4 Strategi Mengatur Keuangan Bagi Freelancer

15 Jan 2021 by Rindang

Strategi Mengatur Keuangan Bagi Freelancer.—Pekerja lepas, atau biasa terkenal dengan sebutan freelancer adalah pekerja yang memiliki ikatan kerja informal dengan pemberi kerja dan hanya akan bekerja sesuai permintaan dari pemberi kerja.

Menjalani kehidupan sebagai seorang freelancer, tentunya Sobat Pintar memiliki kebebasan untuk mengatur jam kerja, asalkan tugas yang diberikan pemberi kerja bisa selesai tepat waktu. Selain itu, Sobat Pintar tidak perlu repot bersiap-siap menuju ke kantor untuk bekerja karena seorang freelancer bebas bekerja dari mana saja.

Dengan segala kebebasan yang dimiliki, apakah menjadi freelancer adalah sebuah makna kebebasan dalam hidup? Tidak juga, karena justru seorang freelancer harus mampu mengatur keuangan pribadinya dengan ketat, karena tidak memiliki penghasilan tetap.

Memang benar, ada freelancer yang bisa mendapatkan proyek dengan imbalan di atas rata-rata dibandingkan dengan gaji pegawai penuh waktu. Namun imbalan tersebut hanya akan dibayarkan selama freelancer masih terikat kontrak kerja dengan pemberi kerja sesuai dengan batas waktu tertentu.

Untuk itu, penting bagi freelancer untuk mengetahui cara mengatur keuangan yang baik agar bisa hidup dengan baik. Untuk info selengkapnya, Kredit Pintar akan bagikan strategi mengatur keuangan bagi freelancer berikut ini:

  1. Wajib memiliki tabungan sebagai dana darurat

Sebagai seorang freelancer, rasanya menabung bukan lagi pilihan, melainkan adalah sebuah kewajiban.  Konsekuensi berupa menerima penghasilan dengan tidak rutin, membuat Sobat Pintar harus berusaha lebih ekstra untuk memiliki tabungan dana darurat.

Usahakan Sobat Pintar bisa menabung dana darurat untuk biaya hidup selama 4-6 bulan dalam sekali pengerjaan proyek.  Hal ini adalah antisipasi kalau ternyata Sobat Pintar baru akan mendapatkan proyek baru 4-6 bulan setelah proyek terkini berakhir. 

Untuk cari tahu nominal dana darurat yang harus disiapkan setiap menerima proyek, Sobat Pintar bisa cari tahu dengan kalkulator dana darurat, ya.

  1. Pisahkan rekening pribadi dari rekening bisnis

Hal ini penting sekali dilakukan untuk memantau pengeluaran Sobat Pintar setiap bulannya.  Gunakanlah rekening bisnis hanya untuk menerima imbalan jasa, dan gunakanlah rekening pribadi untuk pos-pos pengeluaran pribadi.

Jika Sobat Pintar mencampur kebutuhan pribadi dan bisnis dalam satu rekening, dikhawatirkan Sobat Pintar akan kesusahan mengumpulkan tabungan dana darurat seperti yang disarankan pada tips yang pertama.

  1. Buat kesepakatan agar pemberi kerja membayar tagihan jasa dengan tepat waktu

Umumnya, freelancer akan memiliki kesepakatan kerja dengan pemberi kerja. Kesepakatan kerja tersebut berisi berbagai ketentuan yang harus dipenuhi oleh masing-masing pihak, baik freelancer maupun pemberi kerja.

Ketentuan kerja yang wajib dipenuhi freelancer umumnya berupa teknis pengerjaan tugas beserta tenggat waktu yang diberikan. Sedangkan, bagi pemberi kerja biasanya wajib memenuhi ketentuan pembayaran imbalan jasa. 

Saat mendiskusikan ketentuan kerja dengan pemberi Kerja, ada baiknya Sobat Pintar memastikan kembali tentang imbalan jasa. Pahami betul tanggal dan ketentuan lainnya agar Sobat Pintar tidak kesulitan membuat perencanaan keuangan selama proyek berlangsung.

  1. Evaluasi pengeluaran

Sebagai freelancer, tentunya Sobat Pintar akan tergoda untuk berbelanja lebih banyak saat mendapatkan imbalan jasa lebih besar.  Hal ini sangat dimaklumi karena belum tentu bulan depan Sobat Pintar bisa berbelanja lebih banyak, karena penghasilan yang diterima tidak stabil.  Untuk mengontrol kebiasaan ini, sebaiknya Sobat Pintar melakukan evaluasi pengeluaran.

Caranya, jangan pernah buang struk belanja selama sebulan.  Dari situ, Sobat Pintar bisa mengevaluasi mana saja pembelanjaan yang sekiranya tidak perlu diulang dan mana yang bisa diulang.

Bagaimana jika Sobat Pintar belum berhasil mengelola keuangan dengan baik sebagai freelancer?

Sobat Pintar, janganlah berkecil hati apabila belum bisa konsisten menerapkan tips ini dalam kehidupan. Mengelola keuangan adalah proses belajar yang membutuhkan investasi waktu seumur hidup.

Dalam keadaan ini, Kredit Pintar bisa memahamimu dan siap sedia memberikan pinjaman online langsung cair.  Pinjaman online langsung cair berguna untuk dibelanjakan sebagai kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan upgrade gadget sebagai seorang freelancer.

Kredit Pintar melayani pengajuan pinjaman online langsung cair melalui aplikasi yang tersedia di Play Store. Dengan Kredit Pintar, Sobat Pintar bisa dapatkan pinjaman online langsung cair dengan menggunakan KTP saja. 

Sobat Pintar, inilah berbagai strategi mengatur keuangan bagi freelancer. Semoga artikel ini bermanfaat dan Sobat Pintar konsisten melakukan tips yang telah disampaikan agar bisa merasakan hidup yang lebih baik sebagai seorang freelancer!

mobile-closeKredit PintarDownload