3 Cara Memilih Jasa Endorsement Berkualitas

04 Aug 2021 by Laruan

Sebut saja sosial media yang sedang digandrungi anak muda zaman sekarang, mulai dari facebook, instagram hingga yang terbaru, tiktok. Semua sosial media tersebut dipakai untuk melakukan promosi produk dan jasa guna meningkatkan penjualan. 

3 Cara Memilih Jasa Endorsement Berkualitas

Mengapa banyak orang yang menginginkan jasa ini? Karena sosial media dinilai memiliki banyak pengaruh terhadap penggunanya, terlebih jika yang melakukan promosi adalah artis atau selebritis yang mereka idolakan. Umumnya orang akan tertarik untuk menggunakan sesuatu produk atau jasa apabila produk atau jasa itu juga digunakan oleh orang yang mereka kagumi. Itulah kenapa, di sosial media banyak toko online yang mempromosikan barang dagangannya kepada orang yang sangat terkenal dengan reputasi yang baik, alias tidak banyak haters. 

Selain itu, teknik promosi dengan mengendorse orang terkenal menjadi begitu diminati karena dinilai lebih mudah dan murah. Sobat Pintar cukup dengan menghubungi pihak artis, selebritis atau orang terkenal yang Sobat Pintar inginkan untuk mempromosikan jualan Sobat Pintar. Lalu, mereka akan menggunakan produk Sobat Pintar dengan sedikit review tentang manfaat, keunggulan dan cara mendapatkan produk Sobat Pintar tersebut. Kemudian, mereka akan mengunggah konten tersebut ke akun sosial media yang mereka punya. 

Nyatanya, promosi ini benar-benar efektif untuk menarik konsumen. Orang akan dengan cepat mengenal produk yang Sobat Pintar tawarkan dan dengan kepiawaian selebritis yang Sobat Pintar endorse ia mampu mengajak pengikutnya untuk segera memiliki produk Sobat Pintar tersebut. Alasannya sederhana, mereka ingin memiliki barang yang sama dengan yang dimiliki oleh idolanya.

Saat ini, sosial media yang paling banyak penggunanya khususnya  di Indonesia adalah instagram. Jutaan orang online setiap detiknya dan ribuan video serta foto diunggah. Aktivitas yang terjadi begitu besar bahkan tanpa henti. Sehingga, instagram menjadi sosial media yang paling diminati oleh para pedagang online untuk mempromosikan produknya. Hal ini akan sangat membantu Sobat Pintar untuk menemui target pasar dan penjualan yang Sobat Pintar inginkan.Peluang memiliki bisnis online yang sukses menjadi terbuka lebar.

Cara memilih jasa endorsement yang terpercaya

Meskipun jasa endorsement merupakan salah satu jenis marketing yang cerdas dan efektif. Tidak semua jasa tersebut dapat dipercaya, terdapat banyak akun endorse palsu dan abal-abal di sosial media. Sehingga Sobat Pintar dituntut untuk benar-benar teliti dalam memilih jika tidak mau merugi.

 Tidak sedikit jasa endorse yang bertebaran di berbagai sosial media. Penampakan akunnya pun terlihat meyakinkan dengan jumlah followers yang sangat banyak. Namun, jika Sobat Pintar mau mengulik Sobat Pintar bisa menemukan bahwa akun palsu tidak akan memiliki banyak follower aktif karena sejatinya mereka mendapatkan follower tersebut dengan cara membeli. Jadi, follower mereka hanyalah sebuah bot. Bagaimana cara mengetahuinya? Yaitu dengan berkunjung ke profil akun tersebut dan melihat beberapa pengikutnya sebagai sampel. Akun bot biasanya tidak memiliki aktivitas apapun.

Parahnya lagi, ada beberapa akun endorse yang memiliki banyak follower aktif, tetapi ternyata mereka adalah orang-orang luar negeri yang tidak tahu dimana asal negaranya. Kalau sudah begini, apakah Sobat Pintar yakin promosi akan berjalan dengan baik dan Sobat Pintar tidak merugi?

Berikut cara memilih jasa endorsement agar bisnis Sobat Pintar sukses:

  1. Ketahui target pasar

Mengetahui target pasar penting untuk dilakukan agar produk yang Sobat Pintar pasarkan mendapatkan penjualan yang maksimal. Setelah memutuskan siapa yang menjadi target pasar Sobat Pintar, maka tahap selanjutnya barulah menentukan jasa endorsement yang cocok untuk melakukannya. Misalnya, jika produk Sobat Pintar adalah alat-alat kecantikan, maka yang cocok untuk memasarkan produk ini adalah selebritis yang terkenal karena parasnya atau karena kulitnya yang sehat. 

