Tips Merencanakan Bisnis Dan Rekomendasi Bisnis Modal Kecil

03 Feb 2021 by Andro
rekomendasi bisnis modal kecil

Saat ini, banyak orang yang lebih tertarik untuk memulai usaha sendiri sehingga mencari banyak informasi mengenai rekomendasi bisnis modal kecil yang dinilai menjanjikan. Namun, informasi atas rekomendasi bisnis modal kecil bukan yang paling utama untuk Anda pertimbangkan. Merencanakan bisnis adalah tahap awal yang paling menentukan ketika Anda akan memulai untuk menjalankan usaha. Bisnis yang menjanjikan keuntungan tanpa perencanaan yang kuat tidak akan memberikan hasil yang maksimal. Maka dari itu, sebelum mencari rekomendasi bisnis, langkah terbaik bagi Anda adalah menyusun perencanaan terlebih dahulu.

Tips Merencanakan Bisnis Yang Tepat

Ada banyak orang yang mengeluh karena bisnisnya tidak bisa berjalan dengan lancar. Padahal, jika dilihat dari sudut pandang kompetitor yang melakukan usaha serupa, usahanya tampak maju dan cenderung berhasil dalam menjalankannya. Salah satu faktor yang menyebabkan kegagalan Anda dalam memulai bisnis adalah perencanaan yang tidak tepat. Berikut ini beberapa tips merencanakan bisnis dengan tepat.

1. Menganalisis Jenis Usaha Yang Ingin Dilakukan

Dalam merencanakan bisnis, sangat penting bagi Anda untuk memastikan bahwa usaha yang akan Anda jalankan adalah usaha yang benar-benar Anda minati. Akan jauh lebih baik lagi jika usaha tersebut ditunjang keahlian dan pengalaman Anda. Maka dari itu, pastikan Anda terlebih dahulu melakukan analisis Break Even Point (BEP) untuk menentukan potensi yang ada dalam jenis usaha Anda. Selanjutnya, cobalah untuk menjabarkan rencana usaha secara detail. Misalnya meliputi sales forecast, analisa arus kas, dan kemungkinan-kemungkinan lain dalam bisnis Anda nantinya.

2. Susun Konsep Bisnis

Konsep bisnis merupakan tahap penting bagi Anda sehingga penyusunannya harus tepat. Konsep yang Anda susun bisa melibatkan pendanaan, business plan, strategi pemasaran, dan lain sebagainya. Dengan menyusun konsep bisnis, maka Anda akan mengetahui segala kebutuhan modal untuk menjalankan usaha, strategi membangun usaha, dan risiko-risiko yang mungkin akan dihadapi dalam menjalankan usaha.

3. Menyiapkan Modal

Setelah konsep bisnis tersusun, maka Anda akan tahu modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha Anda. Setiap jenis usaha pasti memiliki kebutuhan modal yang berbeda. Dalam menyiapkan modal, banyak orang yang mengalami kendala. Karena setelah membuat konsep ternyata keberadaan modal yang ada tidak mencukupi untuk memulai usaha. Masalah ini bisa Anda atasi dengan mencari sumber pendanaan, baik melalui investor atau meminjam dana dari layanan finansial.

Ada banyak produk layanan keuangan yang bisa Anda pilih. Saat ini, tren modal usaha yang paling banyak diminati adalah pinjaman online cicilan 12 bulan. Pinjaman jenis ini merupakan pinjaman uang yang cepat cair, tanpa agunan, dan tanpa kartu kredit.

4. Melegalkan Usaha

Untuk memastikan Anda akan sungguh-sungguh dalam usaha Anda, sebaiknya Anda melegalkan usaha Anda. Pada tahap ini, Anda bisa menentukan struktur hukum untuk usaha Anda. Siapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan dan segeralah mengurus surat-surat perizinan usaha. Misalnya akta pendirian perusahaan, nama perusahaan, hak atas nama perusahaan, pengakuan, dan pengesahan.

5. Memperluas Jaringan

Networking atau jaringan merupakan landasan yang sangat kuat agar usaha Anda dapat terus berlangsung. Anda bisa bergabung dengan komunitas yang terkait dengan jenis usaha Anda sebelum memulai usaha sendiri. Dengan demikian, saat Anda memulai usaha Anda nantinya, Anda sudah memiliki jaringan yang cukup luas.

Rekomendasi Usaha Modal Kecil

Setelah Anda tahu tips merencanakan bisnis dalam memulai usaha, maka Anda bisa menentukan usaha yang tepat untuk Anda jalankan. Sebenarnya, ada banyak jenis usaha yang bisa dilakukan untuk modal kecil. Namun, keberadaan modal sangat relatif karena disesuaikan dengan jenis usaha yang akan Anda bangun. Beberapa rekomendasi usaha modal kecil yang bisa Anda lakukan misalnya bisnis makanan ringan/kuliner rumahan, jasa bimbingan belajar, budidaya ikan cupang, tanaman hias, kerajinan tangan, dan lain sebagainya.

Meskipun modal usaha terbilang kecil, namun ada kalanya Anda mengalami kekurangan modal. Untuk meminjam dari saudara atau teman mungkin tidak bisa menyediakan jumlah yang cukup. Sedangkan untuk meminjam dari bank, kemungkinan Anda tidak memenuhi persyaratan atau waktu verifikasi yang cukup lama. Untuk solusi terbaik dalam mendapatkan modal usaha, Anda bisa memanfaatkan layanan pinjaman online cicilan 12 bulan.

Pinjaman online cicilan 12 bulan dengan bunga rendah dan cicilan ringan bisa Anda dapatkan melalui aplikasi Kredit pintar. selain bisa pinjam uang dengan bunga rendah dan cicilan ringan, Kredit pintar memastikan uang akan langsung cair setelah permohonan Anda disetujui. Jadi, Anda tidak perlu menunggu waktu berhari-hari seperti pinjam uang di bank konvensional. Aplikasi Kredit pintar merupakan tempat pinjam uang tanpa agunan, langsung cair, dan tanpa kartu kredit. Syarat-syarat yang diminta cukup mudah, yaitu KTP dan bukti penghasilan saja. Jadi, untuk masalah modal untuk memulai usaha, Anda bisa percayakan pinjaman cicilan ringan dan tanpa agunan dari Kredit pintar.

Baca Juga:

Pakai Pinjaman Online Resmi Buat Beli Sepeda Polygon Harga 1 Jutaan, Begini Caranya

Tren Aplikasi Pinjaman Online Cepat Cair Untuk Melayani Kebutuhan Keuangan Masyarakat