4 Penyebab Tenggorokan Kering Yang Perlu Diketahui

13 Aug 2021 by Laruan

Hampir semua orang pasti pernah merasakan tenggorokan kering. Rasanya pasti cukup mengganggu aktivitas. Rasa sakit dan gatal pada tenggorokan seringkali terasa. Maka dari itu, Sobat Pintar harus segera mencari tahu penyebab tenggorokan kering demi kesehatan. Karena bisa jadi tenggorokan kering menjadi tanda bahwa tubuh Sobat Pintar sedang tidak baik-baik saja.

Banyak faktor pemicu tenggorokan kering. Bisa jadi Sobat Pintar kurang minum sehingga menyebabkan dehidrasi dan tenggorokan menjadi kering. Namun, bisa juga tenggorokan kering dikarenakan adanya virus dan bakteri pada tubuh. Oleh karena itu, untuk bisa mengatasinya, Sobat Pintar perlu mengetahui dulu penyebabnya. 

4 Penyebab Tenggorokan Kering Yang Perlu Diketahui

Berikut beberapa pemicu tenggorokan kering yang perlu Sobat Pintar ketahui :

  1. Dehidrasi Jadi Penyebab Tenggorokan Kering

Penyebab tenggorokan kering paling umum adalah dehidrasi. Dehidrasi merupakan satu kondisi dimana tubuh Sobat Pintar kekurangan cairan. Biasanya, orang-orang yang beraktivitas padat seringkali lupa minum air. Sehingga kadar air yang ada pada tubuh hanya sedikit.

Pada saat dehidrasi terjadi, tubuh juga tidak banyak memproduksi air liur. Karena air liur inilah yang seharusnya membasahi mulut dan kerongkongan. Kurang minum, cairan pada tubuh juga kurang, produksi air liur minim, sehingga tenggorokan juga terasa kering.

Selain menyebabkan tenggorokan kering, dehidrasi juga bisa menyebabkan kondisi lainnya pada tubuh. Seperti pusing, mudah lelah, rasa haus meningkat, urin lebih gelap dan urin lebih sedikit dari biasanya. 

  1. Laringitis

Laringitis juga menjadi salah satu pemicu tenggorokan kering. Laringitis merupakan kondisi dimana adanya peradangan pada pita suara. Peradangan ini disebabkan oleh penggunaan pita suara yang berlebihan, misalnya berbicara dengan teriak. Bisa juga disebabkan oleh adanya infeksi.

Laringitis memiliki dua jenis kondisi yang dibedakan berdasarkan rentang waktu adanya gejala :

  1. Laringitis jangka panjang

Laringitis jangka panjang atau bisa disebut laringitis kronis pada umumnya disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat. Seperti asap rokok dan konsumsi minuman keras. Tapi penyebab lainnya juga karena alergi dan adanya iritasi pada asam lambung. 

  1. Laringitis jangka pendek 

Laringitis jangka pendek atau bisa juga disebut laringitis akut pada umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus. Yang tergolong bakteri seperti Streptococcus. Untuk golongan virus seperti virus corona yang saat ini sedang terjadi.

Biasanya saat mengalami laringitis Sobat Pintar akan merasakan tenggorokan seperti kering dan gatal. Biasanya diiringi juga dengan rasa sakit pada tenggorokan serta suara yang serak. Hal ini juga menjadi penyebab batuk kering. 

Pada saat mengalami laringitis Sobat Pintar dianjurkan ke dokter agar segera diberikan obat yang sesuai anjuran dokter. Tapi, Sobat Pintar juga bisa melakukan penanganan sendiri seperti tidak merokok, rutin konsumsi air mineral, kumur-kumur dengan air garam yang hangat dan beristirahat. 

  1. Alergi Kerap Memicu Tenggorokan Kering

Alergi juga menjadi pemicu tenggorokan kering. Alergi merupakan kondisi atas reaksi kekebalan tubuh terhadap zat tertentu yang masuk ke tubuh. Hal-hal yang membuat alergi tentunya beraneka ragam. Bisa disebabkan oleh rumput, bulu hewan, serbuk sari bahkan debu. 

Sistem kekebalan bereaksi dengan pemicu alergi, sehingga tubuh melepaskan bahan kimia yakni histamin. Akibatnya bisa menyebabkan berbagai gejala seperti bersin, batuk, pilek dan hidung tersumbat. 

Kondisi hidung tersumbat menjadi gejala alergi yang bisa mengakibatkan kondisi tenggorokan kering dan terasa sakit. Oleh karena itu alergi juga bisa menjadi pemicu tenggorokan kering. 

Jika Sobat Pintar sudah mengetahui penyebab tenggorokan kering, pasti Sobat Pintar juga akan mengetahui bagaimana penanganannya yang tepat. Apabila ada gejala seperti batuk, pilek dan hidung tersumbat, Sobat Pintar bisa langsung ke dokter untuk berobat. Biasanya dokter akan meresepkan obat sesuai gejala yang Sobat Pintar rasakan.

Apabila Sobat Pintar belum gajian atau belum terdaftar dalam asuransi kesehatan seperti BPJS, pasti Sobat Pintar bingung mencari dana untuk berobat. Jangan khawatir! Sobat Pintar bisa mengajukan pinjaman dana online terpercaya di Kredit Pintar. Kredit Pintar merupakan pinjaman dana online yang sudah resmi terdaftar di OJK. Proses pencairan dananya juga cepat, mudah dan pasti aman. 

Jadi, jangan sampai kesehatan Sobat Pintar terganggu. Segera berobat karena berbagai penyebab tenggorokan kering tidak bisa Sobat Pintar sepelekan. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload