Ukuran Post Instagram Ideal Agar Hasil Lebih Jernih

10 Apr 2022 by Laruan, Last edit: 18 Apr 2022

Jika Sobat Pintar memiliki usaha online, atau bekerja sebagai desain konten sosial media, wajib mengetahui berbagai ukuran post instagram terbaru di tahun 2022.

Ukuran posting instagram yang ideal untuk feed, story dan reels memiliki resolusi dan ukuran yang berbeda. Tidak bisa asal posting, jika ingin tampilan sosial media terlihat lebih rapih, jernih dan menarik.

Baca juga: Cara Upload Foto di Instagram Via HP dan PC

Mengetahui ukuran posting instagram juga mempermudah desainer konten untuk membuat konten yang menarik dan berkualitas. Hasil gambar konten juga tidak akan terlihat pecah, terpotong, ataupun blur.

Lalu, berapa saja ukuran yang ideal untuk berbagai konten Instagram? Sobat Pintar bisa langsung cek satu per satu di bawah ini.

Aspect Ratio dan Resolusi Konten Instagram

Sebelum membuat konten Instagram, terlebih dahulu wajib memahami resolusi gambar dan aspect ratio. Bahkan sebaiknya sudah hafal di luar kepala.

Sebab jika melakukan posting konten foto dan video tidak sesuai dengan aspect ratio, akan otomatis menghasilkan konten yang tidak sesuai seperti terpotong atau tertarik.

Aspect Ratio

Saat merencanakan konten kalendar atau sebelum melakukan posting Instagram, tentukan terlebih dahulu ingin membuat konten foto atau video. Lalu, tentukan aspect ratio yang pas dengan konten yang dikehendaki.

Aspect ratio merupakan perbandingan antara lebar dan tinggi sebuah gambar. Contohnya ukuran aspect ratio adalah 9:16, 4:5, 1:1, dan sebagainya.

Jika tidak memperhatikan aspect ratio, bisa saja hasil foto atau video yang telah terposting terpotong.

Resolusi Gambar

Selain aspect ratio, Sobat Pintar juga harus memperhatikan resolusi gambar yang digunakan. Resolusi merupakan jumlah pixel yang menentukan ketajaman sebuah gambar.

Resolusi yang semakin besar akan menghasilkan ketajaman gambar lebih bagus. Contoh resolusi yang biasa dipakai adalah 1080×1080, 500×500, dan sebagainya. Nah jika resolusi gambar yang digunakan tidak sesuai, bisa menyebabkan hasil konten Instagram pecah atau blur.

Jenis Ukuran Feed Instagram

Konten feed Instagram bisa menampilkan foto atau video. Dulu, feed Instagram hanya menawarkan satu jenis ukuran yaitu square dengan aspect ratio 1:1 saja. Kini terdapat 3 pilihan jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan konten Instagram.

Ukuran Posting Foto Instagram 

Berdasarkan jenis ukuran post Instagram, terdapat 3 pilihan yang bisa digunakan yaitu square post, landscape post atau potrait post. Pelajari lebih lengkap ketiga jenis postingan untuk foto Instagram berikut ini.

Square

Ukuran feed Instagram square atau kotak persegi ini memiliki aspect ratio 1:1 dengan resolusi 1080 x 1080 pixel.

Jenis square ini membuat tampilan Instagram lebih rapih, sehingga biasa digunakan untuk konten akun Instagram bisnis. 

Landscape

Ukuran posting Instagram jenis Landscape atau horizontal juga biasa digunakan oleh akun bisnis. Sebab dengan aspect ratio 16:9 dan resolusi 1080 x 566 pixel membuat hasil gambar tidak akan terpotong.

Ukuran ini sangat cocok digunakan untuk posting konten foto travel dan wefie, sebab hasil fotonya tidak terpotong dan bisa memperlihatkan hasil yang lebih luas.

Portrait

Ukuran postingan portrait memiliki aspect ratio 4:5 dengan resolusi 1080 x 1350 pixel bisa menghasilkan kualitas gambar yang bagus. Dari segi user experience, ukuran ini paling direkomendasikan.

Jenis potrait ini sangat cocok digunakan untuk posting konten OOTD dan travel, karena hasil foto lebih jernih dan jelas.

Ukuran Video Instagram

Konten video Instagram juga memiliki jenis postingan yang sama dengan foto, namun harus memilih aspect ratio dan resolusi yang tepat. Tujuannya agar video yang diposting tetap menghasilkan kualitas jernih dan tidak pecah.

Square

Untuk menggunakan jenis square post, gunakan resolusi video 600 x 600 atau 1080 x 1080 agar tetap menghasilkan kualitas jernih. Durasi video yang cocok untuk jenis square ini adalah 2 sampai 60 detik.

Landscape

Jenis post Instagram landscape jarang digunakan untuk konten video. Sebab Instagram belum memiliki fitur rotate dalam aplikasinya. 

Sehingga untuk membuat konten video landscape harus dipastikan terlebih dahulu saat pengambilan video menggunakan rasio 16:9 dengan resolusi minimal 600 x 315 pixel.

Portrait

Ukuran potrait untuk konten video Instagram cukup banyak dipakai. Sama seperti konten foto, jenis potrait membuat hasil video lebih jernih dan lebih nyaman dilihat berdasarkan user experience.

Aspect ratio jenis potrait untuk video Instagram adalah 4:5 dengan resolusi 600 x 750 pixel.

Ukuran Foto dan Video Instagram Story

Instagram stories sebenarnya bisa menampilkan konten dengan berbagai jenis ukuran. Namun, peruntukkan IGS didesain dengan tampilan penuh pada layar ponsel. 

Baca juga: Cara Bikin Efek Instagram untuk Filter di Insta stories

Untuk memberikan kualitas kontan menarik dan enak dilihat, sebaiknya membuat konten Instagram stories foto dan video dengan aspect ratio 9:16 dan resolusi 1080 x 1920 pixel.

Durasi video dalam 1 slide Instagram Story adalah 15 detik, tapi jika lebih dari 15 detik akan otomatis terbagi menjadi beberapa slide. Maksimal dalam 1 konten video Instagram idealnya berdurasi 1 menit atau 4 slide Instagram Story.

Ukuran Post Instagram Live

Konten Instagram Live juga memiliki ukuran yang sama dengan Instagram Story. Pengguna Instagram akan lebih nyaman melihat tayang IG Live dengan posisi landscape atau potrait.

Seiring dengan perkembangan dan adanya adaptasi kebiasaan baru, saat ini tayangan IG Live juga bisa menggunakan template background. Untuk kebutuhan membuat template tersebut, gunakan rasio 16:9 dengan resolusi minimal 1080 x 1920 pixel

Ukuran Instagram Reels

Fitur terbaru dari Instagram ini sedang ramai dimanfaatkan oleh pengguna setianya. Instagram reels memiliki tampilan seperti TikTok, dengan fitur tambahan audio, efek dan tools kreatif lainnya.

IG Reels dan IG Story memiliki fitur yang sama yaitu berbagi video pendek. Perbedaan dari dua jenis konten ini adalah durasi video dan jenis postingan yang ditampilkan.

IG Reels bisa mengunggah video pendek dengan durasi hingga 60 detik, dan bisa otomatis dibagikan dalam feed Instagram. Sedangkan IG Story hanya bisa berbagi video pendek durasi maksimal 15 detik dalam 1 slide selama 24 jam saja. 

Ukuran posting Instagram Reels yang ideal sama seperti IG Story yaitu dengan aspect ratio 9:16 dan resolusi 1080 x 1920 pixel.

Ukuran Post Instagram yang Ideal Untuk Seluruh Jenis Konten

Baca juga: 10 Aplikasi Download Foto Instagram Beserta Fitur Baru

Berikut ini tabel ukuran posting Instagram yang Ideal untuk seluruh jenis konten. 

Jenis Konten InstagramRasioUkuran Post Instagram
Video Square1:11080 x 1080  pixel
Video Landscape4:51080 x 1350 pixel
Video Portrait16:91080 x 1350 pixel
Foto Square1:11080 x 1080  pixel
Foto Landscape4:51080 x 1350 pixel
Foto Portrait16:91080 x 1350 pixel
IG Story foto dan video9:161080 x 1920 pixel
IG Reels9:161080 x 1920 pixel

Konten Instagram yang menarik, hasil gambar tajam dan tidak terpotong akan menarik pengunjung dan followers baru. Selain harus memahami ukuran post Instagram yang ideal, gunakan juga tools kamera dengan resolusi tinggi. Tidak perlu ragu dengan budget, manfaatkan saja dana cepat dengan mudah dari pinjaman kredit pintar.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
18 Apr 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download