15 Cara Melatih Otak Agar Fokus

28 Jun 2021 by Laruan
15 Cara Melatih Otak Agar Fokus

Kemampuan untuk berkonsentrasi di tengah hantaman beragam deadline merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam karier. Pada sebuah ritme kerja yang cepat, otak kita dipaksa untuk terus fokus agar bisa menyelesaikan pekerjaan secepat-cepatnya. Untuk kebutuhan jangka panjang, Sobat Pintar perlu memahami cara melatih otak agar fokus.

Berikut ini beberapa hal yang bisa Sobat Pintar lakukan untuk dapat meningkatkan daya konsentrasi.

1. Minum Air Putih

Ini menjadi metode pemulihan fokus yang paling mudah dan murah. Kekurangan cairan tubuh adalah salah satu penyebab menurunnya kemampuan konsentrasi. Pastikan Sobat Pintar minum air putih cukup setiap harinya, bisa dimulai dari selalu membawa botol minum ke kantor.

2. Meditasi

Meditasi bisa dilakukan melalui yoga dan melatih pernapasan dalam. Cara ini dapat menjernihkan pikiran dan berlatih fokus. Jika ingin melakukan meditasi, pastikan kondisi sekitar tenang agar konsentrasi Sobat Pintar terjaga.

3. Sarapan

Sarapan terbukti mampu mengoptimalkan ingatan jangka pendek, sekaligus menajamkan fokus Sobat Pintar saat bekerja dan belajar sepanjang hari. Menu sarapan yang direkomendasikan adalah makanan berserat, seperti sayur, buah-buahan, susu, dan gandum. 

4. Makan Ikan 2 Kali Seminggu

Ikan memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang menyehatkan otak. Selain itu, mengonsumsi ikan secara teratur dapat menurunkan risiko stroke di hari tua. Para ahli gizi menyarankan konsumsi ikan paling tidak 2 kali seminggu.

5. Konsumsi Makanan Manis

Sobat Pintar pernah makan cemilan manis dan seketika merasa hidup kembali? Menikmati makanan dan minuman manis merupakan cara melatih otak agar fokus yang digemari orang banyak. Otak butuh glukosa dalam jumlah tertentu agar bisa berfungsi secara optimal.

6. Makan Cokelat dan Kacang

Kacang-kacangan dan dark chocolate memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan berfungsi dalam peningkatan fungsi kognitif yang berhubungan dengan kemampuan mempertahankan konsentrasi. Namun, tetap konsumsi dalam batas wajar mengingat cokelat mengandung gula yang tinggi.

7. Jaga Tidur Berkualitas

Saat tidur, otak mengatur ulang semua informasi yang diterima saat Sobat Pintar terjaga. Maka dari itu, tidak jarang seseorang dapat berpikir lebih tenang dan mendapatkan ide segar saat bangun tidur. 

8. Olahraga Teratur

Olahraga rutin sebanyak 3-4 kali seminggu terbukti mampu meningkatkan kualitas kesehatan, stamina, dan kemampuan konsentrasi. Tidak perlu olahraga berat, Sobat Pintar bisa melakukan jogging ringan untuk ini.

9. Bermain Games Latihan Otak

Sobat Pintar dapat menjaga kemampuan otak dengan bermain games yang didesain untuk melatih kemampuan kognitif. Games yang dimaksud misalnya catur, sudoku, dan permainan utak-atik angka yang lain. Sobat Pintar dapat mengunduh games tersebut di ponsel.

10. Konsumsi Kafein

Salah satu cara melatih otak agar fokus yang sering orang lakukan adalah minum kopi. Hal itu cukup efektif mengingat kopi mengandung kafein yang bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi.

11. Buat To-do List

Saat diserang banyak deadline, Sobat Pintar bisa menuliskan daftar tugas atau to-do list di kertas agar bisa menyusun skala prioritas. Setelahnya, Sobat Pintar mencoret satu per satu tugas yang sudah diselesaikan.

12. Minimalisasi Gangguan Saat Bekerja

Singkirkan segala macam gangguan saat bekerja, seperti ponsel, majalah, TV, dan sebagainya. Jika memungkinkan, cari tempat bekerja yang sepi agar konsentrasi Sobat Pintar terjaga.

13. Mendengarkan Musik

Saat dunia begitu bising di luar sana, Sobat Pintar bisa membuatnya senyap dengan musik dan earphone. Musik dipercaya mampu meningkatkan konsentrasi seseorang. Silakan pilih genre musik yang paling Sobat Pintar sukai.

14. Hindari Multitasking

Meski terkesan keren karena mengerjakan banyak hal, sebenarnya multitasking justru malah menurunkan produktivitas dan daya konsentrasi. Aturlah skala prioritas, selesaikan pekerjaan yang lebih penting terlebih dahulu.

15. Nikmati Alam

Cara melatih otak agar fokus terakhir yang bisa Sobat Pintar coba adalah berjalan di alam bebas. Kicauan burung, gemeletuk ranting pohon, desiran angin akan membuat pendengarnya menjadi rileks dan tenang.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk