Tips Menabung Untuk Pelajar Yang Paling Efektif

05 Oct 2021 by Laruan

Tips Menabung Untuk Pelajar – “Ingin deh beli smartphone baru, wah kayaknya staycation di Lombok enak deh, duh 3 tahun lagi saya mau masuk kuliah!”. Pasti deh, yang namanya pelajar pasti sering BM-nya (Banyak Maunya). Keinginan mereka memang banyak, namun mereka mungkin tidak tahu kalau barang-barang yang mereka inginkan tidaklah murah.

Terkadang ada sih orang tua yang senang hati membelikan gadget atau keinginan anak-anak mereka. Namun, masa sih Sobat Pintar ingin selalu tergantung dengan orang tua?

Coba deh mulai dari sekarang kalian coba menabung uang jajan kalian untuk membeli gadget terbaru. Buat kalian yang masih bingung cara menabung yang benar, berikut adalah tips menabung untuk pelajar dari Kredit Pintar.

Hal Yang Harus Kamu Perhatikan

  1. Tetapkan Tujuan Menabung Dari Sekarang

Menggunakan rekening tabungan adalah cara sederhana untuk membantu Anda menyimpan dana. Alih-alih melihat menabung sebagai semacam hukuman pribadi, mengapa tidak membuat permainan darinya. Tantang diri Anda untuk melihat seberapa banyak Anda dapat menghemat dan mencubit uang lebih ketat setiap bulan. Tetapkan sendiri tujuan tabungan dan bertekad untuk menyisihkan uang itu setiap bulan. Meskipun hanya £10 sebulan, pada akhir tahun, itu akan menjadi £120.

Menabung lebih dari sekedar menyisihkan uang untuk hari hujan, ini tentang mengembangkan kebiasaan positif dan rasa kontrol diri atas pengeluaran Anda. Cari online untuk kelompok hidup hemat atau gaya hidup minimalis dan blog untuk menginspirasi Anda.

  1. Lacak Pengeluaran Kamu

Tips pertama untuk menabung untuk pelajar adalah, melakukan pelacakan pengeluaran. Kamu bisa menggunakan buku atau aplikasi pada smartphone kalian untuk mencatat pengeluaran harian, mingguan, dan bulanan kamu.

Dengan mencatat pengeluaran, kalian bisa mengetahui sifat kalian yang boros seperti apa. Mungkin saja kalian terlalu sering menghabiskan uang untuk nongkrong di coffee shop atau melakukan pembelian untuk aplikasi game yang terlalu banyak.

  1. Gunakan Kupon atau Voucher

Biar makin hemat, kalian bisa memanfaatkan kupon atau voucher saat hendak berbelanja. Jika kamu senang berbelanja secara online, maka kalian bisa gunakan voucher-voucher yang telah disediakan oleh platform marketplace atau toko yang hendak kalian beli.

Biasanya, mereka selalu memberikan kupon atau voucher dengan promo cashback atau potongan harga yang cukup banyak. Dengan begitu, kalian bisa menghemat hingga puluhan ribu rupiah dan mendapatkan poin yang bisa kalian gunakan untuk pembelian selanjutnya. Jangan lupa untuk memiliki marketplace online yang menyediakan gratis ongkir. Biar makin hemat!

  1. Biasakan Menggunakan Sepeda atau Jalan Kaki

Sobat Pintar pasti sering merasa malas untuk berjalan kaki ke supermarket yang hanya berjarak 5 meter saja dari rumah bukan? Biasanya nih, kalian pasti akan mengendarai sepeda motor atau naik transportasi umum untuk sampai kesana.

Memang dengan menggunakan kedua transportasi ini kalian bisa cepat sampai tujuan. Namun, jika hanya berjarak 5 meter saja, apa salahnya jika kalian membiasakan diri untuk berjalan kaki kesana?

Selain menghemat ongkos jalan, berjalan kaki atau bersepeda juga menyehatkan badan kamu, lo. Bahkan, berjalan 30 menit setiap harinya bisa membakar hingga 200 kalori! 

Membatasi penggunaan sepeda motor juga menghemat biaya pengeluaran bahan bakar kalian juga. Selain itu, sepeda motor mengeluarkan zat karbon dioksida yang tidak baik untuk udara kita. Dengan meminimalisir mengendarai sepeda motor, kalian juga turut menjaga kebersihan dan kelestarian bumi kita.

  1. Batasi Langganan Aplikasi

Penyakit utama pelajar biasanya mereka terlalu sering berlangganan aplikasi-aplikasi film, drama, webtoon, dan musik. Saking banyaknya, mungkin mereka tidak sadar melakukan subcscription atau langganan hingga 4 platform yang berbeda-beda.

Jika kita hitung-hitung:

Aplikasi N : Rp. 180.000

Aplikasi S : Rp. 50.000

Aplikasi W : Rp.20.000

Aplikasi Y : Rp.100.00

Total langganan yang kalian keluarkan untuk satu bulan saja Rp.260.000! Jika kita kalikan 12, maka dalam setahun kalian mengeluarkan Rp.3.120.000. Dengan jumlah tersebut, kalian bisa membeli sebuah smartphone terbaru atau staycation bersama teman-teman kamu.

Karenanya, kalian harus pastikan dan pilih aplikasi apa saja yang kalian butuhkan atau pilihlah maksimal 2 aplikasi yang memiliki semua kebutuhan kalian. Misal Aplikasi Y dan N saja.

Selain itu, kalian juga harus perhatikan paket-paket langganan yang mereka tawarkan. Biasanya, aplikasi tersebut memberikan penawaran paket sharing atau berbagi dengan harga langganan lebih murah. Kalian bisa mengajak teman-teman kalian atau saudara-saudara kalian untuk berlangganan bersama.

  1. Bawa Bekal ke Sekolah / Kampus

Terakhir, biasakan untuk membawa bekal untuk makan siang saat ke sekolah atau ke kampus. Biasanya, membeli makanan siang di kantin menghabiskan Rp.15.000 – Rp.25.000 untuk makan siang saja.

Jika rata-rata makanan di kantin sekolah kalian adalah Rp.20.000, maka dalam sebulan kalian bisa mengumpulkan uang sebesar:

Uang makan Siang: Rp.20.000

Waktu Sekolah (Senin-Jumat): 5 Hari

1 Bulan Sekolah = 20 Hari

Rp.20.000 x 5 x 4 = Rp.400.000

Jika dihitung dalam setahun, kalian bisa mengumpulkan uang sebanyak:

Rp.400.000 x 12 = Rp.4.800.000

Lumayan kan? Kalian bisa membeli gadget baru atau staycation dengan sahabat-sahabat kalian!

Yuk Mulai Menabung Dari Sekarang!

Wah, ternyata banyak sekali ya hal-hal yang harus kita lakukan untuk menghemat pengeluaran kita. Mungkin awalnya terasa sangat sulit untuk memangkas pengeluaran “hore-hore,” apalagi jika kamu tidak ingin ketinggalan episode terbaru drama-drama Korea. Pasti wajib banget deh menggunakan aplikasi N itu!

Namun, kami bisa pastikan Sobat Pintar akan merasa lebih bangga dan mulai memahami cara mengatur keuangan jika kalian sudah sukses mengikuti tips menabung untuk pelajar yang satu ini!

Tips Menabung Untuk Pelajar

  1. 50-30-20

Kalian pasti bingung kan apa maksudnya “50-30-20”? 

50-30-20 itu merupakan salah satu metode anggaran keuangan dasar yang dikenalkan oleh Elizabeth Warren melalui bukunya yang berjudul “All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan.” Makannya metode ini sering direkomendasikan oleh para ahli keuangan. Metodenya sangat simpel:

  • 50% dari total pemasukan kalian keluarkan untuk kebutuhan sehari-hari
  • 30% pemasukan kalian untuk belanja barang-barang keinginanmu
  • 20% sisa total pemasukan sisihkan untuk tabungan

Buat kalian yang boros, metode menabung 50-30-2- ini sangat cocok untuk kalian. Bahkan, LogicalDollar merekomendasikan metode ini untuk kalian yang boros!

  1. Tantang Diri Selama 52-Minggu

Selanjutnya, metode yang dikenal dengan “52-Week Money Challenge” sangat cocok untuk kalian yang menyukai tantangan. Yak, kalian harus menantang diri kalian selama 52 minggu untuk menabung secara rutin!

Bagaimana cara bermainnya?

  1. Langkah pertama, ukur kemampuan finansial pribadi
  2. Langkah kedua, targetkan tujuan menabung Anda.
  3. Tentukan awal nilai tabungan kamu. Hal ini sangat penting karena setiap minggunya, kamu harus menaikkan jumlah uang yang akan kamu tabung!
  4. Buat tabel atau catatan untuk melacak kegiatan menabung setiap minggunya,

Masih belum paham? Baik, kali ini kami akan memberikan contoh dan cara hitungnya.

Misal, kamu punya target menabung hingga menyentuh angka Rp.6.000.000, maka kalian harus memulai menabung dengan jumlah Rp.5.000. Kemudian, pada minggu kedua, kalian harus menabung dua kali lipat dari minggu sebelumnya, yakni Rp.10.000. Pada minggu ketiga, kalian harus menambah Rp.15.000. 

Demikianlah tips menabung untuk pelajar dari Kredit Pintar. Semoga dengan tips menabung untuk pelajar ini membantu kalian untuk menabung dengan efektif!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
06 Oct 2021
mobile-closeKredit PintarDownload