6 Cara Mengurangi Sampah Elektronik yang Bisa Diterapkan di Rumah

6 Cara Mengurangi Sampah Elektronik yang Bisa Diterapkan di Rumah

11 Jun 2021 by kreditpintar
6 Cara Mengurangi Sampah Elektronik yang Bisa Diterapkan di Rumah

Apa itu sampah elektronik?

Pastinya di tempatmu memiliki barang elektronik, baik dirumah maupun di tempatmu bekerja. Lalu bagaimana jika barang-barang tersebut sudah tidak dapat lagi digunakan? Pasti Sobat Pintar akan berpikir untuk membuangnya bukan. Barang-barang elektronik yang dibuang inilah yang akan menjadi sampah elektronik. Semua barang elektronik seperti Televisi, Komputer, Mesin cuci, Telepon genggang dll. 

Tahukah Sobat Pintar bahwa sampah ini berbahaya bagi lingkungan dan juga manusia? 

Setiap sampah elektronik mengandung bahan yang beracun seperti  berbagai logam berat yaitu alumunium, besi, kadmium, merkuri, timah, nikel, kobalt dll. Logam berat ini dapat berbahaya dan meracuni tubuh. 

Jika tidak ditangani dengan benar maka akan menjadi pencemaran lingkungan. Ketika sampah ini dibakar maka zat-zat beracunnya akan bercampur dengan udara. Sementara itu jika sampah-sampah ini dikubur maka akan mencemari tanah dan air disekitarnya.

Lalu bagaimanakah cara menguranginya?

Sampah ini memang menjadi permasalahan hampir di setiap negara. Banyaknya sampah elektronik dalam berbagai jenis menjadi limbah yang berbahaya bagi lingkungan. Untuk itu penting bagi kita semua untuk mengetahui cara menguranginya. Simak ulasannya berikut ini.

1. Perpanjang Masa Pakai

Beberapa sampah elektronik adalah barang yang sebenarnya masih bisa digunakan. Namun pemiliknya memilih untuk membuang dan mengganti dengan model terbaru. 

Seperti smartphone. Menggunakan smartphone terbaru menjadi hal yang wajib bagi beberapa orang. Tapi ada baiknya, Sobat Pintar tetap menggunakan perangkat elektronik lamamu jika masih bisa digunakan dengan baik. 

Lakukan perawatan dengan baik terhadap perangkat elektronik dengan begitu Sobat Pintar bisa memperpanjang masa pakainya.

2. Gunakan Perangkat Elektronik yang Hemat Energi

Jika Sobat Pintar membeli barang elektronik belilah yang hemat energy. Karena penggunaan barang elektronik hemat energi dapat menghindari penggunaan yang berlebihan. Penggunaan barang elektronik juga akan terjaga performanya sehingga tidak cepat rusak. Sobat Pintar bisa menghemat listrik sehingga secara tidak langsung Sobat Pintar berkontribusi mengurangi polusi udara akibat pembakaran pembangkit listrik.

3. Perbaiki Barang Elektronik

Jika barang elektronik Sobat Pintar sudah tidak dapat digunakan lagi, ada baiknya jangan langsung dibuang. Tetapi Sobat Pintar bisa memperbaiki saja barang tersebut agar tidak menambah limbah elektronik.

Bisa Sobat Pintar bayangkan setiap tahunnya ada 50 juta ton sampah elektronik dan ini akan terus meningkat jika kita tidak melakukan pencegahan mulai dari sekarang.

4. Jual Barang Elektronik

Dengan menjual perangkat elektronik lama Sobat Pintar dapat mengurangi sampah elektronik. Ini merupakan salah satu cara yang cukup mudah dan banyak dilakukan orang-orang dalam berkontribusi untuk mengurangi limbah elektronik.

Sobat Pintar dapat menjual perangkat elektronik lama di toko yang ada di Kota Sobat Pintar. Atau Sobat Pintar juga bisa menjualnya di internet dan toko online lainnya. 

5. Donasikan Barang Elektronik

Mendonasikan barang elektronik ada kepada pihak yang membutuhkan adalah salah satu cara yang tepat. Seperti komputer lama milikmu yang masih berfungsi bisa Sobat Pintar donasikan kepada orang yang mungkin lebih membutuhkan. Sebelum diberikan pastikan dulu semua data pribadimu sudah dihapus.

6. Lakukan Daur Ulang Dengan Tepat

Jika perangkat elektronik Sobat Pintar sudah benar-benar tidak dapat digunakan lagi meski sudah diperbaiki. Maka Sobat Pintar bisa membuangnya dan melakukan daur ulang dengan tepat.

Jangan menggabungkan sampah elektronik dengan sampah lain. Pisahkan komponen-komponen perangkat elektronik seperti baterai pada gadget Sobat Pintar. Tidak disarankan untuk membakar sampah elektronik karena dapat menyebabkan polusi udara. 

Saat ini sudah banyak tersedia tempat-tempat untuk mengolah sampah elektronik. Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa perusahaan pengolah limbah elektronik. 

Itulah beberapa cara mengurangi sampah elektronik yang dapat Sobat Pintar lakukan. Penting sekali untuk mengetahui cara mengurangi sampah elektronik. Dengan melakukan beberapa hal diatas Sobat Pintar sudah berkontribusi dalam mengurangi pencemaran lingkungan.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk