Cara Bayar Pajak Mobil Online yang Cepat dan Anti Ribet

30 Jun 2021 by Laruan, Last edit: 30 Jun 2021
Cara Bayar Pajak Mobil Online yang Cepat dan Anti Ribet

Sekarang, dengan teknologi yang semakin modern, Sobat Pintar tidak perlu direpotkan dengan antrian berjam-jam hanya untuk membayar pajak kendaraan. Dengan hadirnya pilihan inovasi pembayaran pajak kendaraan, Sobat Pintar bisa membayar pajak langsung dari rumah. Tentu saja, dengan mengikuti cara bayar pajak mobil online yang akan kami bahas ini!

Rasanya, kita semua tahu pentingnya membayar pajak. Apabila pajak menunggak, kendaraan kita juga yang akan jadi korban. Sementara, menebus biaya tilang juga tak kalah merepotkan. Untuk itu, dengan semakin mudahnya pembayaran pajak, diharapkan masyarakat bisa lebih disiplin dalam membayar pajak, apalagi sekarang ini sudah banyak pinjaman yang langsung cair.

Dengan pajak yang sudah terbayar, Sobat Pintar bisa lebih tenang apabila menghadapi kegiatan pemeriksaan. Sobat Pintar juga akan dijauhkan dari pembayaran denda yang cukup tinggi. 

Cara Mengecek Besaran Pajak

Sebelum Sobat Pintar mulai membayar pajak, ada baiknya jika Sobat Pintar mengecek dulu berapa besaran pajak agar tidak kaget nantinya. Tenang saja, ada fasilitas berupa website, yang bisa digunakan untuk pengecekan pajak kendaraan, yakni e-samsat.

Dengan mengakses website ini, Sobat Pintar bisa mendapatkan informasi berupa masa berlaku nomor polisi dan juga pajak yang harus dibayarkan. Caranya mudah, hanya dengan menginput nomor polisi dan KTP pemilik kendaraan, informasi akan ditampilkan secara otomatis.

Karena terdengar mudah dan praktis, tentu saja kini banyak orang yang lebih suka cara bayar pajak mobile online.  Lalu, kira-kira bagaimana caranya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini ya!

Membayar Pajak Mobil Secara Online

Seperti yang sudah diterangkan di atas, cara bayar pajak mobile online memang lebih simpel, karena kita tidak perlu mengantri untuk membayar pajak. Namun, perlu Sobat Pintar tahu bahwa layanan ini belum tersebar 100% ke penjuru Indonesia. Hanya beberapa wilayah saja yang bisa menikmati layanan ini.

Beruntungnya, bagi Sobat Pintar yang tinggal di pulau Jawa, sudah dipastikan bahwa pembayaran pajak online bisa mulai dinikmati. Pembayarannya juga mudah, hanya dengan lewat ATM saja. Kami akan membagi langkah menjadi 2:

Cara Bayar Pajak Mobile Online di E-samsat

  1. Silahkan pergi ke ATM terdekat
  2. Buka menu e-samsat (Pastikan nama rekening dan pemilik kendaraan sama)
  3. Kemudian masukkan Nomor Kendaraan
  4. Masukkan huruf yang ada di Plat
  5. Tak lama akan muncul nama dan nominal yang harus dibayarkan
  6. Bayar, dan jangan lupa simpan struk nya
  7. Setelah itu, pergi ke kantor samsat untuk cap pengesahan

Metode Lain Menggunakan Samolnas (Samsat Online Nasional)

  1. Download dan Install aplikasi Samolnas (Samsat Online Nasional) di App Store atau Play Store
  2. Buka Aplikasinya
  3. Klik Pendaftaran
  4. Setujui Terms and Condition
  5. Isi data selengkap-lengkapnya
  6. Klik Lanjutkan
  7. Layar akan menampilkan info mengenai data kendaraan
  8. Akan muncul kode bayar
  9. Segera bayar dengan menggunakan kode yang sudah didapat
  10. Lanjutkan dengan melakukan proses pembayaran
  11. Proses pembayaran melalui Samolnas telah selesai

Bagaimana? Mudah, bukan? Meskipun caranya mudah, pada beberapa kasus, kita sering lupa membayar pajak. Akibatnya, mau tidak mau kita harus membayar besaran denda yang sudah ditentukan. Apabila Sobat Pintar sedang membutuhkan dana mendadak untuk membayar pajak, Sobat Pintar bisa gunakan Kredit Pintar.

Dengan jaminan uang yang langsung cair, dana yang Sobat Pintar dapatkan bisa dengan segera digunakan untuk pembayaran pajak. Semua jadi tenang karena Kredit Pintar.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
30 Jun 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download