6 Tips Memilih Partner Bisnis, Jangan Abaikan!

12 Aug 2021 by Laruan

Memilih partner bisnis tentunya tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Hal ini sangat penting karena berkaitan dengan proses menjalin kerjasama agar usaha yang dijalankan berjalan dengan lancar mencapai target tujuannya.

Dalam kenyataannya memang tidak semua pebisnis memiliki partner, banyak juga yang menjalankan segala aktivitas secara mandiri. Mulai dari riset, pengadaan modal, penyusunan strategi, hingga melakukan proses realisasinya. Ada orang yang lebih suka bekerja sendiri karena memiliki sikap idealisme. 

Biasanya hal ini terjadi pada mereka yang memiliki dukungan modal dan pengetahuan mumpuni sehingga lebih memilih idealis. Lalu bagaimana bagi yang ingin memulai bisnis dari nol tanpa dasar pengalaman sama sekali? Mencari partner adalah kuncinya!

Selain mentor, partner akan mendorong usaha Sobat Pintar menjadi lebih maju. Saat memiliki partner, Sobat Pintar memiliki second opinion terhadap segala keputusan yang perlu diambil selama menjalankan operasional bisnis.

Tips Memilih Partner Bisnis

Alasan Kenapa Memilih Partner Bisnis Penting Bagi Usaha Sobat Pintar

Memilih partner bisnis yang pas akan sangat berpengaruh terhadap kemajuan usaha. Meski Sobat Pintar memiliki segala potensi untuk menjalankan bisnis sendiri, namun pertimbangkan kembali untuk memiliki partner karena ada banyak keuntungan yang bisa Sobat Pintar dapatkan.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan jika Sobat Pintar memilih kawan untuk berbisnis yang tepat:

1. Tidak merasa berjuang sendiri

Memulai bisnis jenis apapun tidaklah mudah. Ada banyak hal yang harus dikelola dengan benar agar berhasil sesuai target. Dengan memiliki partner, Sobat Pintar tidak akan merasa sendirian. Bekerja dengan rekan yang tepat membuat Sobat Pintar bisa lebih bersemangat. Maka penting memilih kawan untuk berbisnis supaya membawa energi positif kepada Sobat Pintar. Hasilnya akan lebih maksimal karena bisnis dijalankan dengan senang hati.

2. Lebih cepat menambah klien

Dengan kerjasama yang positif, Sobat Pintar akan memiliki lebih banyak klien. Jika hanya mengandalkan koneksi yang Sobat Pintar miliki mungkin lingkupnya masih terbatas, karena tipe pergaulannya cenderung sama.

Namun jika memiliki partner, maka koneksi akan bertambah banyak.  Kerabat, kenalan, teman, dan semua orang yang terhubung dengan partner Sobat Pintar bisa menjadi prospek yang sangat menjanjikan. Hal ini dapat membuat Sobat Pintar menjadi lebih mudah memperkenalkan bisnis kepada calon pelanggan. 

3. Saling melengkapi kekurangan

Tidak pernah ada manusia yang sempurna bahkan dalam bidang bisnis sekalipun. Mungkin Sobat Pintar menonjol dalam satu bidang, namun bisa saja lemah dalam bidang lain. Partner Sobat Pintar akan melengkapi kekurangan tersebut dengan memberikan masukan-masukan yang positif. Sebaliknya, Sobat Pintar bisa mengoreksi kekurangan partner, kemudian mengambil hal-hal positif yang sifatnya membangun. 

Ini akan semakin memperkaya kualitas usaha rintisan Sobat Pintar bersama sang partner. Sehingga bisnis menjadi semakin bertambah kuat kedepannya, meski bisa saja akan dihadapkan dengan berbagai situasi yang tidak mendukung.

4. Lebih banyak ide

Semakin banyak kepala semakin banyak ide yang dicurahkan. Sehebat apapun pengetahuan Sobat Pintar, akan ada saatnya ide tersebut berhenti begitu saja dan tidak tahu harus melakukan apa lagi. Akhirnya hanya melakukan strategi yang sama setiap waktu dan tidak ada kemajuan yang signifikan ke depannya.

Padahal untuk membuat bisnis tetap bertahan di tengah-tengah sengitnya persaingan, maka sebuah bisnis harus terus berkembang mengikuti tren zaman agar bisa tetap eksis di depan banyak kompetitor yang lain.

Maka dari itu, pilih partner bisnis yang membantu Sobat Pintar dalam menemukan ide-ide baru inovatif supaya hasilnya bisa lebih memuaskan.

Tips Memilih Partner Bisnis

Tips Memilih Partner Bisnis yang Tepat

Memilih kawan untuk berbisnis bisa disesuaikan dengan kondisi Sobat Pintar saat ini contohnya seperti dimana Sobat Pintar bergaul dan beraktifitas, keduanya bisa menjadi referensi yang terbaik untuk menentukan partner bisnis. 

Selain itu, Sobat Pintar perlu memperhatikan beberapa tips di bawah ini supaya benar-benar menemukan rekan yang positif demi kemajuan bisnis:

1. Pilih orang yang memiliki jiwa kewirausahaan

Namanya juga menjalankan usaha atau berbisnis, maka Sobat Pintar harus memilih orang yang memiliki passion serupa. Sobat Pintar akan lebih mudah mengkoordinasikan dan menyampaikan ide jika orang yang Sobat Pintar ajak bicara se-frekuensi dengan passion Sobat Pintar.

Pengetahuan, mungkin juga background pendidikan partner, bisa jadi modal utama untuk memilihnya.  Jadi Sobat Pintar tidak meraba-raba lagi ketika mengeksekusi strategi bisnis karena Sobat Pintar sudah memiliki dasar yang bisa dijadikan sebagai pedoman dalam berbisnis.

2. Cari orang yang berpengalaman

Pilih orang yang berpengalaman mengelola sebuah bisnis. Contoh jika Sobat Pintar ingin menjual masker, cobalah mendekati supplier atau distributor besar. Meski skala bisnisnya berbeda, namun akan banyak pengalaman yang bisa didapatkan.

Lebih mudah menentukan jalan keluar ketika terjadi suatu kendala bila bekerjasama dengan mereka karena partner Sobat Pintar pastinya pernah mengalami kesulitan-kesulitan dalam menjalankan bisnis hingga menjadi besar seperti sekarang ini.

3. Memilih kawan untuk berbisnis yang memiliki finansial stabil

Bukan berarti matre, namun demi kemajuan bisnis rintisan Sobat Pintar, maka penting untuk memilih orang dengan finansial yang mapan. Dengan kata lain pengusaha yang sudah lebih dulu sukses dengan aset besar adalah rekan paling tepat dijadikan sebagai partner bisnis.

Tidak dipungkiri menjalankan bisnis, uang adalah hal yang paling sensitif. Jika terjadi suatu resiko kerugian, Sobat Pintar bisa langsung meminta bantuan partner bisnis sehingga tidak perlu mencari pinjaman dengan jaminan dan bunga yang besar.

Jangan Lewatkan: 3 Cara Dapat Uang 500rb Sehari: Direkomendasikan Oleh Kredit Pintar

4. Utamakan rasa tanggung jawab

Penting bagi seorang pebisnis untuk memiliki rasa tanggung jawab. Minimal, apa yang menjadi keputusannya harus bisa dipertanggungjawabkan. Ketika memutuskan bergabung dalam bisnis Sobat Pintar, orang tersebut harus sepakat untuk menyelesaikan kontrak hingga akhir.

Bagaimana mengetahui seseorang bertanggung jawab atau tidak? Semuanya itu bisa dilihat dari cara mereka berbicara. 

Realistis, tidak mengada-ada, dan jujur dalam segala hal adalah 3 hal yang patut diperhitungkan. Bila perlu, Sobat Pintar bisa membuat perjanjian secara tertulis dengannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Memilih kawan untuk berbisnis yang dekat secara emosional

Banyak bisnis dijalankan secara kekeluargaan. Artinya orang-orang yang menjalankannya masih memiliki hubungan kekerabatan. Bukan berarti membangun dinasti bisnis, namun alasan ini paling aman sebab sudah mengenal karakter satu sama lain.

Bisnis yang dijalankan dalam suatu lingkup keluarga besar lebih mudah tumbuh yang dilandasi rasa saling percaya sehingga satu sama lain saling mengerti, tidak akan ada keinginan untuk menipu dan sebagainya.

6. Pilih orang yang profesional

Penting juga memilih partner bisnis yang profesional, dalam artian tidak mencampuradukkan permasalahan pribadi dengan bisnis. Sebab pergaulan dalam konteks apapun pasti akan ada saatnya terjadi benturan kepentingan.

Orang yang profesional bisa fokus pada bisnis ketika dalam situasi pekerjaan dan mengesampingkan urusan pribadi dan memilih untuk menciptakan kenyamanan bersama. Orang seperti ini lebih langgeng untuk diajak bekerja sama dalam membangun sebuah bisnis bersama.

Melihat hal di atas, maka dapat disimpulkan bahwa memilih partner bagi keutuhan proses bisnis yang sedang dijalani adalah hal yang sangat penting sekali. Namun sebaiknya jangan lupa bahwa untuk menemukan orang yang berkualitas, terlebih dahulu Sobat Pintar perlu memperbaiki kualitas diri. 

Selebihnya tips ini akan membantu Sobat Pintar menjadi lebih mudah menemukan partner bisnis yang tepat sesuai kebutuhan.

Butuh Pinjaman Modal untuk Bisnis Sobat Pintar? Kredit Pintar Solusinya!

Setelah Sobat Pintar menemukan partner bisnis yang cocok, saatnya Sobat Pintar mempertimbangkan besaran modal yang ingin Sobat Pintar keluarkan. Jika ternyata masih tidak cukup, Sobat Pintar bisa melakukan pinjaman online melalui aplikasi Kredit Pintar. 

Kredit Pintar adalah perusahaan fintech yang bekerja sama dengan bank besar di Indonesia untuk memberikan pinjaman uang bagi siapapun yang membutuhkan. Proses pengajuannya mudah, 5 menit saja uang akan cair! Bukan hanya itu saja, tingkat bunga pinjaman juga rendah sehingga tidak akan memberatkan Sobat Pintar. 

Segera download aplikasi Kredit Pintar dan dapatkan dana pinjaman sebagai modal usaha Sobat Pintar dan partner bisnis Sobat Pintar.

Jangan lewatkan: 6+ Cara Mendapatkan Dana Bantuan Pemerintah 2021

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
10 Aug 2021
mobile-closeKredit PintarDownload