5 Kebiasaan Buruk Sebelum Tidur yang Wajib Dihindari

23 Jun 2021 by Laruan
5 Kebiasaan Buruk Sebelum Tidur yang Wajib Dihindari

Istirahat di malam hari menjadi hal yang penting bagi tubuh kita agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Tidur merupakan sebuah rutinitas yang tidak bisa kita lewatkan jika kita tak ingin sakit. Selain itu, saat beristirahat di malam hari, tubuh kita akan memperbaiki sel-sel yang rusak. Oleh sebab itu, dokter dan ahli kesehatan menyarankan untuk selalu tidur tepat pada waktunya. Namun, bagaimana bila intensi tidur yang baik justru menjadi buruk bahkan dapat menimbulkan penyakit-penyakit baru pada tubuh kita akibat kebiasaan buruk sebelum tidur yang kita lakukan. Parahnya lagi, ada beberapa orang yang tidak tahu dan menganggap bahwa kebiasaan buruk sebelum tidur yang mereka lakukan lumrah dan wajar-wajar saja. Kira-kira apa saja kebiasaan buruk sebelum tidur yang harus kita hindari? Berikut informasinya. 

1. Tidak Menyikat Gigi

Sebagai makhluk omnivora dan pemakan segalanya, tentu sudah tak terhitung makanan apa saja yang telah kita makan dalam waktu sehari. Maka dari itu, wajib hukumnya untuk selalu membersihkan gigi sebelum tidur. Walaupun dari kecil kita sudah dibimbing untuk melakukan rutinitas ini. Namun ada juga orang yang malas atau enggan melakukannya. Dengan tidak menggosok gigi, risiko penyakit sakit gigi, bau mulut, bahkan kerusakan-kerusakan pada gigi sangatlah tinggi. 

2. Menghidupkan Lampu Ketika Tidur

Tidur dengan lampu menyala terang memang kurang baik untuk kesehatan. Hal ini akan menekan melatonin tubuh lebih dari 50 persen. Hormon Melatonin berfungsi untuk membantu tubuh agar terlelap tidur. Dilansir pada situs kesehatan, tidur ketika lampu menyala bahkan dapat menimbulkan penyakit kronis seperti darah tinggi, penyakit jantung, dan diabetes. 

3. Minum minuman berkafein

Seperti yang kita tahu, bahwa kopi, soda, teh hitam, dan coklat hangat memiliki kadar kafein yang cukup tinggi. Kadar kafein akan membuat Sobat Pintar terjaga sepanjang malam. Dengan begini, kualitas tidur Sobat Pintar menjadi kurang baik. 

Kandungan kafein dapat bertahan hingga 12 jam dalam tubuh kita. Oleh sebab itu, hindari minum minuman kafein di jam-jam saat Sobat Pintar ingin tidur. Atau kalau Sobat Pintar memang pencinta kafein, usahakan untuk memangkas kafein secara bertahap sebab memaksakan diri untuk berhenti minum kopi akan membuat Sobat Pintar menjadi pusing. 

4. Mengonsumsi Makanan Berat

Mengonsumsi makanan berat di malam hari menjelang tidur memang tidak disarankan. Sebab, hal ini dapat menimbulkan beberapa penyakit seperti asam lambung yang akan mengganggu kualitas tidur Sobat Pintar. Selain itu, mengonsumsi makanan berat menjelang tidur akan meningkatkan berat badan yang tentunya dapat meningkatkan risiko obesitas. Namun jika rasa lapar tak bisa ditahan, disarankan untuk mengonsumsi makanan seperti pisang, kiwi ataupun yoghurt. 

5. Bermain Gadget

bermain gadget

Dari empat kebiasaan buruk sebelum tidur di atas, bermain gadget sebelum tidur jadi kebiasaan yang sering kali kita lakukan. Radiasi cahaya biru yang dipancarkan oleh gadget dapat berakibat buruk untuk kesehatan mata kita.  

Selain itu, keasyikan yang ditawarkan gadget melalui sosial media, game atau sejenisnya membuat otak kita siaga, aktif dan bangun kembali. Usahakan untuk tidak menyentuh ponsel 30-60 menit sebelum Sobat Pintar tidur. 

Itulah 5 kebiasaan buruk sebelum tidur yang wajib kita hindari guna mendapatkan kualitas tidur yang maksimal. Dengan demikian, kesehatan tubuh kita akan terjaga dan terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload