10 Cara Mengatur Gaji Bulanan Buat Yang Susah Nabung!

28 Jun 2021 by Laruan

Setiap orang pasti ingin memiliki tabungan yang cukup untuk masa depan. Hanya saja, setiap mendapatkan gaji, pasti ada aja pengeluaran yang harus dibayar dan tabungan tidak bertambah. Mengelola keuangan sangat penting agar bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Selain itu, Sobat Pintar harus punya kesadaran juga mengumpulkan dana yang cukup untuk masa depan. Tidak sedikit orang yang memiliki gaji yang cukup tinggi tetapi karena boros tidak memiliki tabungan yang cukup. Nah, berikut beberapa tips dan cara mengatur gaji bulanan agar bisa tetap menabung!

10 Cara Mengatur Gaji Bulanan Buat Yang Susah Nabung!

1. Buat anggaran pengeluaran sesuai kebutuhan

Buatlah daftar semua pengeluaran setiap bulannya seperti uang sewa, tagihan listrik, makanan, transportasi, dan kebutuhan lainnya. 

Coba bedakan mana yang merupakan kebutuhan, dan mana yang merupakan keinginan. Dengan membuat daftar biaya pengeluaran ini Sobat Pintar dapat memperkirakan berapa jumlah uang yang dikeluarkan. 

Hati-hati dengan kebiasaan kecil yang tidak terlalu penting. Misalnya, daripada Sobat Pintar setiap hari minum kopi di cafe, lebih baik menyeduh kopi sendiri. 

Dengan merencanakan pengeluaran, Sobat Pintar bisa menghemat lebih banyak uang dalam jangka panjang. 

2. Gunakan aturan 50-30-20 sebagai cara mengatur gaji bulanan

Sobat Pintar dapat menggunakan aturan 50/30/20 sebagai cara mengatur gaji bulanan, yaitu dengan memilah gaji dalam tiga kategori utama, yaitu:

  • 50% untuk memenuhi biaya kebutuhan sehari-hari, contohnya biaya sewa, makan, dll
  • 30% untuk memenuhi keinginan, contohnya nonton bioskop, shopping, dll
  • 20% untuk ditabung dalam instrumen keuangan seperti dana darurat, investasi, dll. 

3. Jangan suka pamer ke orang lain

Rata-rata orang menghabiskan terlalu banyak uang untuk hal yang tidak penting yaitu pamer. 

Dari mobil mewah hingga pakaian bermerek, sebagian besar dari apa yang kita beli lebih berkaitan dengan bagaimana bisa membuat orang lain terkesan, bukan membeli sesuatu yang benar-benar kita inginkan dan nikmati.

Belilah barang yang memang Sobat Pintar suka, jangan buang-buang duit untuk membeli sesuatu hanya untuk pamer ke orang lain.  

4. Lebih bijaksana dalam membeli sesuatu

Saran yang harus selalu Sobat Pintar ingat adalah, jangan membeli secara impulsif. Memang kedengarannya gampang, tetapi ketika Sobat Pintar melihat barang yang lagi diskon atau promo, apakah sebaiknya Sobat Pintar beli walaupun tidak direncanakan?

Masalah inilah yang sering kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Menghindari pembelian impulsif adalah cara agar dapat mengatur gaji bulanan dengan baik. 

Sebelum membeli sesuatu, pikirkan baik-baik. Apakah Sobat Pintar butuh? Apakah kualitasnya bagus? Dan apakah nilai yang didapatkan sesuai dengan harga yang dibayar?

Menanyakan kepada diri sendiri beberapa pertanyaan ini sebelum membeli akan memastikan Sobat Pintar melakukan pembelian yang bijaksana.

5. Miliki dana darurat

Miliki dana darurat

Sobat Pintar harus memastikan bahwa Sobat Pintar memiliki dana darurat. Pada prinsipnya,  Sobat Pintar harus memiliki dana yang cukup untuk biaya hidup selama tiga atau enam bulan.

Hal ini untuk memastikan jika Sobat Pintar kehilangan gaji, Sobat Pintar masih dapat membayar pengeluaran bulanan Sobat Pintar untuk jangka waktu tertentu.

Cara menabung dana darurat adalah dengan mengatur dan menyisihkan sebagian gaji bulanan Sobat Pintar ke rekening darurat. 

6. Memiliki asuransi

Poin ini sering diremehkan oleh banyak orang. Kenapa asuransi penting? Karena dengan asuransi, Sobat Pintar dapat terlindung dari kejadian yang tidak diinginkan. 

Jangan sampai Sobat Pintar jatuh sakit semua hasil kerja keras yang Sobat Pintar kumpulkan habis digunakan untuk membayar biaya pengobatan yang besar. 

Karena itulah, penting untuk mengatur gaji bulanan Sobat Pintar dan menyisihkan sebagiannya untuk membayar premi asuransi karena merupakan cara yang tepat untuk melindungi penghasilan Sobat Pintar.

Carilah asuransi yang sesuai dengan pendapatan dan kebutuhan Sobat Pintar. Asuransi akan memberikan ketenangan pikiran. 

7. Tetapkan tujuan keuangan jangka panjang, bagian dari cara mengatur gaji bulanan Sobat Pintar

Sobat Pintar harus menetapkan tujuan keuangan jangka panjang, termasuk tujuan membeli rumah, tujuan pendidikan anak-anak, dan tujuan pensiun antara lain.

Tujuan keuangan membantu mengingatkan bahwa Sobat Pintar berada di jalur yang benar dan Sobat Pintar terdorong untuk meningkatkan kekayaan Sobat Pintar dari waktu ke waktu.

Sobat Pintar akan dapat mengalokasikan sebagian dari gaji Sobat Pintar untuk tujuan yang jelas, salah satunya adalah belajar dan menambah keahlian sehingga dapat meningkatkan potensi penghasilan Sobat Pintar.

8. Alokasikan gaji untuk investasi

Seperti yang dibahas di atas, sebagian dari gaji Sobat Pintar harus disisihkan sebagai tabungan yang kemudian dapat diinvestasikan. 

Setelah Sobat Pintar mengumpulkan tabungan yang cukup, Sobat Pintar bisa menggunakan uang yang terkumpul dari gaji bulanan dan mengelolanya dengan cara berinvestasi. 

Investasikan uang lebih Sobat Pintar dalam instrumen seperti reksadana, obligasi, saham atau pasar uang. Hal ini adalah cara lain untuk mengatur dan meningkatkan gaji bulanan Sobat Pintar tanpa harus bekerja lebih lama.

Pilihlah instrumen sesuai dengan profil risiko Sobat Pintar. Pelajari terlebih dahulu sebelum Sobat Pintar melakukan investasi. 

9. Gunakan kartu kredit dengan tepat dalam mengatur gaji bulanan 

Kartu kredit tidak sepenuhnya buruk bagi keuangan atau finansial Sobat Pintar. Ada beberapa manfaat yang ditawarkan oleh kartu kredit seperti cash back pembelian, diskon, dan promo lainnya.

Yang harus Sobat Pintar ingat adalah, gunakan kartu kredit hanya jika Sobat Pintar mampu melunasinya di akhir bulan.

Jika Sobat Pintar melunasi saldo kartu kredit Sobat Pintar setiap bulan, Sobat Pintar tidak akan dikenakan biaya bunga dan pada dasarnya sama dengan membayar tunai.

Namun, jika Sobat Pintar tidak melunasi saldo Sobat Pintar setiap bulan, bunga yang timbul dapat menjadi beban Sobat Pintar.

Itulah sebabnya, Sobat Pintar harus berhati-hati dengan kartu kredit. Kendalikan diri Sobat Pintar jangan sampai Sobat Pintar membeli lebih banyak barang dan pada akhirnya tidak bisa melunasi hutang kartu kredit.

10. Memiliki rencana pelunasan hutang yang baik

Bunga yang timbul dari hutang yang belum dibayar, seperti kartu kredit, kredit mobil, atau rumah dapat berdampak buruk bagi keuangan pribadi Sobat Pintar. Sebisa mungkin segera bayar hutang yang Sobat Pintar miliki.

Jika Sobat Pintar meminjam uang untuk berinvestasi atau memulai bisnis, pastikan untuk melunasi hutang segera setelah Sobat Pintar mulai menghasilkan pendapatan.

Bagi Sobat Pintar yang membutuhkan kredit pinjaman dengan bunga rendah, Sobat Pintar bisa menggunakan layanan dari Kredit Pintar. 

Kredit Pintar adalah aplikasi yang menyediakan akses yang mudah untuk mendapatkan pinjaman jangka pendek. Sobat Pintar bisa menikmati keuntungan seperti proses pengajuan yang cepat, bunga rendah untuk setiap pinjaman, dan tentunya aman karena terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Terima pinjaman cepat hingga Rp 20 juta dengan proses tidak sampai 10 menit! Langsung saja download aplikasinya sekarang. 

Itulah 10 tips bagaimana Sobat Pintar bisa mengatur gaji bulanan Sobat Pintar dengan cara yang sudah disebutkan di atas. Penting sekali mengelola keuangan secara tepat agar dapat terhindar dari masalah finansial di masa depan. 

Kurangi pengeluaran yang tidak penting dan tabunglah uang yang Sobat Pintar dapatkan, masa depan Sobat Pintar pun akan lebih stabil dan terjamin!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload