Wajib Tahu, Ini 6 Cara Meningkatkan Kreativitas

23 Jun 2021 by Laruan
Wajib Tahu, Ini 6 Cara Meningkatkan Kreativitas

Setiap kita dibekali dengan talenta dan kreativitas yang berbeda-beda. Sebuah keunikan yang membuat kita dapat berkolaborasi satu sama lain. Sejumlah orang berpikir, bahwa kreativitas hanya dibutuhkan oleh para seniman atau pekerja seni. Itu adalah pandangan yang keliru. Kreativitas sebenarnya dibutuhkan pada pekerjaan apapun agar kita dapat bekerja dengan maksimal dan optimal.  Ketika kita dipertemukan dengan berbagai masalah, kita dapat menggunakan kreativitas kita untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan praktis dan cemerlang. Lantas, apakah kreativitas kita dapatkan begitu saja? Tentu saja tidak. Kreativitas harus kita latih dan kita tingkatkan. Berikut adalah 6 cara meningkatkan kreativitas tanpa batas yang dapat Sobat Pintar terapkan. 

1. Bergaul dengan Orang Kreatif

Percayalah bahwa lingkungan punya pengaruh yang kuat terhadap kehidupan kita. Dengan siapa kita bergaul, dimana kita bergaul dan apa yang kita lakukan ketika bergaul, tentu akan membentuk citra diri kita. Pergaulan yang buruk dapat merusak kebiasaan baik yang kita miliki. 

Cara meningkatkan kreativitas yang pertama adalah dengan bergaul dengan orang yang kreatif. Ini akan menstimulasi Sobat Pintar untuk terus meningkatkan kreativitas. Umumnya, orang yang memiliki kreativitas tinggi adalah mereka yang berusaha untuk terus berkarya di dunia pekerjaan atau sosialnya. Manfaatkan waktu bersama dengan orang-orang seperti ini dengan bertukar ide, atau meminta saran dan kritik dari mereka. 

2. Perbanyak Baca Buku

Tak satupun orang yang dapat membantah kutipan “buku adalah jendela ilmu”. Sebagian orang besar bahkan pemimpin-pemimpin di dunia ini lahir dari kesukaan mereka membaca buku. Buku adalah gudang imajinasi dan inspirasi kita. Dengan membaca buku, otak kita akan dilatih untuk terus bekerja mengimajinasikan sesuatu dan menginspirasi kita untuk melakukan sesuatu. Selain itu, dengan membaca buku, Sobat Pintar akan menemukan berbagai informasi dan pengetahuan yang bermanfaat. 

3. Peka Terhadap Lingkungan 

Cara meningkatkan kreativitas berikutnya adalah peka terhadap lingkungan sekitar. Jangan menutup diri dari lingkungan. Cobalah untuk selalu peka terhadap apa yang terjadi di sekitar Sobat Pintar. Lingkungan akan memberikan Sobat Pintar ide yang dapat menginspirasi Sobat Pintar. Lingkungan dimana kamu tinggal, dimana kamu kerja, akan menjadi guru yang baik untuk Sobat Pintar meningkatkan kreativitas. 

4. Sediakan Buku Catatan

Ide kadang muncul kapan pun dan dimana pun. Tak bisa ditebak waktu dan tempatnya. Jadi ada baiknya, Sobat Pintar menyiapkan sebuah catatan untuk menulis setiap ide atau inspirasi yang Sobat Pintar temui ketika membaca buku, bergaul atau mengamati lingkungan di sekitar. Dengan melakukan hal ini, Sobat Pintar telah mengumpulkan amunisi yang baik guna meningkatkan kreativitas yang Sobat Pintar miliki. 

5. Eksekusi Ide dan Nikmati

Setiap ide yang Sobat Pintar catat harus dieksekusi dan terapkan dalam kehidupan Sobat Pintar. Menerapkan ide akan meningkatkan kreativitas Sobat Pintar secara nyata, tak sekedar angan-angan. Belajar dari ide yang Sobat Pintar temukan dan melakukan itu dengan bahagia tanpa rasa beban sedikitpun. Jika Sobat Pintar memiliki ide untuk menjadi creator di YouTube atau platform sejenis, maka Sobat Pintar harus menerapkan hal itu se-gigih mungkin. Kreativitas terbangun saat kita mengeksekusi ide kita. 

6. Atasi Rasa Takut dan Kegagalan

Takut akan gagal sama dengan takut akan berhasil. Faktanya, tidak ada satupun manusia yang tidak mengalami kegagalan saat bekerja ataupun berkarya. Kegagalan akan memberikan pengalaman berharga dalam kehidupan kita. Tentu hal ini akan meningkatkan kreativitas kita dari kesalahan atau kegagalan yang kita lalui. 

Itulah 6 cara meningkatkan kreativitas yang dapat Sobat Pintar lakukan. Di era serba digital seperti sekarang ini, meningkatkan kreativitas jadi hal yang sangat fundamental dan wajib untuk dilakukan. Hal ini bisa kita kategorikan sebagai investasi diri sendiri yang akan sangat berguna untuk masa depan yang kita miliki.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload