Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya

13 Dec 2022 by kreditpintar, Last edit: 18 Jan 2023

Perubahan kondisi ekonomi kadang membuat usaha dan bisnis lesu. Belum lagi tren pasar yang dinamis membuat model bisnis menjadi tidak relevan. Nah, agar bisnismu tetap bertahan, kamu perlu membangun usaha rumahan yang tidak ada matinya. Dengan begitu, produk dan layanan yang kamu tawarkan akan tetap dicari konsumen karena permintaan atas barang tetap tinggi. 

1. Usaha Laundry

Cuci baju adalah aktivitas yang sangat melelahkan dan kurang disukai, terlebih jika harus dilakukan secara manual. Tidak heran apabila banyak orang kemudian menggunakan jasa laundry dalam mencuci maupun menyetrika pakaian.Dengan adanya peluang tersebut, kamu tentu dapat memanfaatkannya dengan membuka jasa laundry kiloan. 

Para pelajar, mahasiswa, maupun karyawan yang tinggal di kos-kosan pada umumnya lebih memilih cara ini ketimbang harus membuang waktu serta tenaganya guna mencuci baju. Untuk menjaring banyak konsumen, coba bangun jasa laundry kiloan di kawasan pendidikan atau industri. Lingkungan seperti ini bakal cocok untuk usaha itu karena karakter penduduknya yang rata-rata sibuk serta memilih solusi praktis guna memenuhi kebutuhan mereka.

Guna memulai bisnis ini, kamu perlu minimalnya 2 mesin cuci, 1 mesin pengering, meja setrika,  deterjen, dan pewangi. Cari mesin cuci yang berkualitas agar tidak cepat rusak. Saat ini, ada mesin cuci berkualitas yang dijual mulai dari Rp5 jutaan dan mudah ditemui di pasaran.

Baca juga: Contoh Usaha Modal Kecil Yang Belum Banyak Pesaing

2. Usaha Bahan Bakar Minyak

Sekarang, hampir setiap orang punya kendaraan bermotor, terlebih kendaraan roda dua alias motor. Kamu dapat menjalankan usaha dengan melihat peluang tersebut dengan membuka usaha BBM skala kecil, yang disebut sebagai Pertamini.

Jika sebelumnya kios bensin cuma mengandalkan botol bekas dan jerigen, kini kamu dapat membuat kios yang mirip tanpa halaman yang luas. Modal yang diperlukan untuk membuka kios Pertamini umumnya berkisar dari Rp4,5 sampai 5 jutaan.

Tidak cuma menyediakan tempat, kamu juga perlu selalu berhati-hati karena bisnis ini cenderung berisiko, terlebih berkaitan dengan keselamatan. Jadi, pastikan kamu tidak melayani konsumen sambil bermain HP maupun zat yang memicu kebakaran.

3. Usaha Kafe Minuman atau Kopi

Tren kopi kekinian yang sekarang ini menjamur merupakan satu ide usaha yang menjanjikan. Sebagian anak muda maupun orang dewasa mencoba membangun bisnis ini. Terlebih, sejak bekerja dari rumah alias WFH menjadi kebutuhan yang tidak dapat ditolak oleh para karyawan.

Kamu dapat memanfaatkan peluang ini dengan membuka coffee shop di halaman rumahmu. Cukup sediakan meja sebagai tempat pembuatan dan penyimpanan kopi, sejumlah meja dan kursi untuk para pelanggan, dan beragam jenis kopi. Pastikan kamu memberikan tempat yang nyaman untuk pengunjung karena rata-rata pecinta kopi suka dengan suasana yang nyaman.

4. Kuliner dan Makanan Ringan

Tidak cuma makanan pokok, makanan ringan juga kayak menjadi salah satu ide usaha rumahan yang tidak ada matinya. Selain sebagai kebutuhan pokok, orang-orang juga umumnya membeli produk camilan sebagai hidangan acara-acara tertentu, seperti arisan, pengajian, dan syukuran.

Berbagai jenis makanan ringan yang dapat dijual di antaranya; keripik, kerupuk, makaroni, basreng, dan lain-lain. Jika memiliki kemampuan memasak, kamu bisa mengoptimalisasi penjualan serta memaksimalkan keuntungan. Namun, apabila ingin menjual cemilan tanpa membuatnya sendiri, kamu dapat menjadi reseller produk tersebut dengan membelinya secara kiloan. Bisnis ini memiliki jangkauan pasar yang luas dengan peluang besar. 

Baca juga: Peluang Usaha Online Yang Menguntungkan untuk Pemula

usaha rumahan yang tidak ada matinya

5. Sembako

Berjualan sembako adalah salah satu bisnis yang menjanjikan. Bisnis ini tidak bakal ada matinya karena sembako adalah kebutuhan primer bagi semua orang. Kamu dapat menjual salah satu atau terlebih beberapa jenis sembako, mulai dari beras, minyak, telur, terigu, bumbu masakan, dan lainnya.

Agar penjualan dapat mendatangkan keuntungan yang optimal, kamu dapat membuka toko dengan offline dan online.Untuk memperoleh produk berkualitas, cari supplier produsen utama atau distributor besar misalnya grosir, jadi kamu bisa memperoleh penawaran dengan harga miring. Ditambah lagi, sesuaikan juga biaya operasionalnya serta pastikan modal yang kamu keluarkan seminimal mungkin sehingga keuntungannya dapat lebih banyak.

6. Jual Barang Orang

Untuk bisa membuka bisnis, umumnya kamu harus memiliki modal. Namun, jika terhalang modal, kamu bisa melakukan bisnis reseller dan dropshipper, dengan kata lain, menjualkan atau memasarkan produk orang lain.

Kamu hanya perlu mencari supplier barang yang bagus dan terpercaya dan memasarkan produk orang lain dengan menggunakan nama toko sendiri. Pembeli melalui dropshipper tidak tahu siapa penjual awal atau penjual asli produk tersebut.

7. Bisnis Jualan Ikan Hias

Budidaya ikan hias dapat menjanjikan keuntungan yang tidak main-main. Terlebih, beberapa jenis ikan hias bisa dijual hingga jutaan rupiah. Ya, untuk mereka pecinta ikan hias tentu harga itu tidak akan menjadi masalah. Jadi, jika kamu suka untuk merawat ikan hias, jadikan hal itu menjadi ladang bisnis yang menarik untuk digeluti. 

8. Jual Aksesoris

Banyak wanita yang suka memakai aksesoris untuk mempercantik penampilan. Oleh karenanya, bisnis aksesoris dapat memberi peluang yang sangat menguntungkan bagi para pelaku bisnis rumahan. Terlebih jika kamu adalah orang yang kreatif dan sabar ketika membuat aksesoris yang cantik.

Aksesoris dapat berupa kalung, gelang, perhiasan, strap masker, bandana, syal sampai aksesoris lainnya bisa dibuat dari manik-manik, batuan-batuan indah, mutiara, rantai, rajutan serta masih banyak lagi. Kamu bisa menjualnya melalui marketplace atau lewat media sosial.

usaha rumahan yang tidak ada matinya

9. Usaha Blog

Blogger dapat dijadikan sumber penghasilan yang menjanjikan jika kamu punya keahlian menulis yang baik. Kamu hanya memerlukan modal laptop atau PC, sambungan internet, dan situs blog untuk kemudian menumbuhkan konsistensi ketika menulis konten. Sudah banyak blogger yang sukses serta dapat menghasilkan penghasilan. Kamu dapat bekerjasama dengan brand tertentu, memasang iklan sampai menjual produk atau jasa pribadi melalui blog. Jadi, jangan meremehkan usaha rumahan satu ini.

Itu dia beberapa usaha rumahan yang tidak ada matinya. Semoga informasinya bermanfaat.

Baca juga: 10+ Usaha Sampingan di Desa yang Menguntungkan

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
18 Jan 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download