Namun semua itu kadang menjadi tidak berarti ketika sang selebritis tidak memiliki target pasar yang Sobat Pintar inginkan, maka sebelum memutuskan untuk menggunakan jasanya ada baiknya Sobat Pintar memeriksa para pengikutnya terlebih dahulu. Jika produk Sobat Pintar berupa produk kecantikan maka seharusnya Sobat Pintar memilih jasa endorsement dengan pengikut didominasi oleh wanita berusia muda hingga tua. 

Apabila yang menjadi produk Sobat Pintar adalah barang-barang fashion terkini, maka pastikan jasa endorse yang Sobat Pintar gunakan  memiliki followers dengan pengikut generasi kelahiran tahun 90an. 

  1. Ketahui reputasi jasa endorsement

Cara memilih jasa endorsement selanjutnya adalah dengan mengetahui reputasi mereka di tengah masyarakat. Adapun yang dimaksudkan dalam artikel ini adalah bagaimana perbandingan jumlah antara haters dan fans yang mereka miliki. 

Jika selebritis atau influencer yang Sobat Pintar endorse lebih memiliki banyak haters, sebaiknya Sobat Pintar tidak menggunakan jasa mereka. Sebab sebagian haters yang mereka miliki terkadang tidak bisa mengontrol ucapannya. Bisa saja ketika si artis sedang mempromosikan produk Sobat Pintar ia dengan sengaja berkomentar buruk di unggahan konten tersebut. Meskipun hanya beberapa komentar, namun efeknya bisa sangat mempengaruhi produk yang sedang dipromosikan. 

Memastikan bahwa orang yang kita endorse tidak memiliki haters sama sekali tentu tidak bisa dilakukan, sebab semua individu baik ustadz sekalipun pasti memiliki haters. Tugas Sobat Pintar hanya perlu membandingkan. Pastikan jika mereka memiliki fans yang solid, sehingga mampu mengatasi perkataan buruk haters di kolom komentar.

Lebih baik lagi jika Sobat Pintar berhasil menemukan selebritis atau artis yang memiliki banyak fans daripada hater. Hal ini akan memberikan feedback yang positif terhadap apa yang mereka katakan, termasuk produk yang mereka promosikan. Namun, biasanya mereka akan memiliki bayaran yang lebih tinggi. 

Akan tetapi jika Sobat Pintar berfokus pada hasil, maka sebaiknya Sobat Pintar memilih mereka yang memiliki banyak fans. Meskipun bayarannya lebih besar.

  1. Perhatikan kualitas konten 

Seorang artis atau selebritis yang profesional pasti akan melakukan pekerjaannya dengan maksimal. Termasuk ketika ia sedang mempromosikan suatu produk, dimana ia dibayar untuk melakukan hal itu. Namun, nyatanya kita masih sering melihat beberapa video promosi di sosial media yang terlihat asal-asalan. Kualitas video tidak baik, adegan tidak terstruktur, artis tidak siap, atau caption seadanya. Hal inilah yang membuat promosi menjadi gagal.

Oleh karena itu, Sobat Pintar harus mengecek terlebih dahulu beberapa contoh video promosi di akun sosial media mereka sebelum mengendorse. Jika kualitas kontennya sudah baik serta bersinergi dengan caption yang mereka buat. Maka Sobat Pintar dapat menggunakan jasa ini. 

Tidak masalah harus membayar sedikit lebih mahal, asalkan kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan. Dengan demikian produk yang kita jual dapat diminati oleh banyak orang. Sebab video dengan kualitas maksimal serta caption yang terang dapat memudahkan pemirsa untuk memahaminya. Kemungkinan mereka akan tertarik untuk membeli pun menjadi lebih tinggi.

Demikianlah beberapa cara memilih jasa endorsement yang bisa Sobat Pintar pertimbangkan untuk meningkatkan penjualan produk Sobat Pintar. Jangan takut akan biaya promosi yang tinggi jika Sobat Pintar bisa mendapatkan hasil yang lebih besar. Apabila Sobat Pintar kesulitan untuk memperoleh dana promosi, Kredit Pintar siap membantu Sobat Pintar.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload