4+ Cara Pendaftaran dan Cara Aktivasi Shopee Pay Later

07 Oct 2021 by Laruan

Kecanggihan teknologi memberi banyak dampak positif untuk kehidupan. Di mana, memang saat ini berbagai hal bisa dilakukan dengan mudah melalui internet. Hal ini sangat berlaku untuk proses transaksi. Saat ini, berbagai transaksi yang ada sudah bisa menggunakan ponsel pintar dan internet dalam melakukannya. Sebut saja salah satunya adalah shopee pay later. 

Review Shopee PayLater Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Sesuai dengan namanya, sudah pasti transaksi yang satu ini berasal dari aplikasi shopee. Biasanya, ketika Sobat Pintar menggunakan saldo dari pay later-nya, maka bisa membeli saat ini dan membayarnya di bulan depan. Menariknya, ada pilihan berapa kali melakukan cicilan. Sehingga, Sobat Pintar bisa memilih cicilan yang lebih ringan. 

Temukan Berbagai Promo Menarik Shopee Sale 9.9 2021

Bisa dikatakan bahwa pay later ini merupakan bentuk pinjaman yang diberikan oleh shopee kepada penggunanya. Di sini, akan ada bunga seperti pinjaman-pinjaman lainnya. Biasanya, bunga sendiri disesuaikan dengan banyaknya uang yang dipinjam. Nah, ternyata tidak semua pengguna shopee bisa menggunakan Pay later dari Shopee. Tentu saja, pengguna yang bisa menggunakannya adalah pengguna yang sudah melakukan aktivasi. 

Limit dari pay later sendiri selalu naik, sesuai dengan keaktifan pengguna dalam melakukan transaksi. Selain itu, kadang tambahan limitnya ini memiliki batas waktu tertentu. Sehingga memang tidak bisa diprediksi sebanyak apa saldo pinjaman yang akan ada. 

Syarat Memiliki Shopee Pay Later 

Seperti yang sudah disinggung di atas, untuk bisa memiliki pay later ini tentu ada syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Adapun beberapa syarat yang dimaksud adalah sebagai berikut. 

1. Akun Shopee Harus Sudah Terdaftar dan Terverifikasi 

Syarat pertama yang harus dipenuhi adalah harus sudah terdaftar dan terverifikasi. Maksudnya bukan hanya memiliki akun shopee saja, tetapi juga harus mendaftarkan diri untuk bisa mendapatkan Pay later dari Shopee. Setelah itu, nantinya Sobat Pintar diharuskan untuk mengunggah foto wajah dengan KTP. Untuk proses verifikasinya sendiri hanya membutuhkan waktu 1 x 24 jam saja. 

2. Akun Shopee Sudah Berusia 3 Bulan 

Untuk Sobat Pintar yang memang baru menggunakan shopee, tentunya tidak bisa langsung mendapatkan pay later. Sebab, hanya pengguna yang sudah berusia 3 bulan saja yang bisa memiliki pay later ini. Sehingga, Sobat Pintar harus menunggu 3 bulan ke depan untuk bisa mendapatkannya. 

3. Sering Melakukan Transaksi di Shopee

Selain harus berusia 3 bulan, Sobat Pintar pun harus sering melakukan transaksi untuk mendapatkan saldo pay later. Tidak ada batasan minimal berapa kali harus melakukan transaksi atau berapa banyak uang yang harus dikeluarkan untuk melakukan transaksi. Cukup sesering mungkin, maka Sobat Pintar bisa mendapatkan saldo pay later. 

4. Aplikasi Shopee Sudah Ter-Update 

Terakhir, pastikan bahwa aplikasi shopee Sobat Pintar sudah ter-update. Sehingga bisa merasakan berbagai fitur baru. Tentu saja dengan aplikasi shopee yang ter-update bisa membuatmu merasakan pay later. 

Cara Melakukan Aktivasi Shopee Pay Later 

Setelah mengetahui syarat apa saja yang harus dipenuhi untuk bisa menggunakan pay later, maka kali ini kita akan membahas bagaimana cara aktivasi Pay later dari Shopee. Berikut pembahasan singkatnya. 

1. Masuk Ke Profil Akun Shopee

Pertama, Sobat Pintar harus masuk terlebih dahulu ke profil akun. Setelah itu, klik Spaylater dan aktifkan sekarang. Setelah itu, nantinya akan ada kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS. Setelah menerima kode verifikasi atau biasa disebut dengan kode OTP ini, Sobat Pintar hanya perlu memasukkan kodenya ke kolom yang sudah tersedia. 

2. Mengunggah Foto KTP Langsung dari Aplikasi Shopee

Cara aktivasi Pay later dari Shopee yang selanjutnya adalah dengan mengunggah foto KTP. Setelah itu, Sobat Pintar akan diminta untuk memasukkan NIK dan nama. Kemudian, klik konfirmasi. Perlu diingat bahwa 1 KTP hanya bisa digunakan untuk 1 Spaylater saja. Biasanya, akan ada juga informasi tambahan yang harus Sobat Pintar isi. 

3. Melakukan Verifikasi Wajah

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah verifikasi wajah. Biasanya, dalam langkah ini banyak orang yang gagal melakukannya. Tentu saja hal ini dikarenakan beberapa faktor, seperti misalnya wajah tidak terdeteksi, kualitas internet kurang baik dan lain sebagainya. Biasanya, jika sudah terverifikasi, maka hanya perlu menunggu 1×24 jam saja untuk akhirnya bisa menggunakan Spaylater. 

Cara Bayar Shopee Pay Later 

Setelah mengetahui semua tentang syarat dan cara mengaktifkannya, Sobat Pintar juga perlu tau mengenai cara melakukan pembayaran Pay later dari Shopee. Di mana, cara melakukan pembayarannya sendiri sangatlah mudah. Berikut ulasan singkatnya. 

1. Masuk ke Akun Profil 

Pertama, Sobat Pintar perlu masuk ke akun profil terlebih dahulu. Setelah itu, pilih Spaylater. Nantinya, cukup memilih tagihan saya saja. Kemudian, akan keluar rincian tagihan yang harus Sobat Pintar bayar, lengkap dengan barang, tanggal pemesan dan harganya. 

Jika sudah seperti ini, Sobat Pintar hanya perlu mengklik lunasi tagihan. Nantinya, akan ada beberapa pilihan metode pembayaran yang bisa Sobat Pintar pilih. Cara bayar Pay later dari Shopee memang memiliki beberapa metode pembayaran yang akan memudahkanmu dalam melunasinya. 

2. Pilih Metode Pembayaran 

Beberapa metode pembayaran yang bisa Sobat Pintar temukan, antara lain alfamart/indomart, virtual account, dan saldo shopeepay. Jika memilih virtual account, biasanya hanya membutuhkan waktu paling lama 10 menit saja. Sementara, jika memilih alfamart atau indomart, maka tagihan akan selesai dilunasi jika sudah melakukan pembayaran di counter alfamart atau indomart. 

Cara bayar Pay later dari Shopee yang paling mudah adalah dengan menggunakan saldo shopeepay. Sebab, Sobat Pintar hanya perlu memilihnya dan melakukan konfirmasi. Setelah itu, Sobat Pintar hanya perlu memasukan pin shopeepay dan tagihan pun sudah lunas. 

Beberapa Pinjaman Online Selain Shopee Pay Later 

Tahukah Sobat Pintar bahwa sebenarnya ada banyak sekali aplikasi pinjaman online yang bisa ditemukan dengan mudah? Di mana, berbagai pinjaman tersebut memberikan banyak hal menarik kepada para penggunanya. Seperti misal bunga yang sedikit dan lain sebagainya. Nah, berikut kita akan membahas beberapa pinjaman berbasis online selain Spaylater. 

1. Kredit Pintar 

Aplikasi pertama yang bisa Sobat Pintar pilih sebagai pinjaman berbasis online adalah Kredit Pintar. Aplikasi yang satu ini sudah ada sejak lama. Di mana, sudah banyak juga orang yang menggunakannya. Proses pendaftaran sampai dengan verifikasi KTP sangat mudah dan cepat. Selain itu, aplikasi ini juga sudah terdaftar di OJK. Sehingga, sangat aman untuk dipilih dan digunakan. 

2. Akulaku

Kemudian, ada juga aplikasi akulaku yang memang sudah dikenal banyak orang. Aplikasi ini memungkinkan Sobat Pintar untuk bisa melakukan pinjaman secara online sampai dengan 15 juta. Tentu saja, ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk tenornya sendiri, ada banyak pilihan yang bisa Sobat Pintar pilih. Bahkan, tenornya ada yang sampai 15 bulan. 

Nah, itulah beberapa hal mengenai Pay later dari Shopee, syarat, cara bayar sampai dengan cara mengaktifkannya. Sebenarnya, ada banyak sekali pinjaman berbasis online yang menyatu dengan aplikasi e-commerce. Hal ini tentu akan membuat seseorang lebih mudah melakukan pembayaran. 

Hindari Penipuan! Inilah Daftar Fintech Legal OJK terbaru Per 27 Juli 2021

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload