3 Manfaat Sauna untuk Kesehatan Tubuh dan Jenisnya

10 Aug 2021 by Laruan, Last edit: 09 Aug 2021

Manfaat sauna tidak terbatas pada relaksasi dan menenangkan pikiran saja. Ada berbagai macam manfaat lainnya, terutama bagi tubuh. Tapi bukan berarti sauna sangat bermanfaat hingga tidak ada resikonya sama sekali. Kenali berbagai manfaat dan resikonya sebelum terlalu sering menikmati sauna.

Pengertian Dari Sauna

Sauna merupakan sebuah ruangan yang dilengkapi dengan suhu kering dan panas dengan tujuan membantu tubuh membakar kalori dalam jumlah yang lebih banyak dan mengeluarkan keringat. Fasilitas sauna ini biasanya disediakan di pusat kebugaran, spa, dan salon.

Sauna sendiri terbagi dalam 2 jenis yang berbeda, yaitu sauna inframerah serta sauna kering. Sauna inframerah akan memanaskan suhu tubuh dengan bantuan energi cahaya sehingga suhu udara tidak akan ikut meningkat. Sedangkan sauna kering memanaskan udara dengan bantuan alat pemanas.

Manfaat Sauna untuk Kesehatan

Berbagai Macam Manfaat Sauna Bagi Tubuh

Setidaknya, ada 3 manfaat yang bisa Sobat Pintar dapatkan dengan menikmati sauna. Meskipun berbagai manfaat sauna tampak menarik, pastikan Sobat Pintar tidak berlebihan dalam menikmati sauna sehingga terhindar dari resiko yang bersembunyi di baliknya. Berikut ini beberapa manfaat dari sauna.

  1. Mengurangi nyeri pada tubuh

Sauna mampu mengurangi nyeri yang kronis, terutama nyeri yang dialami oleh para penderita penyakit radang sendi. Sauna membuat sirkulasi darah dalam tubuh menjadi lebih lancar sehingga ketegangan di bagian persendian akan berkurang dan nyeri otot pun akan mereda.

Sebuah penelitian terhadap penderita penyakit rheumatoid arthritis dan ankylosing spondylitis menunjukkan baha terapi dengan sauna selama 4 minggu mampu mengurangi tidak hanya nyeri tapi juga kaku otot serta rasa lelah.

  1. Memberikan efek ketenangan dan relaksasi

Sebenarnya, khasiat sauna yang paling utama dan paling banyak dicari adalah efek relaksasinya. Suhu yang ada di dalam ruang sauna biasanya bisa menyentuh angka 90,5°C. Suhu ini mampu menaikkan suhu kulit manusia sehingga menyebabkan tubuh berkeringat.

Selain itu, pembuluh darah di bawah kulit juga bisa melebar dan membuat sirkulasi darah menjadi jauh lebih lancar. Hasilnya, otot yang tadinya tegang pun bisa mengendur lalu tubuh bisa merasakan rileks. Efek samping dari manfaat ini adalah stres berkurang dan tidur bisa lebih nyenyak.

  1. Khasiat sauna bagi pembuluh darah dan jantung

Jika sauna dilakukan dengan teratur, pembuluh darah dan jantung Sobat Pintar akan tetap sehat. Sauna juga mampu membuat detak jantung meningkat tapi tekanan darah menurun. Efeknya sama dengan efek yang didapatkan dari melakukan olahraga ringan.

Dengan demikian, resiko kematian yang disebabkan oleh penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung mendadak dan penyakit jantung koroner pun akan menurun. Sobat Pintar bisa mencoba menjadwalkan sauna dengan teratur, tapi setelah memahami resiko atau bahaya dibalik sauna.

Hal yang Perlu Diketahui Tentang Sauna

Selain khasiat sauna, bahaya sauna juga perlu dipahami terlebih dahulu agar Sobat Pintar bisa mempertimbangkan lebih matang untuk menikmati sauna secara teratur. Resiko yang paling besar adalah dehidrasi karena tubuh Sobat Pintar jadi harus mengeluarkan banyak sekali keringat.

Sebelum serta setelah menikmati sauna, sangat disarankan untuk minum banyak air putih. Apabila Sobat Pintar merasa sakit kepala, sangat haus, atau pusing saat berada di sauna, Sobat Pintar perlu segera keluar dari sauna. Semua itu adalah gejala dehidrasi dan akan berbahaya kalau dibiarkan begitu saja.

Agar manfaat sauna lebih terasa, pastikan Sobat Pintar mendinginkan tubuh secara bertahap setelah menikmati sauna. Batasi penggunaan sauna, apalagi jika Sobat Pintar baru akan mencoba sauna untuk pertama kalinya. Bisa juga membagi sauna dalam beberapa sesi sehingga tubuh akan mulai terbiasa.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
09 Aug 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download