6 Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan untuk Masa Depan

05 Aug 2021 by Laruan

Salah satu pilihan kegiatan olahraga yang menyenangkan dan mudah dilakukan adalah bersepeda. Aktivitas ini, selain mengasyikkan, juga memberikan manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Manfaat bersepeda ini tentu dapat dirasakan oleh siapa saja yang melakukannya secara rutin.

6 Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan untuk Masa depan

Olahraga yang satu ini dapat dikatakan juga sebagai aktivitas fisik yang cukup ringan, mengingat kegiatan ini tidak terlalu membebani otot atau persendian. Sehingga bisa dilakukan oleh setiap orang tanpa memandang usia. Manfaat bersepeda bisa didapatkan ketika dilakukan secara teratur. 

Berikut adalah beberapa manfaat bersepeda yang penting bagi kesehatan erlebih untuk masa depan.

  1. Kebiasaan bersepeda bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Aktivitas bersepeda erat hubungannya dengan fungsi kardiovaskular yang meliputi jantung dan pembuluh darah. Bersepeda secara rutin mampu memperkuat otot jantung serta meningkatkan kualitas sirkulasi darah dalam tubuh. Dengan cara ini, tubuh akan terhindar dari penyakit-penyakit kardiovaskular berbahaya, seperti stroke dan serangan jantung.

Bersepeda juga membantu mencegah risiko terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi. Penelitian yang dirilis oleh British Journal of Sport Science Medicine pada 2018 menyebutkan bahwa olahraga dengan intensitas tertentu bisa memperbaiki kondisi hipertensi. Bahkan lebih baik daripada efek yang diberikan oleh obat-obatan. Namun tentu perlu konsultasi dengan ahli untuk saran terbaik.

  1. Bersepeda untuk menjaga kesehatan otot dan sendi

Manfaat bersepeda juga sangat baik bagi otot-otot tubuh seperti otot kaki, paha, bokong, betis, hingga pinggul. Aktivitas ini juga mempengaruhi kualitas persendian dan bermanfaat untuk penderita osteoarthritis. Bersepeda juga dapat dilakukan secara fleksibel tanpa perlu takut membebani sendi dan otot. 

  1. Menjaga berat badan

Bersepeda dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini berhubungan dengan pembakaran lemak dan penyerapan nutrisi dari makanan. Jika dilakukan secara rutin dan teratur, dengan diimbangi dengan pola makan yang bergizi seimbang, berat badan akan selalu terjaga. Kombinasi tersebut dapat mencegah serta mengatasi kegemukan.

  1. Menurunkan tingkat stres

Aktivitas bersepeda juga berkaitan dengan kinerja hormon-hormon dalam tubuh. Kadar hormon stres seperti kortisol dan adrenalin akan menurun. Sebaliknya, dopamin yang merupakan hormon bahagia akan meningkat. Kondisi ini akan membantu tubuh untuk merasa rileks dan meredakan gangguan kecemasan atau depresi. Terlebih jika aktivitas bersepeda dilakukan di lingkungan dengan pemandangan yang indah.

  1. Menurunkan risiko terjadinya diabetes dan kanker

Sebuah riset yang dipublikasi oleh Journal of American Medical Association memaparkan bahwa terdapat korelasi positif antara seseorang yang rutin bersepeda dengan kebugaran tubuh di masa tua. Dengan bersepeda teratur, risiko munculnya penyakit kanker seperti kanker paru-paru atau kolorektal akan lebih rendah. 

Benefit dari kebiasaan bersepeda lain yang tak kalah penting adalah menurunkan risiko diabetes tipe 2. Kondisi ini berhubungan dengan produksi hormon insulin yang berfungsi untuk menjaga kestabilan kadar gula dalam darah. Hal ini tentu perlu diikuti dengan asupan gizi seimbang yang terbebas dari makanan-makanan tinggi gula.  

  1. Meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi

Postur tubuh yang tegap dan ideal merupakan hal penting yang harus selalu dijaga ketika bersepeda. Dengan melakukan aktivitas bersepeda secara rutin, tubuh pun akan meningkatkan kemampuan koordinasi dan keseimbangan. Selain itu, kekuatan tubuh secara keseluruhan juga akan membaik. Hal ini penting dalam rangka menghindari risiko cedera ketika jatuh hingga patah tulang.

Bersepeda memang memberikan beragam manfaat yang baik bagi tubuh. Namun dalam aktivitasnya, perlu selalu memperhatikan aspek keamanan dan kenyamanan. Periksa setiap komponen sepeda sebelum beraktivitas, terutama rem dan kondisi ban. Gunakan juga perlengkapan pengaman seperti helm dan pelindung siku serta lutut. Tindakan pencegahan ini dapat meminimalisasi apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Pastikan juga mengenakan pakaian yang terang atau mudah dilihat agar pengguna jalan lain bisa lebih waspada.  Dengan melakukan aktivitas bersepeda secara rutin sekaligus menerapkan prosedur keamanan, benefit dari kebiasaan bersepeda diharapkan benar-benar dapat diperoleh. Tubuhpun bisa lebih sehat dan bugar.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload