Virtual Account Adalah: Kenali Keunggulan dan Cara Kerjanya

25 Dec 2023 by kreditpintar, Last edit: 27 Dec 2023

Virtual account adalah nomor rekening yang dibuat secara virtual untuk keperluan transaksi elektronik. Biasanya, virtual account digunakan untuk pembayaran tagihan, pembelian online, atau transaksi keuangan lainnya. 

Walaupun tidak memiliki fisik seperti rekening tradisional, virtual account memiliki nomor unik yang dapat diidentifikasi. Sehingga, memungkinkan orang untuk mentransfer dana atau melakukan transaksi tanpa perlu mengungkapkan informasi rekening utama. Pembayaran menggunakan virtual account saat ini dinilai lebih fleksibel dan praktis.

Virtual Account untuk Memudahkan Transaksi

Perbankan modern mendukung fungsionalitas yang diperluas untuk akun virtual. Untuk setiap akun virtual, kini Anda dapat melacak saldo, mengambil daftar transaksi, dan melakukan pembayaran secara langsung.

Virtual account mengacu pada nomor rekening alias yang terhubung dengan rekening bank fisik. Nomor rekening ini digunakan untuk menerima pembayaran yang masuk ke rekening bank tertaut. Dengan cara ini, akun virtual mirip dengan beberapa alias email yang dapat digunakan untuk meneruskan email ke satu kotak masuk email.

Layanan perbankan ini memungkinkan perusahaan atau individu untuk dapat memiliki nomor rekening virtual yang digunakan untuk menerima pembayaran dari berbagai sumber, seperti pelanggan atau klien. Konsep ini berguna untuk mengelola pembayaran massal atau berulang, misalnya tagihan bulanan dan pembayaran e-commerce.

Virtual account adalah solusi inovatif untuk masalah ini bagi dunia usaha, mulai dari perusahaan rintisan hingga perusahaan mapan. Rekening ini seperti rekening bank biasa tetapi tidak memiliki keberadaan fisik dan bersifat sementara, bertransaksi atas nama akun nyata.

Tergantung pada kebutuhan transaksi, virtual account dapat ditetapkan sebagai penggunaan tunggal atau penggunaan ganda. Pembayaran dapat dilakukan ke rekening virtual menggunakan metode transfer bank tradisional, memberikan solusi pembayaran yang efisien dan aman bagi bisnis.

Baca juga: Pentingnya Kode OTP Untuk Mengamankan Akun Kredit Pintar

Cara Kerja Virtual Account Bank

Begini cara kerjanya secara singkat.

  • Pembuatan Nomor Virtual Account

Bank mengeluarkan nomor rekening virtual kepada pemilik rekening (perusahaan/individu). Nomor ini biasanya terkait dengan informasi tertentu seperti nama perusahaan atau referensi pembayaran.

  • Pemberitahuan Pembayaran 

Jika seorang pelanggan atau klien ingin melakukan pembayaran, bank akan memberikan nomor rekening virtual tersebut beserta informasi yang dibutuhkan, seperti jumlah yang harus dibayar dan informasi tambahan yang diperlukan (misalnya nomor faktur atau nomor pelanggan).

  • Pembayaran oleh Pelanggan 

Pelanggan atau klien melakukan transfer dana ke nomor rekening virtual yang telah diberikan. Mereka juga memasukkan informasi tambahan yang mungkin diminta oleh bank, seperti nomor faktur atau referensi lainnya.

  • Pengenalan Transaksi 

Setelah dana masuk ke nomor rekening virtual, bank dapat mengidentifikasi sumber dana berdasarkan informasi tambahan yang disertakan. Ini memungkinkan perusahaan atau individu yang memiliki virtual account untuk mengenali pembayaran tersebut secara otomatis.

  • Otomatisasi Proses 

Setelah transaksi dikenali, bank dapat mengotomatisasi proses selanjutnya, seperti pembaruan status pembayaran, pengiriman barang atau layanan, dan rekonsiliasi keuangan.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Transfer DANA

Keuntungan Virtual Account Bank

  • Keamanan Finansial 

Penggunaan virtual account dapat meningkatkan keamanan finansial, karena nomor rekening utama tidak perlu diungkapkan dalam setiap transaksi. Ini mengurangi risiko pencurian identitas atau penyalahgunaan informasi keuangan.

  • Kemudahan Pelacakan Transaksi

Virtual account memudahkan pelacakan transaksi secara elektronik. Dengan nomor rekening virtual yang terkait dengan setiap transaksi, pengguna dapat dengan mudah memeriksa dan memverifikasi pembayaran atau penerimaan dana.

  • Fleksibilitas Pembayaran

Pengguna dapat dengan mudah melakukan pembayaran tagihan atau transaksi keuangan lainnya secara online menggunakan virtual account. Ini memberikan fleksibilitas bagi pengguna untuk melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja.

  • Integrasi dengan Sistem Otomatis 

Virtual account dapat diintegrasikan dengan sistem otomatis, memungkinkan perusahaan atau institusi untuk secara efisien memproses dan mendeteksi pembayaran yang masuk. Hal ini meminimalkan kesalahan dan mengoptimalkan proses administratif.

  • Peningkatan Efisiensi Keuangan

Dengan memanfaatkan virtual account, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi pengelolaan keuangan mereka. Transaksi dapat diproses lebih cepat, dan pengelolaan tagihan serta penerimaan pembayaran menjadi lebih efisien.

Akan tetapi, penting sekali untuk diingat bahwa masing-masing bank dapat memiliki cara kerja yang berbeda untuk layanan virtual account. Jika Anda ingin menggunakan atau mengaktifkan virtual account, sebaiknya Anda berbicara langsung dengan bank Anda untuk mendapatkan informasi yang lebih rinci tentang prosesnya.

Dengan virtual accounts, kebutuhan bisnis pun dapat meningkatkan pengalaman pelanggan, mengurangi risiko kehilangan pelanggan karena masalah terkait pembayaran.

Baca juga: 2 Dampak Gig Economy Terhadap Berbagai Pihak

Beberapa Hal Penting tentang Virtual Account

Ada beberapa hal penting diketahui tentang virtual account untuk pembayaran di era digital.

  • Sistem Keamanan 

Virtual account memberikan keamanan tambahan dalam pembayaran digital dengan menghindari pengungkapan nomor rekening utama. Meskipun demikian, penting untuk memilih penyedia layanan yang memiliki sistem keamanan yang kuat.

  • Pelacakan Transaksi 

Virtual account memudahkan pelacakan transaksi secara digital. Penting untuk mengatur dan memantau penggunaan virtual account agar dapat dengan mudah memverifikasi setiap transaksi yang terjadi. Virtual account sepenuhnya otomatis dan berfungsi secara real-time.

  • Integrasi Sistem

Dalam era digital, integrasi virtual account dengan sistem otomatis menjadi krusial. Pastikan bahwa solusi virtual account yang digunakan dapat diintegrasikan dengan sistem perusahaan atau platform lainnya untuk meningkatkan efisiensi.

  • Fleksibilitas Penggunaan 

Virtual account memungkinkan pembayaran tagihan, pembelian online, dan transaksi lainnya. Penting untuk memahami bagaimana virtual account dapat digunakan secara fleksibel dalam berbagai konteks pembayaran.

  • Kebijakan dan Biaya 

Pahami kebijakan penggunaan virtual account yang ditetapkan oleh penyedia layanan, termasuk biaya yang mungkin dikenakan. Pilih solusi yang sesuai dengan kebutuhan dan kebijakan keuangan perusahaan atau pribadi.

  • Update Teknologi 

Dalam era digital yang terus berkembang, pastikan bahwa sistem virtual account yang digunakan terus diperbarui dan dilengkapi dengan teknologi keamanan terkini. Ini membantu melindungi data dan transaksi dari risiko keamanan digital.

  • Tetap Memahami Risikonya 

Sama seperti dalam setiap transaksi digital, penting untuk memahami risiko yang terkait dengan penggunaan virtual account. Berhati-hatilah terhadap potensi penipuan atau ancaman keamanan digital lainnya.

Artikel tentang virtual account ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

27 Dec 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download