Simak 6 Tradisi Lebaran yang Masih Dilakukan Hingga Sekarang

04 May 2021 by kreditpintar
tradisi lebaran

Setelah satu bulan penuh melakukan puasa, Hari Raya Idul Fitri menjadi hari yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Momentum tersebut menjadi kesempatan untuk bersilaturahmi dan saling memaafkan dengan sanak keluarga yang jarang bertemu. Tradisi lebaran masih berlanjut hingga saat ini dan dilakukan oleh banyak keluarga muslim di Indonesia. Tidak heran jika momen tersebut sangat dinantikan oleh tidak sedikit orang karena ada banyak kegiatan dan kebiasaan yang akan dilakukan nantinya. 

Tradisi yang biasa dilakukan cenderung beragam, bahkan setiap keluarga biasanya memiliki kebiasaan yang berbeda saat Idul Fitri. Tidak heran jika kebiasaan tersebut sudah melekat sejak lama, bukan hanya dari masyarakat tapi juga keluarga. Kebutuhan saat hari fitri tersebut pun akan jauh lebih meningkat jika dibandingkan dengan hari-hari biasanya. 

Tradisi Lebaran Apa Saja yang Masih Tetap Lestari Hingga Saat Ini?

Dari dulu hingga sekarang tentu sudah mengalami banyak perubahan, termasuk juga dalam tradisi di setiap Hari Raya Idul Fitri tiba. Meskipun sudah banyak yang berubah, tetapi masih ada di antaranya yang hingga sekarang masih dilakukan oleh sebagian besar keluarga muslim. Bahkan sudah menjadi tradisi turun-temurun yang belum tergerus oleh zaman yang sudah modern. Tradisi tersebut juga memiliki nilai sosial dan budaya yang masih tertanam di masyarakat dari dulu hingga sekarang. 

Apabila Sobat Pintar ingin mengetahui berkaitan dengan tradisi lebaran apa saja yang masih dilakukan di zaman modern ini, bisa menyimak penjelasan di bawah. Mungkin saja ada kebiasaan keluarga Sobat Pintar yang juga masih dipertahankan di setiap hari raya. Berikut adalah daftar tradisi yang tetap dilakukan di zaman modern, antara lain:

1. Para Perantau Melakukan Mudik

Bukan hal yang asing lagi, mudik memang selalu jadi sesuatu yang sering dilakukan saat momen lebaran akan tiba. Banyak di antara mereka rela melakukan berbagai cara agar dapat mudik, termasuk dengan mencari pinjaman instan. Hal tersebut tidak mengejutkan karena biaya transportasi saat musim lebaran tiba akan ikut mengalami kenaikan. Sehingga dibutuhkan biaya tambahan agar bisa berjumpa dengan sanak keluarga di kampung.

Tidak hanya transportasi darat saja yang ramai diserbu para pemudik, tetapi ada pula laut dan juga udara. Bahkan setiap tahunnya kebiasaan mudik ini tidak bisa dilepaskan dari lebaran. Hal tersebut bisa dilihat dari terminal, stasiun, pelabuhan, dan juga bandara yang penuh akan pemudik. Belum lagi liburan saat lebaran terbilang cukup lama, sehingga banyak orang menyempatkan waktunya untuk pergi ke kampung halaman. 

2. Melakukan Halal Bi Halal

Tradisi satu ini pun tidak bisa lepas dari momen lebaran, yaitu dengan mengadakan halal bi halal. Istilah tersebut digunakan untuk saling mengunjungi orang-orang terdekat, mulai dari sanak keluarga, tetangga, hingga teman. Hal itu dilakukan dengan tujuan agar Sobat Pintar bisa bersilaturahmi dan saling maaf-memaafkan. Tapi ketika pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, kegiatan tersebut hanya bisa dilakukan melalui bantuan teknologi internet dan juga ponsel saja.

lebaran

3. Sambut Hari yang Fitri dengan Baju Baru

Kebiasaan ini juga berkaitan erat dengan lebaran, yaitu membeli baju baru. Nantinya baju tersebut akan dikenakan saat lebaran tiba serta menjadi simbol bahwa kita terlahir kembali. Meskipun budget yang dimiliki terbatas, banyak orang yang berupaya agar tetap membeli baju lebaran hingga memadati pusat perbelanjaan. Memang sebenarnya saat Idul Fitri tidak diharuskan untuk memakai pakaian baru cukup rapi dan juga bersih yang dimiliki. Namun, membeli baju baru ini sudah menjadi tradisi yang melekat hingga kini. 

4. Membagikan THR dan Angpao

Kebiasaan inilah yang ditunggu-tunggu oleh banyak anak-anak, yakni membagikan angpao dan juga THR. Apabila Sobat Pintar sudah bekerja dan memiliki banyak keponakan ataupun anak kecil yang berkunjung, maka harus mempersiapkan angpao. Angpao ini berupa amplop berukuran kecil yang di dalamnya berisi sejumlah uang. 

Hampir sama dengan angpao, THR atau Tunjangan Hari Raya ini Sobat Pintar berikan kepada para pekerja. Hal tersebut berlaku jika Sobat Pintar memperkerjakan seseorang sebagai bentuk bonus untuk mereka. Jika Sobat Pintar memiliki kendala uang untuk membagikan THR karena jumlah karyawan yang banyak, bisa dengan pinjam  Kredit Pintar. Dengan begitu, Sobat Pintar bisa memberikan THR tanpa bingung karena bunga yang diberikan pun tergolong kecil. 

5. Menyiapkan Makanan dan Kue Khas Lebaran

Kegiatan Lebaran selanjutnya adalah dengan menyiapkan makanan dan kue khas lebaran. Saat Idul Fitri tiba, semua keluarga yang berada di perantauan tentu akan pulang untuk merayakan bersama-sama. Oleh karena itu, akan disiapkan beragam makanan dan kue khas dari Idul Fitri. Ketupat dan opor ayam menjadi menu wajib di banyak keluarga saat lebaran tiba. Sedangkan untuk kuenya sendiri terdiri dari berbagai jenisnya mulai dari nastar, kastengel, lidah kucing, dan kue kering khas yang lainnya. 

6. Memberikan Hantaran atau Parcel Kepada Kerabat

Kebiasaan berikut ini pun sering dilakukan oleh banyak orang, yaitu memberikan hantaran ataupun parcel. Hantaran tersebut biasanya berupa makanan kecil ataupun kue kering, tetapi tidak jarang dijumpai pula parsel berupa barang pecah belah. Kebanyakan hantaran tersebut diberikan kepada teman, tetangga, dan juga sanak keluarga. Biaya yang dikeluarkan untuk membuat satu parsel ini pun tidak sedikit, sehingga banyak orang yang mulai meninggalkan tradisi ini. 

Ketika momen yang fitri tersebut tiba, budaya Lebaran akan mewarnai perayaan itu menjadi lebih seru dan menyenangkan. Oleh karenanya, kebiasaan tersebut masih bertahan dan berlangsung hingga saat ini di banyak keluarga muslim ketika Idul Fitri. Tidak bisa dipungkiri pula jika Sobat Pintar harus merogoh kocek dalam-dalam untuk melakukan tradisi tersebut. Meskipun demikian, semuanya akan terbayar dengan kebahagiaan orang-orang di sekitar atas apa yang Sobat Pintar berikan. 

Pinjaman Online 24 Jam, Kredit Pintar

Dengan melakukan salah satu atau semua tradisi di atas, tentu bisa membuat kantong Sobat Pintar jebol. Hal tersebut tidak bisa dipungkiri karena memang kebutuhan saat lebaran cukup banyak dan harganya pun ikut melonjak. Namun, jika ingin merayakan lebaran dengan suka cita untuk orang di sekitar Sobat Pintar ada alternatif lain yang bisa dilakukan. Cara tersebut adalah dengan melakukan pinjaman instan online yang dapat diproses hanya dalam waktu singkat. Salah satu tempat untuk melakukan pinjaman yang dapat Sobat Pintar gunakan adalah Kredit Pintar. 

Apabila Sobat Pintar ingin merayakan hari yang fitri tersebut dengan melakukan tradisi lebaran tapi kendala biaya, tidak perlu khawatir. Ada cara mudah dapat Sobat Pintar lakukan, yaitu dengan melakukan pinjaman online di Kredit Pintar. Tidak perlu khawatir akan bunga dari perusahaan fintech ini karena memberikan bunga kecil kepada peminjam. Tidak hanya sampai disitu saja, perusahaan ini juga akan memudahkan Sobat Pintar untuk melakukan pinjaman dalam jangka waktu pendek (30 hari hingga 12 bulan). Bagian terpentingnya adalah semua transaksi melalui aplikasi ini sudah berizin, terdaftar, dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload