6 Tipe Konsumen serta Cara Melayaninya

14 Jul 2021 by Laruan

Sebagai seorang pelaku bisnis, sudah seharusnya Sobat Pintar memberikan perhatian khusus kepada para pelanggan.

Pelayanan yang maksimal sangatlah diperlukan, namun belum tentu hal tersebut dapat memberikan penjualan yang bagus. Ada berbagai macam atau tipe karakter konsumen yang bisa Sobat Pintar temui.

6 Tipe Konsumen serta Bagaimana Cara Melayaninya

Lantas bagaimana cara untuk mengenali konsumen sehingga Sobat Pintar bisa memberikan pelayanan yang tepat dan optimal?

Sebelum Sobat Pintar memperkenalkan produk kepada calon konsumen, tentu Sobat Pintar akan melakukan pendekatan terlebih dahulu. 

Sobat Pintar dapat menentukan tipe konsumen yang sedang Sobat Pintar hadapi serta menilai Apakah calon konsumen tersebut masuk dalam kategori yang prospek atau bukan. 

Tipe Tipe Konsumen Yang Sering Ditemui

Berikut ini adalah ulasan mengenai jenis pembeli serta bagaimana cara melayaninya agar Sobat Pintar lebih mudah dalam memberikan pelayanan nantinya.

  1. Tipe Konsumen Pendiam

Untuk tipe pelanggan yang satu ini umumnya tidak banyak bicara. Jika tidak diajak ngobrol terlebih dahulu oleh lawan bicara, maka mereka akan cenderung diam.

Konsumen dengan tipe yang satu ini umumnya memiliki jaringan pertemanan yang cukup terbatas karena memang mereka jarang sekali bergaul. 

Namun ketika mereka mempunyai teman, maka mereka akan sangat dekat sehingga tiap ucapan dari tipe orang yang satu ini akan selalu dipercaya sehingga referensi dari si pendiam ini bisa sangat diandalkan.

  1. Tipe Konsumen Cerewet

Konsumen berikut ini adalah mereka yang sangat aktif bicara. Bahkan tak jarang konsumen yang cerewet ini mudah kenal dan dekat dengan Sobat Pintar.

Mereka sangat nyaman untuk diajak komunikasi dengan gaya yang akrab dan juga santai. Terkadang memang beberapa perkataan cenderung berlebihan, namun memang seperti itulah tipe pelanggan yang aktif atau cerewet.

  1. Tipe Konsumen Arogan

Konsumen yang arogan merupakan salah satu tipe yang cukup sulit dalam menerima masukan dari orang lain dan mereka cenderung menganggap pendapat sendiri yang selalu benar.

Jika Sobat Pintar tidak bisa mengenali karakter ini, maka jangan menyalahkan diri Sobat Pintar ketika presentasi terhadap konsumen tersebut selalu gagal. 

Konsumen arogan ini merasa banyak tahu dalam segala hal, termasuk pada produk Sobat Pintar sekalipun. Dalam menghadapi konsumen tipikal ini Sobat Pintar perlu bersabar dan jangan mudah tersinggung.

  1. Jenis Pembeli Sombong

Terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara konsumen yang arogan dan sombong.

Konsumen yang sombong di sini mereka yang selalu bangga terhadap dirinya, suka banyak bicara serta seringkali memamerkan apa yang dimiliki serta apa saja kemampuannya. 

Semua ucapan mereka juga belum tentu benar. Bagi Sobat Pintar yang merupakan seorang penjual, tipe yang seperti ini merupakan pelanggan yang sangat mudah untuk dipengaruhi.

  1. Jenis Pembeli Hemat

Konsumen yang hemat adalah mereka yang cenderung memperhitungkan untung rugi serta manfaat secara mendetail terhadap apa yang akan dibelinya.

Konsumen ini memang selalu memberitahukan tentang seberapa besar manfaat yang nantinya akan mereka dapat ketika membeli produk Sobat Pintar.

Mungkin Sobat Pintar akan merasa bahwa konsumen ini terlalu berlebihan. Hal ini terjadi karena mereka ingin tahu secara mendetail mengenai produk yang Sobat Pintar jual 

  1. Jenis Pembeli Pembanding

Yang terakhir adalah konsumen yang suka membanding-bandingkan produk. Biasanya mereka adalah orang-orang yang sangat paham terhadap produk yang Sobat Pintar tawarkan.

Konsumen seperti ini ini justru lebih menguasai mengenai produk Sobat Pintar dan juga produk kompetitor. Untuk itulah di sini Sobat Pintar perlu menguasai benar produk yang sedang Sobat Pintar tawarkan serta produk pesaing dalam menghadapi konsumen tipikal yang satu ini.

Jenis pembeli pembanding akan selalu membandingkan produk Sobat Pintar dengan produk para kompetitor. 

Tentunya setiap penjual akan selalu mengunggulkan kualitas dari produk miliknya sendiri. Jika Sobat Pintar tidak menguasai produk, maka mungkin saja Sobat Pintar akan terdiam saat sedang berhadapan dengan konsumen yang hobi dalam membandingkan produk.

Bagaimana Cara Melayani Jenis Pembeli yang Berbeda?

Untuk menghadapi jenis pembeli yang berbeda, Sobat Pintar perlu memiliki strategi khusus untuk melayani mereka. Apa saja?

  1. Cara Melayani Konsumen Pendiam

Untuk melayani konsumen yang pendiam, Sobat Pintar perlu menyiapkan mental untuk lebih aktif dalam berbicara daripada mendengar. 

Mulailah pembicaraan menggunakan hal-hal yang dirasa ringan serta tidak perlu membicarakan sesuatu yang terlalu berat.

Sobat Pintar bisa memulai membicarakan keluarga, hobi dan lain sebagainya sebelum langsung menyentuh pembahasan tentang produk yang Sobat Pintar jual. 

  1. Cara Melayani Konsumen Cerewet

Terdapat beberapa poin yang perlu Sobat Pintar perhatikan dalam berkomunikasi dengan tipe pelanggan yang satu ini. Sobat Pintar perlu menjadi seorang pendengar serta biarkan konsumen Sobat Pintar tersebut berbicara.

Ikuti setiap alur yang mereka bawa sampai pada tahap tertentu, kemudian Sobat Pintar bisa mengalihkan topik pembicaraan sesuai dengan keinginan Sobat Pintar. 

  1. Cara Melayani Konsumen Arogan

Sobat Pintar perlu memberikan konsumen ini kesempatan untuk memahami produk yang tengah Sobat Pintar tawarkan. Sobat Pintar dapat memberikan informasi seputar produk melalui brosur ataupun dengan Sobat Pintar menjelaskannya sendiri. 

Yang perlu tanda tahu adalah jenis pembeli yang seperti ini sangat senang ketika mereka dipuji.

Oleh karena itu sempatkanlah untuk memberikan pujian yang halus pada mereka. Sampaikan pujian tersebut dengan sopan serta proposional agar tidak terkesan berlebihan.

  1. Cara Melayani Konsumen Sombong

Untuk melayani jenis pembeli yang sombong Sobat Pintar perlu melakukan beberapa hal sebagai berikut, yaitu membiarkan mereka berbicara sesuka hati. 

Berikan kesan seolah-olah Sobat Pintar menyetujui tentang pendapat mereka serta berikan juga mereka pujian.

jenis pembeli sombong memang sangat senang sekali saat mereka dipuji, oleh karena itulah berikan pujian agar mereka semakin bangga.

Contohnya seperti saat Sobat Pintar melihat konsumen tersebut memiliki barang yang bagus, maka Sobat Pintar bisa memuji tentang kualitas barang tersebut.

Sobat Pintar bisa merayu konsumen untuk memakai produk Sobat Pintar berdasarkan pembicaraan yang telah mereka bawa sendiri.

  1. Cara Melayani Konsumen Hemat

Berikutnya yaitu cara melayani konsumen hemat. Tips untuk menghadapi konsumen yang satu ini yaitu Sobat Pintar perlu menyiapkan data mengenai produk yang Sobat Pintar tawarkan secara lengkap.

Informasikan mengenai Apa saja manfaat serta fungsi yang dimiliki oleh produk tersebut pada konsumen. 

Jangan sampai Sobat Pintar mengabaikan perhitungan produk tersebut, bahkan untuk perhitungan yang paling sepele.

Berikan semua informasi lengkap mengenai produk baik itu manfaat yang dirasa biasa sekalipun. Karena hal itu bisa semakin meningkatkan minat dari jenis pembeli ini terhadap produk Sobat Pintar.

  1. Cara Melayani Konsumen Pembanding

Untuk melayani tipikal konsumen yang satu ini Sobat Pintar perlu menguasai betul produk dengan semaksimal mungkin.

Pastikan bahwa presentasi yang Sobat Pintar berikan nantinya bisa meyakinkan bagi tipe pembanding ini. Jangan lupa pula untuk mempelajari produk dari kompetitor.

Usahakan Sobat Pintar tidak terjebak dalam upaya membanding-bandingkan produk yang dilakukan oleh calon konsumen tersebut.

Itulah beberapa jenis pembeli yang biasa dihadapi oleh penjual dan juga cara melayani calon pelanggan yang tertarik untuk membeli produk Sobat Pintar. 

Coba Sobat Pintar praktikkan, mudah-mudahan calon konsumen senang dengan pelayanan yang Sobat Pintar berikan. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk