Tren Aplikasi Pinjaman Online Cepat Cair Untuk Melayani Kebutuhan Keuangan Masyarakat

28 Jan 2021 by Andro
pinjaman online

Di tengah persaingan industri digital Indonesia saat ini, tren fintech (financial technology) lending dalam menyuguhkan aplikasi pinjaman online cepat cair menjadi yang paling dominan. Dari seluruh pendanaan yang diumumkan untuk startup fintech tahun 2020, 57% di antaranya berada di sub sektor lending, yaitu P2P lending dan payday loan. Didukung dengan munculnya kebijakan-kebijakan pemerintah untuk meningkatkan literasi masyarakat terhadap layanan finansial berbasis teknologi, maka aplikasi pinjaman online cepat cair mampu memberikan pelayanan yang lebih baik dibandingkan perusahaan perbankan.

Tren finansial saat ini memang lebih menonjol untuk aplikasi pinjaman uang online dibandingkan dengan bank. Berikut ini, beberapa fakta yang menunjukkan bahwa aplikasi pinjaman uang online lebih dominan dibandingkan bank.

Mampu Melayani Seluruh Wilayah Indonesia

Fakta pertama bahwa tren keuangan lebih menonjol melalui aplikasi pinjaman online adalah kemampuan dari perusahaan fintech dalam melayani masyarakat di seluruh Indonesia. Kondisi ini tentu saja didukung dengan perkembangan teknologi yang pesat. Dari segi pelayanan tentu sudah sangat berbeda dengan bank konvensional. Jika bank ingin memberikan pelayanan kepada masyarakat di suatu wilayah tertentu, maka pihak bank harus mendirikan kantor operasional pembantu atau kantor cabang pembantu di tersebut. 

Setelah itu, barulah nasabah bisa mendapatkan layanan keuangan dari bank. Berbeda dengan pinjaman online cepat cair karena calon nasabah bisa mengajukan pinjaman uang online setiap saat tanpa batas tempat, asalkan terhubung dengan jaringan internet. 

Serba Digital

Seluruh proses pengajuan pinjaman online cepat cair bersifat online atau digital. Dengan demikian, calon nasabah tidak perlu mendatangi kantor penyedia pinjaman uang online ketika akan mengajukan pinjaman. Perusahaan fintech telah mendesain aplikasi yang memudahkan calon nasabah. Cukup memasukkan data melalui aplikasi dan tidak ada tatap muka, nasabah bisa mengajukan pinjaman online. Proses pencairan dana pinjaman online cepat cair dilakukan dengan mengirimkan atau mentransfer dana ke rekening nasabah. Jadi, saat melakukan transaksi tidak memerlukan adanya kehadiran kedua belah pihak. 

Standard Operating Procedure (SOP) pinjaman online cepat cair tersedia dalam bentuk elektronik sehingga lebih mudah dibaca dan dipahami. Jika nasabah setuju dapat memberikan tanda tangan secara digital atau secara online. Proses pinjaman uang online tidak berbeda jauh dengan bisnis online yang dapat dilakukan secara online. Penyedia layanan pinjaman online cepat cair tidak memerlukan kantor cabang di wilayah yang akan ditargetkan dan mampu menyasar wilayah yang sangat luas jangkauannya.

Banyak Keunggulan dari Segi Fasilitas

Kelebihan utama pinjaman online cepat cair dibandingkan layanan keuangan konvensional adalah prosesnya yang sangat singkat. Pengajuan pinjaman uang pada layanan keuangan konvensional umumnya dilakukan secara offline sehingga membutuhkan waktu persetujuan yang cukup lama, bahkan bisa berhari-hari. Layanan keuangan konvensional akan meminta nasabah untuk menyertakan berkas persyaratan seperti KTP, rekening listrik, buku nikah, dan jaminan. 

Selain itu, ada juga yang harus melakukan survei secara langsung ke rumah atau tempat kerja untuk memastikan kevalidan data. Pinjaman online tidak memerlukan semua itu, melainkan hanya syarat-syarat sederhana saja seperti scan atau foto KTP dan mengisis formulir pengajuan pinjaman secara uang online.

Tren pinjaman uang online memang semakin menunjukkan arah yang positif dalam memberikan layanan finansial kepada masyarakat di Indonesia. Namun, tidak semua perusahaan fintech bisa memberikan pinjaman uang online cepat cair yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Maka dari itu, pastikan Anda hanya memilih Kredit Pintar ketika akan mengajukan pinjaman uang online. Kredit Pintar merupakan aplikasi pinjaman online cepat cair yang aman dan terpercaya. Anda akan mendapatkan pinjaman tanpa agunan dengan bunga yang relatif lebih rendah dibandingkan aplikasi pinjaman uang online lainnya. Kredit Pintar juga akan memverifikasi permohonan dengan hitungan menit dan jika disetujui, maka uang akan segera dicairkan ke rekening Anda.

Baca Juga:

Keunggulan Koperasi Simpan Pinjam yang Tidak Dimiliki oleh Bank

Spesifikasi Realme 5i dan Update Harga Terbaru

mobile-closeKredit PintarDownload