Udemy, Aplikasi Belajar yang Menyenangkan

07 Sep 2021 by Laruan

Seiring perkembangan zaman, proses belajar mengajar bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, termasuk dengan cara online. Perkembangan berbagai aplikasi belajar yang tersebar di masyarakat menawarkan beberapa program dan promo untuk menarik pasarnya. Aplikasi belajar juga terbagi menjadi beberapa materi yang bisa dipilih contohnya mata pelajaran umum di sekolah atau non-pelajaran.

Udemy, Aplikasi Belajar yang Menyenangkan

Peralihan dari dunia nyata ke dunia digital begitu terasa semenjak munculnya berbagai marketplace, e-commerce, ojek online, hingga pembelajaran online. Dengan peralihan tersebut memang memudahkan sebagian besar orang untuk menjalankan aktivitas atau mencari sesuatu yang mereka minati. Karena memang pada dasarnya perkembangan teknologi dan informasi tidak bisa kita tolak jika kita ingin terus bergerak maju.

Salah satunya adalah situs udemy.com yang menawarkan beberapa kelas keterampilan dengan berbagai mentor yang berpengalaman. Ada dua tipe pengguna dari situs udemy.com yakni sebagai pengajar dan sebagai siswa.

Udemy adalah  salah satu platform kursus online yang didirikan untuk memudahkan para pengajar dan siswa dalam proses belajar mengajar sesuai dengan minat yang dipilih. Seiring berjalannya waktu, platform ini semakin populer dan diminati oleh masyarakat karena dianggap memudahkan mereka untuk mempelajari dan mendalami apa yang menjadi minat mereka di luar pelajaran sekolah.

Seperti yang kita tahu bahwa pendidikan non-pelajaran juga penting bagi siswa karena hanya minat dan bakatnya yang akan membawanya menuju ke kesuksesan. Udemy menyediakan berbagai kursus yang bisa dipilih oleh masing-masing siswa sesuai dengan kebutuhannya sehingga siswa lebih fokus melatih kemampuannya dan bisa mendampingi pembelajarannya di sekolah.

Untuk menjadi pengajar, seseorang harus membuat dan mendaftarkan dirinya di akun udemy.com. membuat akunnya juga terbilang mudah karena bisa diakses melalui komputer maupun ponsel pintar. Sehingga kamu bisa langsung mendaftar pada website resminya atau melalui aplikasi Udemy. Hingga kini Udemy telah memiliki lebih dari 65 bahasa dalam layanan kursus onlinenya. 

Sejalan dengan nama sistemnya yaitu MOOC (Massive Open Online Course), Udemy menerapkan sistem pembelajaran kursus online secara besar serta terbuka. Tujuannya untuk memungkinkan partisipasi tak terhingga serta bisa diakses melalui web.

Selain menyediakan materi kursus melalui video, Udemy juga menyediakan forum pengguna aktif yang dapat kamu manfaatkan untuk berkomunikasi secara interaktif dengan pengguna lainnya. Tujuannya adalah untuk membangun sebuah komunitas untuk para siswa, mahasiswa, dan pengajar agar dapat berkomunikasi lebih efektif.

Selain itu, banyak perusahaan besar yang bergabung untuk memperoleh kursus yang disediakan Udemy. Mereka menyediakan suatu program pelatihan atau kursus untuk para karyawannya agar mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru guna meningkatkan skill mereka. Strategi ini dinilai efektif untuk perusahaan karena selain mudah, cara ini juga bisa dibilang lebih murah. Memang benar karena jika dibandingkan dengan memanggil mentor berpengalaman untuk datang ke kantor atau mengikuti berbagai seminar.

Alasan mengapa Udemy dinilai lebih mudah dan murah

  • Hanya membayar sekali lalu semua karyawan perusahaan bisa menonton videonya kapan saja. Jadi lebih hemat jika dibandingkan untuk mengirim karyawan ke seminar-seminar. Jika seminar biasanya dihadiri oleh peserta yang terbatas.
  • Bisa mendapatkan diskon biaya kursus bila ada promo dari Udemy. 
  • Video pembelajaran tersebut dapat diputar berulang-ulang sesuai kebutuhan. Dilengkapi juga dengan terjemahan bahasa Indonesia jika kamu membeli jasa kursus dari mentor di luar Indonesia.
  • Videonya bisa kita download ke komputer atau handphone pribadi. Dengan begitu, kita bisa membagikan video dan ilmunya kepada orang lain agar lebih bermanfaat.

Ketika kamu masuk ke situs udemy.com, kamu akan ditawarkan beberapa bidang kursus yang mungkin salah satunya adalah bidang yang kamu minati. Kamu bisa pilih dengan mengklik tulisan bidang yang kamu minati. Setelah itu, akan muncul beberapa pilihan pengajar, program dan materi pembelajaran, serta harga dari kursus itu sendiri. Tak lupa, di sana juga ditampilkan review berupa bintang yang bisa menunjukkan performa pengajar dalam mengajar siswanya.

Udemy, Aplikasi Belajar yang Menyenangkan

Jadi, sistemnya adalah dengan pengajar yang menentukan harga yang harus dibayarkan oleh calon siswanya. Sistemnya kurang lebih mirip dengan aplikasi belajar lainnya. Setelah pembelajaran selesai, siswa akan memberikan bintang pada pengajar yang sudah membimbing kursusnya.

Udemy sudah membuka lebih dari 100.000 kursus pada sistemnya dengan berbagai keahlian yang ditawarkan, mulai dari tingkat pemula hingga profesional. 

Jenis kursus yang ditawarkan Udemy

  • Pengembangan Web
  • Pengembangan Seluler
  • Pengembangan Game
  • Kewirausahaan
  • Analisis dan Kecerdasan Bisnis
  • Pemasaran Digital
  • Desain Grafis dan Ilustrasi
  • Sertifikasi TI
  • Transformasi Pribadi
  • Bisnis
  • Keuangan dan Akuntansi
  • Produktivitas Kantor
  • Gaya Hidup
  • Musik
  • Kesehatan dan Kebugaran
  • Pengajaran dan Akademis

Dari poin-poin tersebut juga ada sub poin yang bisa kamu pilih untuk dikonsentrasikan. Misalnya seputar kursus pengembangan web, kamu bisa memilih antara JavaScript atau CSS, sesuai dengan minat dan keahlian kamu. Begitu juga dengan bidang desain dan ilustrasi, kamu bisa memilih antara Photoshop, desain karakter, Ilustrator, atau beberapa pilihan yang tertera pada opsi pembelajaran.

Pilihan tersebut dimaksudkan agar siswa lebih terarah untuk mengembangkan bakatnya yang mana. Karena jika dipandang secara luas, judul poin yang tertera di atas masih sangat luas dan perlu pengkhususan agar siswa lebih fokus dan menghindari pencabangan konsentrasi.

Kelebihan Udemy yang lainnya adalah kamu bisa memilih kursus dan tenaga pengajar itu sendiri. Sistem belajarnya juga sesuai kecepatan dan pemahaman kamu, sekaligus memiliki akses seumur hidup di seluler dan desktop. 

Keuntungan lain yang ditawarkan oleh Udemy sendiri adalah memiliki jaminan uang kembali selama 30 hari. Jadi, jika kamu merasa tidak puas dengan pembelajaran yang diajarkan oleh mentor yang kamu pilih, kamu bisa mengajukan pengembalian dana kepada sistem Udemy. Kelebihan yang dimiliki Udemy dari aplikasi belajar lainnya adalah tentang perangkat lunaknya yang bagus. Pemutar pelajaran serta navigasi kursusnya begitu intuitif dan minim bug.

Sebaik-baiknya sistem, akan ada kelebihan dan kelemahannya juga. Setelah membahas kelebihan sistem Udemy di atas,  ada beberapa kekurangan yang memang terdapat pada situs dan aplikasi Udemy.

  • Udemy tidak memiliki banyak guru dan instruktur yang terkenal serta profesional karena sistemnya yang bebas dan terlalu terbuka. Karena sebagian besar dari para tenaga profesional memilih untuk mengajar di tempat-tempat yang berkelas.
  • Yang perlu kamu perhatikan ketika membeli kelas kursus di Udemy adalah pastikan jika video pembelajaran dari mentor yang kamu pilih itu sudah lengkap. Karena terjadi beberapa kasus kalau video yang diunggah oleh pengajar masih setengah dan materinya menggantung.

Demikian sedikit review mengenai aplikasi belajar non-pelajaran, Udemy. Semoga bermanfaat.Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan tips mengatur keuangan lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload