4 Makanan Wajib Untuk Clean Eating

31 Aug 2021 by Laruan

Menjaga pola hidup sehat adalah salah satu tips untuk mencegah datangnya berbagai penyakit yang menyerang tubuh. Salah satu kegiatan untuk menjaga pola hidup sehat yaitu dengan mengatur pola makan yang bersih dan sehat atau disebut juga dengan kebiasaan konsumsi santapan yang baik. Berikut beberapa ulasan mengenai apa itu clean eating, tips melakukannya, dan apa saja preferensi santapan yang sehat untuk dapat menerapkan pola hidup sehat ini.

4 Makanan Wajib Untuk Clean Eating

Cuan dari survey online, bagaimana caranya?

Apa itu Clean Eating?

Hal tersebut merupakan pola makan yang berbasis whole food yaitu meminimalisir bahan santapan dari berbagai olahan pabrik yang mengandung bahan pengawet, pewarna, perasa, dan santapan yang mengandung pestisida.

Hal tersebut adalah salah satu metode untuk mengatur pola makan supaya lebih sehat dengan tips hanya mengkonsumsi santapan yang sehat atau utuh saja. Dengan metode ini Sobat Pintar bisa mengatur pola makan dan menjamin kesehatan tubuh dari santapan yang dikonsumsi.

Pola makan sehat sudah banyak diterapkan pada banyak masyarakat khususnya di daerah perkotaan. Hal ini dikarenakan tumbuhnya kesadaran untuk memberikan asupan nutrisi yang cukup bagi tubuh.  Nutrisi yang cukup untuk tubuh akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

Pola makan sehat dapat diterapkan dengan memasak sendiri di rumah karena dapat mengkreasikan beberapa menu sehat yang dapat dibuat sesuai dengan selera masing-masing orang. 

Manfaat Menerapkan Clean Eating 

Hidangan yang sehat adalah hidangan yang terbebas dari bahan pengawet yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan manusia.

Manfaat yang dapat diperoleh dengan menerapkan pola makan sehat antara lain:

  1. Mampu meningkatkan energi yang dibutuhkan oleh tubuh agar kegiatan yang dilakukan dapat maksimal.
  2. Pola makan sehat dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular, sehingga dapat menurunkan resiko penyakit seperti stroke, jantung dan hipertensi.
  3. Dapat mencegah timbulnya perkembangan kanker yang ada di dalam tubuh manusia.
  4. Dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik sehingga dapat mencegah terjadinya gangguan mental serta membantu meningkatkan konsentrasi terhadap suatu kegiatan yang akan dilakukan.
  5. Menjadikan tidur lebih nyenyak dan berkualitas supaya tubuh dapat relax dalam beristirahat, hal ini membantu dalam mengisi daya tahan tubuh agar terhindar dari penyakit yang diakibatkan oleh kelelahan setelah beraktivitas sehari- hari.
  6. Menjadikan kulit menjadi lebih sehat dan indah.

Contoh Makanan Yang Disarankan

Berbagai jenis hidangan dapat digunakan untuk menerapkan pola hidup sehat sehari-hari. 

Di bawah ini adalah beberapa preferensi hidangan yang disarankan untuk dikonsumsi, antara lain:

1. Memiliki protein tinggi

Hidangan yang mengandung protein tinggi seperti biji-bijian dan kacang-kacangan dapat dikonsumsi untuk memenuhi nutrisi protein dalam tubuh. Selain kacang-kacangan, mengonsumsi ikan laut adalah salah satu tips untuk mendapatkan protein tinggi.

2. Nasi merah sumber serat tinggi

Nasi merah mengandung banyak nutrisi dan serat jika dibandingkan dengan nasi putih.  Beras merah diketahui mengandung berbagai macam antioksidan flavonoid. 

Beberapa kandungan nutrisi dari beras merah tersebut dapat melawan radikal bebas, menurunkan kolesterol, mencegah penyakit jantung, menurunkan kadar gula darah, mengurangi resiko obesitas, menjaga kesehatan kulit, dan masih banyak lagi.

Jadi nasi merah sangat baik dijadikan sebagai bahan masakan untuk kebiasaan konsumsi yang baik.

3. Buah-buahan segar yang menyehatkan

Buah-buahan segar dan sehat banyak mengandung serat yang berguna untuk melancarkan pencernaan. Selain itu, ada pula Vitamin C untuk menjaga jaringan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Tidak hanya itu saja, setiap orang perlu makan buah-buahan segar supaya mendapatkan nutrisi vitamin A untuk kesehatan mata, kulit dan sistem imun tubuh. Pada dasarnya saat ini terdapat kandungan folat dan beberapa kandungannya yang baik untuk menjaga fungsi sistem saraf dan tekanan darah

4. Sayuran hijau yang masih segar

Sayur-sayuran hijau seperti bayam dan kale dapat mengurangi resiko degenerasi akibat pertambahan usia dan katarak, brokoli, dan mampu menurunkan resiko rheumatoid arthritis.

Hal ini karena sayuran hijau mengandung antioksidan yang mampu pula menangkal radikal bebas. Sayuran hijau kaya akan fitokimia, flavonoid dan karotenoid serta vitamin C dan K yang dapat menurunkan resiko penyakit jantung.

Maka dari itu jangan pernah mengabaikan pentingnya mengkonsumsi sayuran hijau yang masih segar setiap hari karena mengkonsumsi sayuran hijau segar sangat baik untuk kesehatan tubuh.

4 Makanan Wajib Untuk Clean Eating

Tips Melakukan Clean Eating, Penting untuk Kesehatan Tubuh!

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Sobat Pintar lakukan untuk menerapkan kebiasaan konsumsi yang baik yang tentunya membawa segudang manfaat bagi tubuh:

1. Konsumsi air putih yang cukup

Mengkonsumsi air putih yang cukup dan teratur secara umum dapat memperbaiki kesehatan kulit, membantu dalam menjaga suhu tubuh optimal. Hal ini karena air putih dapat mengatasi masalah dehidrasi pada kulit dengan baik.

Salah satu tips melakukan konsumsi yang baik adalah dengan mencukupi kebutuhan air dalam tubuh supaya bisa mencegah dehidrasi.

Disamping itu, air putih juga bisa melancarkan sistem pencernaan tubuh karena tubuh akan mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh saat ekskresi berlangsung. Hal terakhir yang merupakan keunggulannya adalah bisa menjaga tekanan darah agar stabil dan menjaga asupan oksigen dalam tubuh.

2. Konsumsi makanan berserat tinggi

Telah disebutkan sebelumnya bahwa hidangan seperti sayur-sayuran dan juga buah-buahan mengandung serat yang tinggi sehingga baik untuk tubuh, Meskipun begitu, Sobat Pintar juga tetap boleh mengkonsumsi daging asalkan bukan daging yang berasal dari kaleng atau telah melalui proses pengawet dengan kimia. 

3. Memenuhi kebutuhan kalori tubuh

Bagi Sobat Pintar yang ingin menjalankan konsumsi hidangan yang baik, disarankan untuk mencukupi kalori yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu antara 1200 – 1800 kal. Pilihlah menu-menu yang mengandung karbohidrat namun juga kaya serat, seperti nasi merah atau roti gandum agar Sobat Pintar tidak gampang lapar. 

4. Atur porsi makan dan jamnya dengan tepat

Mengatur porsi dan jam makan juga menjadi kunci dalam menjalankan pola hidup sehat. Salah satu tips mengatur porsi dan jam yang sesuai adalah dengan membagi jam makan menjadi 6 bagian porsi kecil dalam satu hari. Tujuannya adalah untuk mencegah rasa lapar yang berlebihan serta membantu melancarkan proses pencernaan makanan dalam tubuh.

5. Biasakan hidup sehat

Menerapkan gaya hidup sehat lainnya seperti berolahraga secara rutin, waktu tidur yang cukup, mengelola stres dan kecemasan dengan baik, dan selalu berpikiran positif itu penting sekali. Karena dengan membiasakan diri menerapkan pola hidup sehat, hal tersebut bisa membuat Sobat Pintar memiliki pandangan hidup yang baik ke depan. 

Semua pola hidup sehat harus diterapkan agar dapat seimbang.

Demikian merupakan beberapa ulasan mengenai clean eating, dan apa saja contoh hidangan sehat yang bisa dikonsumsi dan tips menerapkan pola makan sehat dalam kehidupan sehari-hari. 

Semoga apa yang sudah ditulis di atas dapat memberikan manfaat bagi pembaca yang akan menerapkan pola hidup sehat.  Dengan begitu, tubuh akan memiliki sistem imun yang kuat untuk melawan berbagai macam penyakit berbahaya. 

Apa yang dimaksud dengan penipuan SIM Swap? Simak informasi selengkapnya di sini!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload