Ternyata Begini Cara Mengatasi Rambut Rontok

02 Feb 2021 by Andro
Cara Mengatasi Rambut Rontok

Siapa sih yang tidak sebal, jika rambut sering rontok sehabis keramas atau saat disisir? Apalagi jika yang rontok berlebihan hingga menyebabkan kebotakan dini. Rambut rontok umumnya terjadi pada wanita, namun tidak menutup kemungkinan juga dapat dialami pria.  Banyak orang yang mencari cara untuk mengatasi rambut rontok, mulai dari yang alami hingga menggunakan obat-obatan.  Sebelum mengulas lebih lanjut tentang cara mengatasi rambut rontok, sebaiknya Kamu mengetahui terlebih dahulu apa, sih, penyebabnya?

Yuk, simak penjabarannya berikut ini!

Penyebab Rambut Rontok

Terdapat beberapa hal yang menyebabkan rambut seseorang menjadi rontok, seperti :

1.Asupan gizi yang kurang seimbang

Asupan gizi yang kurang berimbang atau baik akan mengakibatkan rambut tumbuh lebih tipis bahkan rapuh. Oleh sebab itulah, jika kekurangan gizi maka rambut menjadi lebih mudah rontok. Tanpa disadari, hal seperti ini banyak terjadi pada pelaku diet extrim karena kekurangan zinc dan protein, yang sangat dibutuhkan rambut.

2.Adanya perubahan hormon

Perubahan hormon yang disebabkan oleh kehamilan, pasca persalinan, menyusui  atau menopause dapat memicu rontoknya rambut, karena gangguan pada hormon tiroid.

3.Terdapat penyakit di kulit kepala

Salah satu penyebab rambut rontok yaitu terdapat penyakit di kulit kepala. Berikut beberapa penyakit kulit kepala yang beresiko membuat rambut rontok:

  • Tinea capitis

Penyakit kulit kepala tinea capitis disebabkan oleh jamur/ kurap yang menimbulkan benjolan merah. Benjolan tersebut dapat mengakibatkan peradangan pada kulit kepala sehingga menyebabkan rontok.

  • Folikulitis

Merupakan sebuah kondisi folikel yang meradang karena infeksi jamur. Folikulitis ditandai dengan rasa perih dan gatal.

  • Psoriasis

Psoriasis merupakan kondisi kulit kepala kering dan menebal, di mana gejala awal yang ditunjukkan adalah kerontokan rambut dan kulit kepala gatal hingga berdarah

  • Hipotiroidisme

Hipotiroidisme merupakan masalah hormon tiroid, di mana kelenjar tiroid tidak mampu memproduksi hormon metabolisme, pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Gangguan hormon ini disebabkan karena kekurangan yodium

4.Mengalami stress

Stress tidak hanya mengganggu pikiran tetapi juga kesehatan badan, termasuk rambut. Dilansir lari laman kompas.com, Elizabeth B. Houshmand seorang dokter kulit mengatakan bahwa stress extrim menyebabkan rambut rontok enam hingga 3 bulan setelah peristiwa stress.

5.Penggunaan alat penata rambut berlebihan

Pemakaian hair dryer, alat catok yang terlalu sering juga dapat menyebabkan rambut rontok.

6.Mengonsumsi obat-obatan

Beberapa obat-obatan berpengaruh pada kesehatan rambut, seperti obat tekanan darah. Konsultasikan dengan dokter jika diperlukan.

Tanda-Tanda Rambut Rontok, Wajar Atau Bahaya?

Sejatinya, kerontokan pada rambut merupakan suatu hal yang wajar. Rambut rontok adalah sebuah proses atau siklus alami yang akan dirasakan oleh setiap orang, baik anak kecil atau dewasa. Setiap rambut akan mengalami proses pertumbuhan alami yang dimulai dari fase anagen, selanjutnya fase katagen dan berakhir dengan fase telogen.

Fase anagen merupakan tahap awal rambut akan tumbuh secara aktif. Fase berikutnya adalah katagen atau fase istirahat. Dalam fase katagen, rambut mulai berhenti untuk tumbuh. Terakhir adalah fase telogen, sebagai penyebab rambut manusia mengalami kerontokan. Rambut benar-benar akan berhenti tumbuh dan mati, selanjutnya akan rontok dengan sendirinya. Siklus ini akan terus berulang hingga manusia meninggal.

Tidak semua rambut rontok merupakan sesuatu yang berbahaya. Berikut tanda-tanda kerontokan rambut yang masih dikategorikan sebuah hal yang wajar.

Kenali Ciri Rambut Rontok Kategori Wajar

  • Kerontokan rambut hanya 50 -100 helai dalam sehari

Setiap manusia mempunyai jumlah helai rambut sekitar 150 ribu helai rambut bahkan bisa lebih dari itu. Jika dalam sehari hanya rontok beberapa helai saja, masih dapat dikatakan tidak signifikan. Apabila rambut yang rontok lebih dari ini, maka patut diwaspadai

  • Rambut hanya rontok ketika disisir dalam kondisi basah

Kondisi ini masih dianggap wajar, karena bisa saja penyebab rontok karena terlalu kasar pada saat menyisir rambut. Kecuali, jika hanya disisir menggunakan jari saja sudah rontok, maka rambut Kamu sudah rapuh

  • Tidak banyak rambut rontok yang tertinggal di atas bantal

Perhatikan bantal setiap kali Kamu bangun tidur, apakah banyak rambut yang tertinggal? Jika yang rontok hanya 8-10 helai, maka masih dikatakan wajar.

Terlepas dari hal di atas, kerontokan rambut yang dibiarkan saja tanpa diperhatikan secara khusus lambat laun akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Terlebih jika berdampak pada penipisan rambut atau kebotakan. Semua orang tentu saja tidak ingin mengalaminya, bukan? Sebab, kebotakan akan turut mempengaruhi penampilan Kamu hingga risiko hilangnya kepercayaan diri.

5 Rekomendasi Produk Perawatan Rambut Untuk Mengatasi Rambut Rontok Yang Perlu Kamu Ketahui

Cara mengatasi rambut rontok berbagai metodenya, salah satunya adalah dengan menggunakan produk-produk yang diformulasikan khusus. Berikut 5 produk yang bisa Kamu pilih dan coba, seperti :

  • Kerastase Specifique Bain Prévention

Apabila Kamu mencari shampo untuk perawatan rambut rontok serta kering, coba membeli produk yang diluncurkan Kerastase. Produk ini diklaim dapat mencegah kerontokan atau kebotakan, karena formula khusus yang dapat mengoptimalkan sirkulasi di kepala. Produk ini dapat dibeli dengan harga Rp. 290.000,-

  • Klorane Anti-Hair Loss Strengthening Serum

Serum rambut ini dapat mencegah kerontokan rambut dengan intensif. Banyak digunakan untuk perawatan rambut pasca melahirkan/ perawatan medis. Harga produk ini sekitar Rp. 775.000,-

  • Matrix Biolage Scalppure Aminexil

Produk keluarkan Matrix ini dapat membantumu mengatasi kerontokan rambut akibat berhijab. Tonik matrix ini mengandung aminexil yang akan menstimulasi serta menutrisi kulit kepala kamu. Jika Kamu ingin membeli produk ini, siapkan dana sekitar Rp. 240.000,-

  • Rene Furtener Complexe 5 Stimulating Plant

Produk keluaran Rene ini merupakan shampo yang dapat membersihkan kulit kepala secara total, karena mengandung essential oil lavender. Harganya sekitar Rp. 727.000,-

  • L’Oreal Professional Serie Inforce Anti Breakage Hair Mask

Masker rambut yang diluncurkan L’Oreal dapat memperkuat akar rambut sehingga dapat mencegah kerontokan dan rambut bercabang. Kamu yang ingin membeli produk ini harus merogoh kantong Rp. 215.000,-

Dapat dilihat bahwa produk untuk mengatasi rambut rontok harganya cukup mahal. Kamu ingin memiliki salah satu produk di atas demi mengatasi permasalahan rambut rontok, tapi dana di dompet pas-pasan? Jangan sedih. Kamu bisa mengajukan pinjaman dana tunai ke aplikasi pinjaman online  Kredit Pintar.

Kredit Pintar : Aplikasi Pinjaman Online Yang Terdaftar Di OJK

Kamu membutuhkan dana tunai dalam waktu cepat untuk perawatan rambut rontok? Ajukan pinjaman online sekarang juga ke Kredit Pintar. Kredit Pintar adalah aplikasi pinjaman online yang terdaftar di OJK, jadi bunga layanan sudah sesuai dengan ketetapan. Singkirkan perasaan ragu, unduh aplikasinya sekarang juga!.

Cukup bermodal KTP, Kamu sudah bisa mengantongi dana tunai yang dibutuhkan. Dapatkan limit pinjaman mulai  600 ribu hingga 2,3 Juta rupiah. Dengan tenor pinjaman hingga 3 bulan. Memiliki rambut indah, kuat dan tebal bukan lagi impian.

Kredit Pintar adalah solusi setiap masalah keuanganmu. Kalau enggak sekarang mau kapan lagi? Ajukan pinjaman online hanya melalui aplikasi Kredit Pintar, terpercaya, aman dan tanpa jaminan.

Baca Juga:

Tips Memilih Pinjaman Online Tanpa Jaminan bagi Anda

Panduan Cara Pinjam Uang Online Tanpa Agunan di Aplikasi Kredit Pintar dan Maucash