Xiaomi Poco F3 Siap Menjadi Salah Satu Flagship Murah Tergahar

Xiaomi Poco F3 Siap Menjadi Salah Satu Flagship Murah Tergahar

14 May 2021 by kreditpintar
xiaomi poco f3

Xiaomi Poco F3 diluncurkan pada Maret 2021, bersama “tandemnya” yang lebih murah, Poco X3 Pro. Meskipun merek Poco telah mengeluarkan banyak ponsel sejak Pocophone F1 (atau Poco F1 di beberapa pasar) yang sukses besar di tahun 2018, Poco F3 mungkin jadi perangkat lanjutan dari F1. Ponsel ini memiliki beberapa spesifikasi kelas atas yang diinginkan banyak pengguna, namun datang dengan budget rendah yang tidak akan pernah bisa ditandingi oleh Poco F2 Pro.

Masalah yang dihadapi Poco selama tiga tahun terakhir adalah ketergantungannya pada Xiaomi. Meskipun Poco mengatakan itu adalah merek yang sepenuhnya sudah independen sekarang, sebagian besar perangkatnya adalah merek ponsel lain di bawah payung Xiaomi, yang mencakup Poco F3 ini.Pada akhirnya, ketergantungan pada Xiaomi – dan “tampilan” Android Xiaomi yang dikenal sebagai MIUI – masih terus berlanjut dan kemungkinan akan terus bersama Xiaomi.

Untuk membahas lebih detail, mari kita bahas harga dan spesifikasinya.  

Kesan awal

Xiaomi Poco F3 memiliki pembaruan baru di MIUI 12.0.2. Xiaomi / Poco tidak memperbarui sistem keamanan tetapi membawa beberapa peningkatan stabilitas performa yang bisa dirasakan di sentuhan pertama. Namun, saat boot pertama setelah pembaruan, terjadi masalah. Tampilannya hilang, lalu dengan menekan tombol “recent” justru membawa Sobat Pintar ke halaman layar berSobat Pintar yang kosong. Hard Reboot (menahan tombol daya selama 10 detik) adalah satu-satunya cara untuk memperbaiki masalah tersebut.

Selain itu, “refresh” mode juga menjadi perhatian khusus terutama pada kecepatannya. Bisa  dikatakan bahwa kecepatan refresh tidak adaptif dan cukup lama. Ini hanya sebagian yang benar dan perlu observasi lanjutan. Dan ternyata benar, kecepatan “refresh” memerlukan beberapa waktu untuk kembali ke performa normal. Pada kenyataannya, ponsel ini mampu melakukan bounce bolak-balik antara 120 Hz dan 60Hz. Namun, ini masih tidak begitu adaptif seperti flagship di kelasnya yang lebih mahal. Untuk budget 5 jutaan, ponsel ini tergolong cepat. 

Ponsel murah dengan tampilan premium

Poco F3 adalah versi Redmi K40 yang diganti merek. Seperti yang kita ketahui bahwa kedua perusahaan tersebut adalah anak perusahaan Xiaomi. Terlepas dari nama atau sub-perusahaan di nama Xiaomi, ponsel ini ada untuk satu tujuan: menawarkan beberapa fitur kelas atas sambil menghilangkan sebagian besar spesifikasi lainnya untuk menjaga budget tetap rendah. Poco menggambarkannya dengan cukup baik dengan slogannya: “Semua yang Sobat Pintar butuhkan, tidak ada yang tidak Sobat Pintar butuhkan.”

Dengan pemikiran tersebut, Poco F3 memiliki beberapa fitur penting yang membedakannya dari ponsel lain dalam kisaran budgetnya. Layar FHD + dengan kecepatan refresh 120Hz, ponsel ini bisa dibilang cepat, seperti halnya chipset Qualcomm Snapdragon 870. Baterai yang cukup besar, dukungan 5G, dan pengaturan kamera yang cukup baik adalah fitur-fitur yang perlu kita perhatikan dan pertimbangkan untuk ponsel di kelas 5 jutaan.  Harga dan fiturnya cukup seimbang dan menjanjikan. 

Sekilas, Poco F3 tidak terlihat atau terasa seperti smartphone sebudget 5 jutaan. Ada kaca/glass display yang menutupi bagian depan dan belakang. Lapisan pinggir yang mengelilingi tepi ponsel terbuat dari plastik berkualitas sangat tinggi yang terasa seperti logam. Screen cut di tengah cukup kecil – terasa lebih kecil dari yang akan Sobat Pintar temukan bahkan pada Samsung Galaxy S21. Konstruksi yang ada pada F3 terasa sangat premium. Banyak sekali desain Poco F3 membuat ponsel ini Nampak mahal walaupun budgetnya sangat terjangkau. 

Tentu saja, orang-orang yang mengetahui banyak tentang industri smartphone akan dapat melihat bagaimana Poco mengambil jalan pintas. Gorilla Glass 5 yang menutupi bagian depan dan belakang, misalnya, adalah produk berusia lima tahun. Bezel yang mengelilingi layar datar cukup tebal. Sensor sidik jari yang dipasang di samping cukup brilian. Fingerprint yang berfungsi sebagai tombol daya juga merupakan petunjuk nyata bahwa ponsel ini bukan unggulan premium, namun cara Xiaomi membuat ponsel ini terasa premium patut diacungi jempol

Tampilan

Tak ayal, tampilan pada Poco F3 menjadi salah satu yang menjadi sorotan. Dengan 6,67 inci, layarnya sangat besar. Tampilannya sangat cerah dan terang. Kecerahannya mencapai 1300 nits. Warna display juga menjadi keunggulan tersendiri pada ponsel ini. Walau tampilannya sangat cerah dan berwarna, bintangnya tidak terletak di situ. Unggulan dari ponsel ini adalah kecepatan refreshnya yang mencapai 120Hz dan kecepatan saat sampling mencapai 360Hz. 

Jika digabungkan, fitur-fitur ini memberikan pengalaman yang sangat “smooth” saat Sobat Pintar menggeser dan mengotak-atik tampilan. Tingkat kecepatan sensitivitas layar sentuh yang tinggi itu juga akan menjadi keuntungan bagi para gamer, karena membantu mempercepat respons dari sentuhan layar Sobat Pintar.

Sensitivitas dan kecepatan

Perhatikan bahwa Poco hanya memberi Sobat Pintar dua opsi untuk kecepatan refresh: 60Hz atau 120Hz. Sobat Pintar tidak dapat memisahkan keduanya dan menggunakan kecepatan 90Hz seperti yang Sobat Pintar bisa lakukan dengan beberapa ponsel lain. Kecepatan refresh secara otomatis memantul di antara dua frekuensi ini tergantung pada aplikasinya. Dengan kata lain, jika Sobat Pintar memiliki aplikasi yang tidak mendukung 120Hz, maka akan kembali ke 60Hz. Hal ini yang membuat ponsel ini tidak cukup adaptif namun masih bisa dimaafkan karena budgetnya terjangkau di kelasnya. 

Sensitivitas layarnya juga menjadi perhatian khusus. Jika Sobat Pintar gamer, Sobat Pintar akan sangat memilih ponsel ini. Masuk dalam kategori flagship, Poco F3 tidak datang dengan budget yang mahal. Ini akan menjadi competitor yang paling menjanjikan. Murah tapi gahar. Itulah julukan yang akan kami sematkan pada Xiaomi Poco F3. Berbekal 6GB RAM, ponsel ini akan memberikan kecepatan performa yang lain dari yang lain jika dibandingkan dengan flagship di kelasnya. 

Bisa dikatakan memori dan chipset yang dipakai akan membuat ponsel ini sulit dikalahkan. 

Dapatkan Xiaomi Poco F3 dengan Mudah

Poco F3 sudah tersedia di berbagai marketplace populer di Indonesia. Sobat Pintar bisa mendapatkannya dengan mudah. Jika Sobat Pintar sudah merencanakan sejak jauh, pantau flash sale yang biasanya akan memberikan potongan banyak. Dengan budget murah, Sobat Pintar mendapatkan fitur dan tampilan premium yang tidak akan Sobat Pintar dapatkan di ponsel competitor. 

Sobat Pintar juga bisa menggunakan Kredit Pintar untuk mendapatkan ponsel ini. Caranya mudah. Cukup mendaftarkan diri Sobat Pintar untuk mengajukan pinjaman online melalui situs resminya. Sobat Pintar hanya perlu KTP dan beberapa isian form untuk mengajukan pinjaman uang. Sobat Pintar tak perlu khawatir dengan biaya dan bunga. Bunga kecil membuat pinjaman online ini menjadi salah satu yang terbaik.

Pilih jumlah pinjaman sesuai kemampuan dan kebutuhan Sobat Pintar. Pilih jangka angsuran yang Sobat Pintar akan gunakan sebagai patokan angsuran tiap bulannya dengan bunga kecil. Pastikan Sobat Pintar sudah menghitung matang pendapatan dan pengeluaran yang Sobat Pintar akan keluarkan termasuk angsuran yang akan Sobat Pintar bayar di Kredit Pintar.

kredit pintar