Samsung A11, Kelebihan, Fitur, Dan Spesifikasi

03 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 22 Feb 2022

Sekarang ini, smartphone sudah bukan barang mewah lagi. Semua aktivitas bahkan sudah bisa didukung dengan perangkat tersebut. Jika Anda ingin cari smartphone untuk kebutuhan sehari-hari, Samsung A11 mungkin bisa jadi solusi terbaik.

Galaxy A11 - Spesifikasi, Harga | Samsung Indonesia

Selain cukup murah, yaitu hanya di kisaran 1 jutaan saja, Samsung A11 ini pun diyakini punya spesifikasi yang cukup mumpuni. Sehingga tidak sedikit yang akhirnya menjadikan ponsel ini sebagai barang incaran. 

Sejak kemunculannya pertama kali, smartphone pabrikan Korea Selatan tersebut sudah terlihat mendapatkan sambutan yang cukup baik. Bahkan, beberapa menganggap ponsel ini adalah salah satu dari HP murah potensial di Indonesia. 

Meskipun tergolong murah, Anda tidak boleh ragu dengan spesifikasi yang disematkan padanya.. Ponsel 1 jutaan ini sudah dibekali dengan RAM 3GB dengan chipset snapdragon. Ingin tahu lebih lengkap tentang spesifikasi dan kelebihan ponsel ini lengkap? Semua ada di bawah ini. 

Baca juga: Spesifikasi Samsung A52s 5G dan Harga Terkini 2022

Kelebihan Dan Fitur Unggulan Samsung A11

  • Desain Menawan

Samsung A11 dibekali dengan desain yang sangat menawan. Meskipun body polikarbonat yang dipilih, namun tidak serta merta membuatnya tampil murahan. Hal ini didukung dengan sentuhan akhir glossy yang makin membuatnya berkilau sehingga terkesan mahal.

Sentuhan akhir glossy yang disematkan pada ponsel ini tidak lantas membuatnya terlalu licin saat digenggam. Namun, akan sedikit membuat bekas sidik jari dan kotoran yang mudah menempel pada body belakangnya. 

Tapi tetap bisa diakali dengan penggunaan softcase yang sesuai untuk menjaga kebersihan perangkat. Bobot ponsel ini terbilang cukup ringan hanya sekitar 177 gram saja. Desainnya cukup prestisius dengan adanya lengkungan halus di setiap sisinya. 

Pada sisi depan layar sengaja didesain infinity-O dan dilengkapi dengan kamera selfie pada sudut kiri atas. Jack audio pun turut disematkan di sisi atasnya sebesar 3,5 mm yang sekarang ini sudah cukup jarang dimiliki oleh ponsel keluaran terbaru. 

Sisi kanan masih ditempatkan tombol power dan volume, serta sisi kiri tersemat SIM tray triple slot. Sementara untuk bagian bawah sendiri ada microfon utama, port USB Type-C, serta speaker. 

  • Layar Mumpuni

Samsung A11 pun sudah dilengkapi dengan layar TFT PLS dengan ukuran 6,4 inci. Sajian gambarnya sudah didukung tampilan dengan resolusi HD+. Tampilan konten yang disajikan dapat terlihat dengan jelas.

Anda bisa menggunakannya untuk main game atau aktivitas hiburan lainnya dengan nyaman menggunakan ponsel ini. Bahkan, sudah ada fitur Blue Light Filter yang akan membantu mengurangi radiasi sinar biru. 

Sehingga, mata pengguna bisa terlindungi, walaupun jika layar dipakai di bawah sinar matahari akan tidak seberapa jelas. Sayangnya, perangkat ini masih belum memberikan informasi jelas apakah dilengkapi dengan pelindung anti gores atau tidak.

Namun untuk mengantisipasinya, Anda bisa gunakan pelindung tambahan. Sehingga, penggunaan ponsel jadi lebih nyaman dan awet. 

Baca juga: Samsung A12 2020 Vs 2021, Mana Yang Lebih Unggul?

  • Performa Yang Bisa Diandalkan

Smartphone keluaran tahun 2020 ini nyatanya sudah dibekali dengan performa terbaru dan cukup mumpuni. Samsung menyematkan sistem One UI 2.0 berbasis Android 10. Sistem terbaru ini dikenal dapat memberikan tampilan sederhana.

Namun dapat menyajikan ikon besar sehingga memudahkan pengguna untuk mengaplikasikan perangkat. Selain itu, Samsung A11 ini pun masih dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 450.

Ditambah lagi dengan pemasangan GPU Adreno 506 Serta CPU octa-core Cortex-A53. Seluruh kombinasi tersebut semakin membuat pengguna nyaman mengaplikasikan ponsel ini. Baik untuk bermain game ataupun aktivitas multimedia.

Bahkan, penggemar game pun akan sangat menikmati permainan selama menggunakan ponsel ini. Pasalnya, Samsung A11 masih bisa dipakai untuk akses game-game berat seperti Free Fire, Mobile Legend, PUBG Mobile, dan lainnya.

Anda hanya perlu melakukan penyesuaian frame rate saja supaya selama permainan berlangsung tidak terjadi lag. Ada lagi fitur pemindai sidik jari yang turut disematkan di bagian belakang ponsel. Fitur ini akan menjaga perangkat Anda dari tangan jahil agar makin aman.

  • Tiga Kamera Andalan

Selanjutnya, Samsung A11 nyatanya pun sudah dilengkapi dengan tiga kamera yang cukup bisa diandalkan. Kalau diperhatikan, susunan kameranya sama dengan saudaranya yaitu Samsung M11, yaitu 13MP kamera utama, 5MP (ultra wide), dan 2MP (depth sensor).

Kamera utama dapat menghasilkan jepretan yang lumayan berkualitas. Sedangkan untuk ultra wide dapat menjangkau lebih luas hingga 115 derajat. Kamera depth sensor Samsung A11 ini pun bisa memberikan efek bokeh yang cukup memuaskan. 

Sedangkan untuk kamera depannya sendiri sudah dibekali dengan resolusi 8MP yang sengaja diletakkan pada bagian sudut kiri atas. Adanya kamera depan ini dapat Anda manfaatkan untuk aktivitas selfie, wefie, fitur face unlock, hingga panggilan video. 

Samsung Galaxy A11 - Black | DINOMARKET | Gadget & Electronic Premium  Marketplace
  • Baterai Awet

Apabila diperhatikan ulang, spesifikasi kamera Samsung A11 memang terbilang standar. Namun, Anda tidak boleh menghiraukan kualitas baterainya. Ponsel ini sudah dibekali dengan baterai dengan kapasitas 4.000 mAh.

Jika dibandingkan dengan Samsung M11 memang kapasitasnya lebih kecil. Tapi soal daya tahan, Samsung A11 diketahui tidak jauh beda dengan varian tersebut. Ponsel ini begitu awet untuk penggunaan sehari-hari pada aktivitas normal.

Apabila habis pun, Anda masih bisa melakukan pengisian ulang daya sebesar 18 W. Smartphone Samsung varian A11 ini pun bisa mengisi daya hingga penuh dengan hanya butuh waktu sekitar 3 Jam saja. 

Spesifikasi Samsung A11

Umum

Tahun Rilis2020
Jaringan2G, 3G, 4G
SIM CardDual SIM
eSIMTidak

Body

Dimensi161.4 x 76,3 x 8 mm
Bobot177 gr
MaterialLayar kaca, body belakang dan frame plastik

Layar

JenisPLS TFT
Ukuran6,4 inci
Refresh Rate60 Hz
Resolusi720 x 1560 piksel
Rasio19,5 : 9
Kerapatan268 ppi

Hardware

ChipsetQualcom Snapdragon 450
CPUOcta-core 1.8 GHZ Cortex-A53
GPUAdreno 506

Memori

RAM2 GB, 3GB
Memori Internal (ROM)32 GB
Memori EkstenalMicroSD

Kamera Utama

Jumlah3
Konfigurasi13 MP (wide), f/1.8  5 MP (ultrawide), f/2.22 MP (depth), f/2.4                                             
FiturAF, LED Flash, HDR, Video
Resolusi1080p@30fps

Kamera Depan

Jumlah1
Konfigurasi8MP (wide)
FiturVideo 1080@30fps

Baterai

JenisLi-Po
Kapasitas4000 mAh
Fitur BateraiPengisian Cepat 15 W

Konektivitas

WLanWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSGPS, A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO
USBTipe-C 2.0
InfraredTidak Ada
NFCTidak Ada

Fitur Utama

OS (Saat Rilis)Android 10
SensorFingerprint (belakang)AkselerometerProksimitas
Audio jackJack 3,5mm
WarnaHitam, Putih, Biru, Merah
Fitur LainRadio FM
Resmi di Indonesia, Ini Harga Samsung Galaxy A11 dan Galaxy A21s -  Selular.ID

Harga Samsung A11

Untuk harganya sendiri, Samsung A11 ini tergolong cukup terjangkau. Per unitnya hanya dipatok dengan harga 1,7 jutaan saja. Namun, Anda yang tidak punya dana yang cukup, tidak perlu risau.

Baca juga: Akan Segera Rilis, Yuk Intip Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A22

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
22 Feb 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download