12 Aturan Feng Shui Kamar Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur!

16 Jun 2021 by kreditpintar
12 Aturan Feng Shui Kamar Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur!

Ide dari feng shui sendiri adalah energi dalam rumah perlu mengalir dengan bebas dan memberi manfaat positif. Namun jika tata letaknya buruk, dapat menghasilkan energi negatif yang tidak baik bagi pemilik rumah. Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan saat menata rumah adalah feng shui kamar tidur.

Apabila Sobat Pintar memiliki feng shui kamar tidur yang baik, niscaya istirahat bisa lebih berkualitas. Selain itu, feng shui kamar tidur juga dipercaya mampu menghalangi Sobat Pintar dari segala gangguan yang datang di waktu tidur.

Berikut ini adalah beberapa aturan feng shui kamar tidur yang bisa Sobat Pintar terapkan. Semoga bisa membuat tidur Sobat Pintar lebih nyenyak. 

1. Posisi kamar tidur menurut aturan feng shui 

Idealnya kamar tidur harus berada di bagian yang tenang, jauh dari keributan jalan besar. Kamar tidur sebaiknya juga tidak terletak dekat ruang tamu dan pintu utama. 

Posisi kamar tidur disarankan untuk berada di lantai terpisah, jadi kalau rumah Sobat Pintar memiliki 2 lantai, kamar tidur bisa diletakkan di lantai atas. Selain itu juga sebaiknya kamar tidur tidak berada di atas garasi. 

2. Posisi tempat tidur dalam kamar menurut aturan feng shui

Posisi tempat tidur sebaiknya simetris dan menyandar sepenuhnya ke dinding. Jangan meletakkan tempat tidur dengan sudut yang tidak sejajar. 

Pastikan tempat tidur tidak berada di bawah jendela atau langit langit yang melandai. Tempat tidur tidak boleh bersandar pada dinding dengan toilet atau kompor dapur di belakangnya.

Sebaiknya posisi tempat tidur tidak mengarah ke pintu kamar atau kamar mandi. Hindari cermin yang dapat memantulkan badan ketika tidur. 

3. Hindari barang elektronik lain selain lampu

Hindari menaruh perangkat elektronik selain lampu di dalam kamar. Benda elektronik dapat memancarkan cahaya yang tidak alami dan elektromagnetik yang dapat mengganggu aliran chi. 

Selain itu benda-benda elektronik lain akan membuat kamar tidak mencapai kegelapan alami yang dapat mengganggu waktu istirahat Sobat Pintar. 

4. Pilih gorden yang tepat

Gorden dapat membuat kamar Sobat Pintar mengurangi cahaya dari luar ketika Sobat Pintar tidur. Pilih gorden dengan bahan dan ketebalan yang cukup untuk menghalangi lampu di jalan tetapi juga bisa menerima cahaya matahari. 

Dalam pemilihan warna gorden sebaiknya tidak menggunakan warna terlalu terang seperti merah atau warna yang terlalu gelap seperti hitam. Pilihlah warna gorden yang lebih natural. 

5. Memasang kepala tempat tidur

Kepala tempat tidur (headboard) memainkan peran psikologis yang besar dalam rasa kesejahteraan dan keamanan Sobat Pintar. Pilihlah headboard yang kokoh. 

6. Lebih baik memilih furnitur dengan sudut bundar bukan tajam

Chi memiliki kesulitan untuk mengalir di sekitar sudut benda daripada di permukaan yang membulat.

Jika memang memiliki sudut yang tajam, jangan arahkan sudut ini ke tempat tidur Sobat Pintar. Hal ini disebut dengan “panah beracun” dalam aturan feng shui yang dapat merusak aliran chi. 

Meja dengan sudut berbentuk bundar lebih baik daripada meja persegi. Meja sudut persegi dengan alur bundar dan tepian lebih halus akan lebih baik daripada meja tanpa tepi dekoratif sama sekali.

7. Cahaya natural penting menurut feng shui kamar tidur

Sebisa mungkin kamar dapat disinari oleh cahaya alami. Cahaya alami dari bulan ataupun matahari dapat mengatur tingkat energi Sobat Pintar untuk menjalankan kegiatan sehari-hari. 

Setiap tirai jendela harus mudah dibuka dan ditutup dan sebaiknya jendela berada di samping tempat tidur. Jika jendela berada di belakang tempat tidur Sobat Pintar tidak akan mendapat manfaat dari cahaya, dan jika berada di kaki tempat tidur Sobat Pintar, Sobat Pintar akan mendapatkan terlalu banyak cahaya di mata Sobat Pintar saat tidur.

Jangan menutupi jendela dengan meja rias atau kepala tempat tidur. Lebih baik jika jendela tidak dihalangi oleh benda apa pun.

Membuka jendela Sobat Pintar di malam hari dapat mengalirkan udara segar dan chi. Udara segar, sejuk, dan aroma alami di malam hari  memberikan tidur malam yang nyenyak.

8. Hindari membuat kamar menjadi ruangan yang serba guna

Kamar tidur harus menjadi tempat tidur saja. Jangan digabungkan untuk melakukan kegiatan lain seperti bekerja. Jika Sobat Pintar membuat kamar menjadi kantor Sobat Pintar juga, secara psikologis dapat melatih pikiran Sobat Pintar jadi lebih aktif di ruangan itu, bukan untuk tidur dan rileks. 

Hal ini sesuai dengan aturan feng shui yang melarang benturan energi yang salah yang ujung-ujungnya menciptakan ketidakseimbangan chi. 

9. Jangan menyimpan barang di bawah tempat tidur

Jangan menyimpan barang apapun di bawah tempat tidur Sobat Pintar, terutama barang-barang yang tidak berhubungan dengan tidur atau pakaian, walaupun Sobat Pintar memiliki rok tempat tidur yang menyembunyikannya dari pandangan.

Hal ini karena Sobat Pintar ingin aliran udara di bawah tempat tidur untuk membantu aliran udara untuk menghindari munculnya jamur pada busa kasur yang dikarenakan kelembaban dari badan Sobat Pintar sendiri.  

10. Tanaman tidak baik diletakkan dalam kamar tidur menurut feng shui 

Menggunakan tanaman untuk menyeimbangkan energi di ruangan lain memang disarankan. Tetapi tidak untuk kamar tidur. Sobat Pintar ingin chi sedikit mengalir tapi tetap pasif di dalam ruangan tempat tubuh Sobat Pintar beristirahat.

Tanaman menciptakan aliran energi aktif, mengedarkannya ke atas menuju langit-langit sehingga dapat mengganggu tidur. Sobat Pintar juga akan merasa sulit untuk membuat simetri dan untuk menjaga skema warna gratis jika ada tanaman di dalam ruangan.

11. Jangan menggunakan elemen air untuk dekorasi kamar tidur

Air tidak pernah beristirahat. Air adalah energi aktif yang bergerak dengan kuat, sehingga dapat mengganggu energi tenang saat melalui ruangan.

Hindari benda berelemen air contohnya seperti akuarium, atau lukisan air dalam kamar tidur. Walaupun air dikatakan menciptakan kekayaan dan kelimpahan, air melawan api di feng shui di kamar tidur Sobat Pintar dan tidak baik untuk kesehatan mental. 

12. Gunakan warna-warna natural di dalam kamar tidur

Ketika memilih warna untuk dinding, dekorasi, dan furniture Sobat Pintar, cobalah berpegang pada nuansa warna yang dapat ditemukan di alam. Hindari warna-warna mencolok seperti merah cerah, oranye, dan kuning.

Berhati-hatilah dengan kombinasi warna. Sobat Pintar bisa memilih warna sekunder untuk memberi sentuhan dan membuat benda tertentu terlihat menonjol. Hanya saja, pastikan kombinasi dua warna ini membawa suasana yang menenangkan. 

Feng shui adalah praktik kuno yang menyeimbangkan berbagai elemen untuk menciptakan ruang yang harmonis.

Memasukkan konsep feng shui ke dalam tata letak ruangan Sobat Pintar termasuk mengatur dan mendekorasi kamar dapat menghasilkan suasana damai dan meningkatkan kualitas tidur Sobat Pintar.

Dengan mengikuti Aturan feng shui untuk kamar tidur, Sobat Pintar akan dapat menemukan posisi yang paling sesuai untuk ruangan tersebut.

Tempat tidur menurut aturan feng shui untuk kamar tidur, menyiratkan bahwa kualitas tidur Sobat Pintar akan meningkat terlepas dari apakah posisi ini membawa keberuntungan atau tidak. 

Semoga dengan praktik feng shui kamar tidur di atas, Sobat Pintar bisa beristirahat lebih nyaman dan tidur lebih nyenyak.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload