yang jitu. Kombinasikan deskripsi produk Sobat Pintar dengan keyword yang banyak dicari di internet. Tujuannya adalah agar saat seseorang mengetik keyword tersebut di Google, laman produk Sobat Pintar akan muncul di kolom pencarian.

Sobat Pintar bisa mengecek kata kunci di platform keyword research gratis, seperti Ubersuggest, Google Search Console, dan Google Keyword Planner.

  1. Gunakan Bahasa Sehari-hari

Kami paham bahwa Sobat Pintar ingin menuliskan deskripsi produk yang berbeda dengan kompetitor. Namun, tetaplah gunakan bahasa sehari-hari agar deskripsi produk mudah dipahami oleh konsumen. Ingat, tidak semua pembeli punya banyak waktu. Jangan sampai mereka bingung membaca narasi produk Sobat Pintar dan justru pindah ke lapak lain.

Ingin tahu apakah deskripsi produk Sobat Pintar sudah nyaman dibaca? Cobalah baca tulisan Sobat Pintar dengan keras.

  1. Kosakata Kreatif

Meski menggunakan bahasa sehari-hari, tetap pastikan deskripsi produk Sobat Pintar memiliki kosakata kreatif yang menggelitik pembaca. Jika dibutuhkan, jangan ragu untuk mencampur kosakata Bahasa Inggris dan Indonesia. Tidak perlu terlalu saklek menerapkan kata baku ala KBBI, hal itu justru membuat deskripsi produk Sobat Pintar terdengar kaku dan membosankan.

  1. Gunakan Bullet Points atau Numbering

Saat melakukan skimming, otak manusia terprogram untuk membaca secara vertikal. Sebaiknya hindari penggunaan paragraf dan kalimat panjang yang tampak membosankan. Jelaskan keunggulan produk Sobat Pintar secara singkat dan padat. 

Oleh karena itu, gunakan bullet points atau numbering agar deskripsi produk mudah dipahami. Pakai font yang lebih besar dan tebal untuk judul. Penerapan cara menulis deskripsi produk ini terbukti cukup berhasil menjaring pembeli.

  1. Fokus pada Manfaat Produk

Satu hal keliru yang kerap dilakukan oleh penjual adalah terlalu berbusa-busa dalam menjelaskan fitur produk. Padahal, konsumen tidak terlalu peduli mengenai fitur. Mereka lebih ingin tahu mengenai manfaat apa yang bisa didapat.

Misalnya, saat menjual sepatu olahraga, tulislah bahwa sol sepatu empuk sehingga melindungi kaki penggunanya dari cedera. Jangan menulis keterangan seperti bahan sol sepatu diimpor dari Eropa dan semacamnya.

  1. Pasang Foto Menarik

Penggunaan foto yang representatif dapat meningkatkan penjualan Sobat Pintar berkali-kali lipat. Bahkan orang akan lebih tertarik membeli di lapak yang menyajikan foto menarik, meski deskripsi produknya biasa saja. Ambil foto produk dengan rapi dan estetik. Jika perlu, tambahkan ciri khas foto lapak Sobat Pintar, misalnya dengan menaruh pot bunga sebagai background foto.

Jadi, itulah 7 cara menulis deskripsi produk agar penjualan online Sobat Pintar sukses. Deskripsi produk merupakan ujung tombak utama untuk meyakinkan orang-orang agar mau bertransaksi di toko Sobat Pintar. Tulislah deskripsi produk yang jujur, jangan dilebih-lebihkan.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload