Tabel Tabungan Harian, Inilah 4 Cara Membuatnya

14 Sep 2021 by Laruan

Pernahkan Sobat Pintar mendengar tentang tabel menabung harian? Belakangan, tabel tabungan yang satu ini sedang viral di salah satu media sosial TikTok. Ada seorang pengguna TikTok yang memberikan tips menabung 10 juta rupiah dengan menggunakan tabel tabungan harian. Menarik sekali memang, apalagi waktu yang dibutuhkan hanyalah 1 tahun lebih saja. Bagaimana cara untuk membuat tabel ini dan apa saja tips yang diperlukan? Ikuti terus ulasannya dalam artikel ini.

Jaga Arsip Selfie KTP Agar Aman dan Terhindar dari Penipuan, Simak Caranya di Sini

Tabel Tabungan Harian, Inilah 4 Cara Membuatnya

Cara Membuat Tabel Menabung Harian 

Sebenarnya tabel tabungan harian ini pun sudah ada semenjak lama, hanya saja belakangan viral karena ada yang mempraktekannya. Berikut ini adalah caranya: 

1. Buat tabel tabungan 

Pertama-tama Sobat Pintar membuat tabel tabungannya terlebih dahulu. Bisa ditulis manual atau di print saja. Contoh ada pada gambar di bawah ini, di mana tabelnya memiliki target menabung 2 juta rupiah dalam waktu 6 bulan. 

Tabel Tabungan Harian, Inilah 4 Cara Membuatnya

2. Siapkan Celengan atau Toples Untuk Menabung

Setelah itu, Sobat Pintar siapkan celengan atau toples. Pilih saja yang sekiranya nyaman dan harganya tidak terlalu mahal. Hal paling penting adalah bisa tersimpan aman dan berfungsi untuk menyimpan uang. 

3. Tempelkan tabel agar bisa melihat rencana menabung

Kemudian, Sobat Pintar hanya cukup menempelkan tabel tabungan harian yang sudah dibuat sebelumnya ke permukaan celengan atau toples. Di mana nantinya tabel ini akan menjadi panduan Sobat Pintar untuk menabung. 

4. Mulai menabung

Selanjutnya Sobat Pintar hanya tinggal menabung saja sesuai dengan tabel menabung harian yang ada. Caranya sangatlah mudah. Jika diperhatikan tabel tersebut mempunyai 4 kolom dan 6 baris dengan nominal yang berbeda-beda. Kolom pada tabel tersebut adalah hitungan minggu, sedangkan barisnya adalah total bulan. 

Sobat Pintar dapat menabung setiap hari sesuai dengan total per minggu yang harus dimasukan ke dalam celengan. Semisalnya dalam minggu ini, Sobat Pintar sudah berhasil menyisihkan uang yang dikumpulkan sebanyak 250 ribu rupiah, coretlah angka 250k dalam tabel tersebut. 

Tapi, sebelum uang masuk celengan ada baiknya pisahkan uang dalam plastic kecil dan tutup. Lalu berikan keterangan berapa total uang tersebut. Jika diperhatikan, dalam 6 bulan itu Sobat Pintar hanya boleh tidak menabung 3 kali saja. Jadi, jika tidak bisa menabung dalam minggu tersebut, coret saja angka 0k. 

Itulah cara untuk membuat tabel menabung harian untuk Sobat Pintar yang ingin mencobanya. Sobat Pintar pun dapat membuat sendiri total tabungan dengan target yang diinginkan. Seperti pada video TikTok yang viral, di mana ia menargetkan menabung 10 juta dalam waktu 52 minggu atau sekitar satu tahun lebih. 

Tips Menabung Harian untuk Capai Target 

Setelah melihat caranya tersebut, tentu saja Sobat Pintar juga membutuhkan tips menabung harian agar dalam satu minggu bisa memasukan nominal uang yang sesuai dengan target. Di bawah ini adalah tips yang bisa Sobat Pintar lakukan: 

1. Tentukan nominalnya dan menulisnya di tabel

Tips pertama yang harus Sobat Pintar lakukan adalah dengan menentukan nominalnya terlebih dahulu. Semisalnya Sobat Pintar memilih nominal untuk minggu ini adalah 250 ribu rupiah, maka dalam sehari minimal 40 ribu hingga 50 ribu rupiah harus disisihkan. Karena jika tidak ditentukan, maka Sobat Pintar pasti akan malas dan tidak ada keinginan untuk menabung. 

Tidak hanya dari total nominal yang harus ditabung setiap hari atau minggu saja, Sobat Pintar juga harus menentukan target terakhir berapa jumlah yang harus didapatkan. Hal ini akan membantu Sobat Pintar untuk tetap fokus dan konsisten. 

2. Mulai menabung dari nominal kecil 

Tidak perlu menargetkan untuk mendapatkan tabungan harian dalam jumlah besar. Sobat Pintar bisa memulai dengan nominal paling kecil. Hal ini sendiri akan membantu Sobat Pintar untuk belajar konsisten terlebih dahulu. Semisalnya Sobat Pintar sehari menyisihkan 5 ribu sehari, maka dalam seminggu totalnya sudah mencapai 35 ribu rupiah. 

Dalam pembuatan tabel pun tidak perlu seperti pada contoh. Semisalnya Sobat Pintar ingin memiliki tabungan 1 juta dalam sebulan, maka buatlah nominal per hari yang jika ditotal mendapatkan tabungan sebesar 1 juta rupiah. 

3. Berlatih untuk hemat 

Tips menabung harian selanjutnya adalah dengan berlatih untuk hemat. Sobat Pintar pasti sering mendengar hemat pangkal kaya, di mana pepatah tersebut memang benar adanya. Tanpa berlatih berhemat, maka Sobat Pintar tidak akan memiliki control dalam masalah keuangan. Sehingga sudah pasti tidak akan bisa menabung. 

Hemat ini sendiri bisa Sobat Pintar lakukan dengan berbagai cara. Semisalnya ketika sudah terbiasa jajan sehari 50 ribu rupiah, Sobat Pintar pun bisa mengurangi dengan jajan hanya 40 ribu sehari. Sehingga ada sisa 10 ribu rupiah yang bisa Sobat Pintar tabungkan. Kembali lagi, jangan melihat nominalnya yang terpenting adalah Sobat Pintar harus memiliki niat. 

4. Tidak ada salahnya mencari diskon 

Tips untuk menabung selanjutnya adalah tidak ada salahnya untuk mencari potongan harga atau diskon. Sekarang ini banyak merchant yang memberikan berbagai diskon untuk kebutuhan sehari-hari. Sobat Pintar bisa memanfaatkan hal tersebut agar bisa tetap menabung. 

Sebut saja ketika ingin memesan makanan, ternyata salah satu merchant memberikan diskon gratis ongkir atau potongan harga, tidak ada salahnya membeli di merchant tersebut. Walaupun potongan tidaklah besar, setidaknya Sobat Pintar bisa menghemat dan sisa uang masuk ke dalam tabungan harian. 

5. Buat daftar pengeluaran 

Tips rutin menabung setiap hari yang selanjutnya adalah dengan membuat daftar pengeluaran baik untuk harian, mingguan dan bulanan. Hal ini sangatlah penting sekali, agar Sobat Pintar bisa mengetahui berapa besaran pengeluaran yang dibutuhkan.Selain itu pun Sobat Pintar juga akan tahu mana saja barang yang sekiranya sangat diperlukan ataupun tidak. 

Terkadang, banyak yang tidak membedakan mana kebutuhan pokok dan juga keinginan. Dengan membuat daftar pengeluaran ini, Sobat Pintar dapat mengetahui mana keinginan dan juga kebutuhan pokok. Sehingga Sobat Pintar juga bisa menentukan bagian mana yang bisa dihemat dalam sehari, seminggu maupun sebulan. 

Contoh dari pengeluaran pokok adalah seperti ongkos transportasi, kebutuhan pokok seperti sembako, alat kebersihan, pinjaman dan lain sebagainya. Di mana adanya catatan ini juga akan membantu Sobat Pintar untuk mengingat kapan tanggal jatuh tempo dari pengeluaran pasti dalam setiap bulannya. 

6. Buat bekal makan siang agar target di tabel terpenuhi 

Tidak ada salahnya membuat bekal makan siang setiap hari. Cara yang satu ini termasuk yang paling efektif, ketimbang harus membeli makan siang dari restoran. Meskipun harga makan yang disajikan tidaklah mahal, tapi tetap saja nominalnya akan lebih besar dari pada memasak sendiri.

Keuntungan lain dari membuat bekal makan siang sendiri adalah lebih sehat karena Sobat Pintar sendiri yang membuatnya. Sobat Pintar juga bisa membuat berbagai macam menu makan yang tentu saja lebih murah dari restoran. 

Itulah penjelasan tentang tabel tabungan harian beserta tips untuk bisa menabung setiap harinya. Dalam hal ini memang yang Sobat Pintar perlukan adalah niat yang kuat serta selalu berlatih untuk hidup hemat. Selama Sobat Pintar tidak menyerah, maka sudah pasti target tabungan bisa dicapai. Bagi Sobat Pintar yang sekiranya membutuhkan dana darurat dan tabungan tidak mencukupi, dapat mengajukan ke Kredit Pintar. Kredit Pintar adalah aplikasi pinjaman online yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK, sehingga proses pengajuan dan pelunasan kredit bisa berlangsung dengan aman.  

Hati-hati Terhadap Penipuan Melalui Telepon Yang Mengatasnamakan Kredit Pintar!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload