Begini Syarat Kredit Motor, Siapkan KTP dan KK

25 Dec 2023 by kreditpintar, Last edit: 27 Dec 2023

Sudah tahu belum bagaimana syarat kredit motor yang bisa dilakukan masyarakat? Sampai sekarang, motor masih termasuk kendaraan yang banyak diminati masyarakat untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Bagi yang sedang berniat untuk membeli motor dengan sistem kredit, maka Anda bisa baca artikel ini sampai selesai. Anda bisa temukan tentang syarat-syarat yang wajib dipenuhi. Tenang saja, pasalnya persyaratan kredit motor tidak terlalu rumit karena hanya membutuhkan beberapa kelengkapan dokumen saja. 

Baca juga: Ini Cara Bayar Pajak Kendaraan Online, Gampang Banget Caranya

Selain karena lebih fleksibel dan efisien, harga beli motor juga lebih terjangkau. Nah, pembelian motor umumnya ada dua cara yakni bisa dengan langsung bayar tunai atau cash dan bisa juga dengan cara kredit.

Syarat Kredit Motor untuk Karyawan dan Pengusaha

Bagi Anda yang memilih kredit, sebelumnya terlebih dahulu pahami tentang syarat kredit motor yang harus dipenuhi. Penting juga paham bahwa jenis profesi juga mempengaruhi persyaratan dokumen. Akan berbeda apabila Anda berprofesi sebagai karyawan, atau sebagai pengusaha.

Lalu apa saja syaratnya? Simak penjelasan di bawah ini, 

Syarat Kredit Motor Profesi Karyawan 

Mungkin memang ada perbedaan kelengkapan dokumen di setiap tempat leasing sesuai dengan kebijakan masing-masing perusahaan. Selain KTP dan KK, berikut adalah syarat dokumen secara umum yang harus dipenuhi, 

  • Warga Negara Indonesia berusia minimal 21 tahun.
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), bagi yang sudah menikah harus mencantumkan fotocopy KTP pasangan.
  • Fotokopi kartu keluarga (KK) dan akta nikah (jika sudah menikah).
  • Slip gaji minimal 3 bulan terakhir dan surat keterangan kerja minimal 1 tahun.
  • Untuk pengajuan kredit di atas Rp 50 juta dilampirkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  • Batas maksimal kreditur 50 atau 55 tahun di saat kredit lunas. 
  • Fotokopi bukti kepemilikan rumah atau bukti tempat tinggal (rekening listrik/telepon/PAM/PBB/AJB)

Syarat Kredit Motor Profesi Pengusaha

Syarat kredit motor untuk Anda seorang pengusaha jelas dokumen yang disiapkan berbeda dan lebih banyak. Berikut persyaratan dokumen kredit motor bagi pengusaha atau wiraswasta, yaitu;

  • Warga Negara Indonesia berusia minimal 21 tahun 
  • Lama usaha minimal 2 tahun
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), bagi yang sudah menikah harus mencantumkan juga fotocopy KTP pasangan.
  • Fotokopi kartu keluarga (KK) dan akta nikah (apabila sudah menikah).
  • Untuk pengajuan kredit di atas Rp 50 juta, dilampirkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  • Rekening koran 3 bulan dan bukti keuangan perusahaan.
  • Fotokopi Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Surat Izin Tempat Usaha (SITU), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), serta surat keterangan usaha dari pihak RT/RW/ kelurahan/kecamatan yang asli.
  • Batas maksimal usia 50 atau 60 tahun di saat kredit lunas. 
  • Fotokopi sertifikat rumah/bukti sewa, tagihan listrik, air selama tiga bulan terakhir. 
  • Fotokopi bukti tempat tinggal atau rumah yang ditempati (telepon, rekening listrik, PAM, PBB, AJB)
  • Foto tempat atau aktivitas usaha yang dijalankan. 

Baca juga: Cara Bayar Pajak Mobil Online yang Cepat dan Anti Ribet

Syarat Tambahan Agar Pengajuan Kredit Diproses Cepat

Selain syarat kelengkapan dokumen sah yang Anda harus penuhi, perhatikan pula beberapa syarat lain yang menjadi acuan. Tujuannya agar kredit yang Anda ajukan dapat terproses dengan cepat. 

Apa saja syarat kredit motor agar prosesnya lancar?

Pastikan Tidak Masuk Daftar Blacklist

Anda perlu mengingat kembali apakah pernah ada tunggakan pada kredit sebelumnya. Entah itu kendaraan, pinjaman, atau barang lainya. Karena ini akan menjadi penghambat mendapatkan persetujuan kredit selanjutnya. 

Sistem yang saling terintegrasi akan mudah melacak bagi calon kreditur apabila memiliki histori tunggakan. Jadi, pastikan Anda tidak memiliki tunggakan bermasalah sebelumnya. 

Kelengkapan Data yang Telah Terverifikasi 

Jangan sampai Anda melewatkan satu saja dokumen yang tidak lengkap karena menyebabkan kredit yang Anda ajukan tertolak. Pastikan juga mengisi form pengajuan sesuai dan tidak ada kesalahan. Cek secara ulang sebelum diajukan. 

Punya Penghasilan Tetap 

Sebelum perusahaan kredit menyetujui, pasti akan ada pemeriksaan secara detail tentang profesi dan gaji Anda. Hal ini karena tidak ada perusahaan yang mau merugi dan memastikan anda bisa melakukan pembayaran setiap bulannya. Dengan adanya penghasilan tetap dengan nominal memadai akan lebih mudah kredit disetujui.

Besaran DP yang Dikeluarkan

Ada satu hal yang akan berpengaruh, yaitu besarnya DP. Dengan membayar DP yang besar, maka pihak leasing melihatnya sebagai tanda keseriusan untuk mengajukan kredit. 

Pasalnya, jika Anda mengajukan DP semakin besar Itu berarti sisa uang yang harus Anda angsur menjadi lebih ringan. Semakin besar juga tingkat kepercayaan dari perusahaan pembiayaan bahwa Anda mampu membayar angsuran setiap bulan.

Jika Anda benar membutuhkan motor tapi belum ada cukup dana untuk membeli, maka Kredit Pintar bisa jadi solusi pilihan untuk pinjaman online yang bisa Anda cicil.

Pastikan Alamat Valid 

Saat Anda menyerahkan berkas, maka gunakan alamat sedetail mungkin. Hal ini dimungkinkan akan ada survey petugas sebelum persetujuan kredit. Semakin jelas alamat yang Anda berikan, maka akan memudahkan petugas dan mempercepat proses pula. 

Perhatikan Usia Minimal dan Maksimal 

Ketentuan dan syarat kredit motor berada pada usia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun. Maka, jika tidak memenuhi syarat tersebut, bisa diwakili orang tua atau anak. Cara pengajuan atas nama orang tua apabila kurang dari 21 tahun, dan atas nama anak jika lebih dari 60 tahun.

Pastikan Nomor Kontak Aktif 

Tidak ada salahnya Anda mencantumkan lebih dari 1 nomor kontak agar lebih mudah saat dihubungi. Selain itu, jika terjadi kendala berkas anda juga akan lebih cepat mengetahui. 

Usahakan Pilih Kredit dengan Tenor Pendek

Pilihan tenor yang lebih pendek juga dapat mempermudah pengajuan kredit agar cepat disetujui. Tenor pendek adalah kisaran 1-2 tahun. Pihak leasing akan menilai bahwa Anda serius dan juga sudah mempunyai kesanggupan untuk melunasi cicilan.

Baca juga: Inilah 3 Cara Penting Untuk Memilih Leasing Motor

Selain hal-hal di atas, Anda juga wajib melakukan riset secara matang tentang lokasi perusahaan kredit yang Anda ajukan. Pilihlah perusahaan yang telah terpercaya dan bertanggung jawab. 

Jangan lupa cek reputasi dari beberapa testimoni. Selanjutnya pahami syarat kredit motor dan ketentuan yang dikeluarkan sebelum tanda tangan berkas.  Pastikan Anda tidak melewatkan point-point penting.

Nah, jadi itu dia persyaratan yang harus Anda penuhi dan pahami sebelum melakukan pengajuan kredit motor baik bagi karyawan maupun pengusaha. Semoga membantu dan bermanfaat. Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
27 Dec 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download