Yuk, Intip Peluang Usaha di Bulan Ramadhan yang Gampang Laku

07 Apr 2021 by Laruan
peluang usaha di bulan ramadhan

Sebentar lagi kita akan bertemu kembali dengan bulan suci Ramadhan. Segala aktivitas dan rutinitas masyarakat mulai mengalami adaptasi untuk menyambut bulan Ramadhan, mulai dari pola makan, gaya hidup, kebutuhan sehari-hari, hingga waktu ibadah.

Selain itu, bulan Ramadhan juga mendatangkan ladang rezeki dari perubahan kehidupan masyarakat. Hal ini dapat kamu manfaatkan sebagai peluang usaha. Mulai dari hal kecil di sekitar lingkunganmu, amati kultur konsumsi masyarakat saat bulan Ramadhan dan jadikan peluang usaha selama satu bulan.

Untuk kamu yang belum memiliki ide peluang usaha yang cocok, berikut ini adalah empat bisnis yang menguntungkan saat bulan Ramadhan.

Berjualan Takjil untuk menu berbuka puasa

Peluang usaha yang paling cocok dijalankan selama bulan Ramadhan adalah berjualan menu takjil. Pada sore hari sampai menjelang maghrib, umumnya masyarakat akan mencari menu berbuka puasa sembari menunggu waktu maghrib. Kegiatan ini dikenal sebagai ngabuburit.

Saat ngabuburit ini muncullah peluang usaha berjualan takjil. Kamu dapat menyajikan minuman penyegar yang menggiurkan seperti jus buah, sop buah, es podeng, sirup dingin, sampai teh hangat. kemaslah dalam gelas yang bersih dan tertutup rapat sehingga pembeli tidak khawatir minumannya akan tumpah.

Kamu juga dapat berjualan makanan pembuka seperti kue basah, jajanan pasar, pudding, hingga es kolang-kaling. Modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, sehingga jangan mematok harga terlalu tinggi.

Usaha catering menu berbuka dan sahur

Usaha ini cocok untuk kamu yang tinggal di sekitar kos atau asrama mahasiswa. Umumnya mahasiswa tidak sempat untuk memasak makanan sahur sendiri. Oleh karena itu usaha catering untuk sahur dan berbuka dapat menjadi peluang usaha yang tepat.

Karena target konsumen kamu adalah mahasiswa, disarankan untuk menawarkan paket murah misalnya dengan berlangganan paket sahur dan berbuka lebih murah dibandingkan hanya berlangganan paket sahur. Selain itu kombinasikan berbagai menu makanan supaya pembeli tidak cepat bosan.

Saat membuka usaha catering, pastikan makanan yang kamu buat enak dan memuaskan konsumen. Carilah resep-resep masakan terbaru di internet dan mulailah belajar dari sekarang.

Berjualan kurma

Kurma sangat identik dengan bulan Ramadhan. Saat bulan Ramadhan tiba, permintaan buah kurma akan meningkat pesat. Umumnya umat muslim memakan kurma saat berbuka puasa, sesuai anjuran Nabi Muhammad.

Buah kurma tidak tumbuh di Indonesia, oleh karena itu kamu harus mencari agen penjual kurma mulai dari sekarang. Biasanya agen akan menawarkan dalam jumlah banyak, seperti satu dua peti. Sebagai penjual sajikan kurma-kurma tersebut dalam berbagai kemasan. Bedakan menurut berat serta jenisnya supaya konsumen mudah memilihnya.

Tak hanya kurma, permintaan jenis buah-buahan lainnya pun meningkat saat bulan Ramadhan, seperti semangka, melon, labu, kolang-kaling, dan lainnya. Umumnya buah-buahan ini disajikan sebagai menu pelengkap berbuka puasa.

Berjualan busana muslim

Menjelang akhir bulan Ramadhan, masyarakat akan bersiap-siap menyambut hari raya Idul Fitri. Berbagai persiapan yang dilakukan salah satunya adalah membeli busana muslim. Kesempatan ini dapat kamu manfaatkan untuk berjualan busana muslim.

Selain itu, berjualan busana muslim juga cocok dijalankan di luar bulan Ramadhan. Tren masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam lebih suka membeli busana muslim untuk pakaian sehari-hari. Karena itulah kamu tidak perlu khawatir kehilangan pembeli di luar bulan Ramadhan.

Tentunya untuk berjualan busana muslim membutuhkan modal yang tidak sedikit. Namun, kamu dapat mengajukan pinjaman instan di aplikasi Kredit Pintar. Selain itu, Kredit Pintar juga menyediakan pinjaman instan untuk bekal kamu pulang mudik kampung di Hari Raya Idul Fitri. Tunggu apalagi, download aplikasi KreditPintar sekarang, ya!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload