Surat Rekomendasi Kerja! Apa Saja yang Harus Ada?

20 Apr 2022 by Laruan, Last edit: 18 Jul 2022

Saat sedang mencoba melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, tiba – tiba kamu diminta untuk melengkapi dokumen dengan melampirkan surat rekomendasi kerja. Biasanya perusahaan akan memintanya ketika kamu sudah berhasil masuk ke tahap tertentu. 

Surat Rekomendasi Kerja! Apa Saja yang Harus Ada?

Namun, nyatanya masih banyak orang yang bingung terhadap surat rekomendasi kerja tersebut. Karena biasanya juga orang yang menuliskan rekomendasi mempunyai kesan sangat baik, secara otomatis kamu bisa lebih menonjol dari pada pelamar atau kandidat lainnya. Jika sudah begitu, kemungkinan besar kamu akan memiliki peluang untuk ke tahap selanjutnya.  

Baca juga : Cara Mudah Membuat Kop Surat 

Kalau sudah begitu, pastinya kamu ingin tahu bukan bagaimana isi dalam surat rekomendasi kerja dan bagaimana cara meminta surat tersebut? Simak informasi lebih lanjutnya dibawah sebagai berikut. 

Apa Itu Surat Rekomendasi Kerja? 

Sebagian besar orang akan membuat surat rekomendasi dari Institut akademis untuk urusan profesional dan juga sebaliknya. Biasanya surat rekomendasi kerja harus berisi identitas pelamar, jabatan saat bekerja, dan tentunya kemampuan kerja.

Surat rekomendasi kerja juga disebut sebagai surat referensi kerja dalam dunia profesional.

Surat rekomendasi kerja harus dibuat dengan bagus, bagus dalam arti baik dan mencakup semua informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan tentang pelamar kerja. 

Baca juga :Cara Menulis Kwitansi

Template Surat Rekomendasi Kerja

Ada beberapa poin yang harus disertakan dalam template surat rekomendasi kerja, sebagai berikut. 

1. Bagian Inside Address

Biasanya surat rekomendasi akan dimulai dari adanya kop sebuah perusahaan, instansi maupun organisasi. Hal itu membuat surat rekomendasi kerja terlihat formal. 

Pada bagian inside address ini akan ada tanggal saat perekomendasi menuliskan surat di baris pertama, lalu bisa dilanjutkan dengan nama penerima rekomendasi beserta posisi dan alamatnya. Seperti ini contohnya : 

10 Maret 2010

Bagus Permada

Kepala Direktur Keuangan PT. ABC

Jalan Melati, No. 100, Kota Bandung, Jawa Barat. 

2. Bagian Pembuka

Bagian pembuka, termasuk paragraf pertama pada surat rekomendasi kerja doc atau teks ini harus ditulis dengan benar dan mudah dipahami. Hal itu mengharuskan penulis rekomendasi membuat atau menulisnya secara rinci dengan menyebutkan hubungan kerja dengan penerima rekomendasinya. 

Termasuk jabatan perekomendasi, nama orang yang direkomendasikan, jabatan rekomendasi, ataupun berapa lama masa kerjanya. Seperti contoh : 

“Sebagai Manajer Proyek Syaria Finance, saya adalah supervisor langsung Intan Permata Sari dari tahun 2005 – 2010. Kami bekerja sama untuk meluncurkan produk dalam proyek tersebut, dan saya senang melihat pertumbuhan baik dari Intan sebagai analisis di team proyek kami.”

3. Bagian Isi

Biasanya pada bagian isi akan dimulai dari daftar keahlian orang tersebut yang dapat kamu lihat dari seberapa ahlinya mereka menyelesaikan proyek – proyek sebelumnya saat bersama dengan kamu. Kamu bisa memilih dua sampai tiga item poin untuk dijadikan nilai utamanya. 

Orang yang mengeluarkan lamaran tidak hanya membutuhkan keterampilan teknis saja, akan tetapi juga nilai lain dibalik semua itu seperti bagaimana cara kepemimpinannya, kreativitasnya, kerjasama tim, ataupun lain sebagainya. Seperti ini contohnya : 

“Cara kepemimpinan Intan dalam proyek selalu menekan pada kesejahteraan bersama, sehingga hal itu akan berdampak positif dan baik terhadap hubungan yang akan terjadi berikutnya. Dia berhasil menyelesaikan dengan komunikasi lisan secara langsung, mendengar keinginan para pekerja sama proyek. Selain itu, dia juga selalu mengawasi secara langsung hingga proyek berhasil ditangani dengan baik. Meski begitu, didalam jadwal padanya dia selalu bersikap baik pada rekan – rekan kerja dan timnya.”

4. Bagian Penutup

Bagian ini membutuhkan adanya pernyataan bahwa kamu selalu orang yang merekomendasikan menginginkan kembali orang tersebut untuk bekerja lagi, atau bisa juga kamu menuliskan dengan hal – hal positif lainnya. Dengan begitu, tidak akan ada orang yang merasa tersakiti akibat hal tersebut. 

Akhiri paragraf penutupnya dengan sebuah undangan untuk menghubungi kamu jika penerima rekomendasi tersebut (orang yang mencari pelamar kerja) mempunyai pertanyaan lanjutan. 

Inilah contoh paragraf penutup yang baik, “Sesuai dengan semua alasan yang tertulis, saya memberi Intan rekomendasi terkuat untuk posisi Manajer Keuangan. Jangan ragu untuk menghubungi saya, jika Anda memiliki sebuah pertanyaan.”

5. Tanda Tangan Profesional

Setelah berhasil menyesuaikan template surat rekomendasi kerja pada umumnya, kamu bisa menambahkan dengan adanya tanda tangan profesional pada bagian bawahnya. Sehingga, hal itu akan lebih memberikan kepercayaan kepada penerima rekomendasi. 

Baca juga : Cara Membuat Surat Perjanjian Pinjam Uang

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
18 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download