Kenali 6 Jenis Safe Deposit Box, Sebelum Membelinya

15 Sep 2021 by Laruan

Bukan hanya pebisnis, setiap orang pasti memiliki barang-barang atau dokumen berharga yang harus terjaga keamanan dan kerahasiaannya. Jangan sepelekan tempat menyimpan harta benda Sobat Pintar karena sekecil apapun aset berharga tersebut, akan ada banyak risiko yang mengiringinya. Oleh karena itu, ada baiknya Sobat Pintar mulai mencari tempat penyimpanan yang tepat untuk harta benda dan aset berharga Sobat Pintar. Safe deposit box, atau brankas merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk melindungi aset-aset berharga Sobat Pintar dari berbagai risiko yang mungkin terjadi.

Kenali 6 Jenis Safe Deposit Box, Sebelum Membelinya

Safe deposit box merupakan sebuah fasilitas yang disediakan untuk menyimpan aset-aset berharga Sobat Pintar baik berupa barang-barang, maupun dokumen. Brankas biasanya berada di bank, kantor pos, atau instansi yang berwenang lainnya.

Nasabah membayar sejumlah dana kepada penyedia layanan brankas sebagai biaya sewa kotak. Umumnya, pembayaran dilakukan untuk periode tahunan, atau sesuai dengan syarat dan ketentuan instansi yang Sobat Pintar pilih.

Brankas memiliki sistem keamanan yang baik karena dirancang khusus untuk menghindari kebocoran data atau risiko yang mungkin terjadi pada aset-aset Sobat Pintar. 

Sistem tersebut memberikan perlindungan yang maksimal dalam menjaga kerahasiaan dan keamanan aset-aset Sobat Pintar dari berbagai risiko yang mungkin terjadi seperti kebakaran, pencurian, atau kehilangan. Sistem keamanan khusus tersebut biasanya menggunakan sidik jari, PIN, ataupun kunci keamanan ganda.

Kelebihan menyimpan barang berharga Sobat Pintar di brankas di instansi keuangan adalah, Sobat Pintar tidak perlu khawatir karena instansi tersebut sudah bertanggung jawab apabila terjadi suatu risiko pada harta benda Sobat Pintar. Hal tersebut dapat meminimalisir risiko kerugian yang mungkin Sobat Pintar alami.

Selain itu, jika Sobat Pintar menggunakan brankas di bank atau instansi yang berwenang lainnya, kerahasiaan dokumen Sobat Pintar sudah pasti terjamin.

Biasanya, bank atau instansi tertentu yang membuka layanan brankas memerlukan kartu identitas Sobat Pintar, serta surat perjanjian tertulis dari bank yang Sobat Pintar pilih. Sobat Pintar juga dapat memberikan kuasa pada seseorang untuk mengambil atau menyimpan barang yang dapat mewakili Sobat Pintar.

Adapun biaya yang harus Sobat Pintar keluarkan untuk layanan ini, tergantung pada perjanjian atau ketentuan yang sudah ditetapkan oleh bank. Biasanya, Sobat Pintar membayar layanan ini untuk periode satu semester atau tahunan, sesuai dengan perjanjian tertulis Sobat Pintar dengan pihak bank.

Ternyata, tidak hanya di bank atau instansi tertentu yang dapat menyediakan brankas. Sobat Pintar juga bisa menyediakan fasilitas tersebut di rumah. 

Penggunaan brankas adalah pilihan yang tepat untuk menyimpan harta benda Sobat Pintar di rumah, sehingga Sobat Pintar tidak perlu repot-repot pergi ke bank untuk mendapatkan dokumen Sobat Pintar kalau terjadi sesuatu yang mendesak.

Artikel terupdate: Data KTP Aman Terlindungi Dengan 5 Cara Berikut 

Sesuaikan Jenis Brankas Sesuai Kebutuhan

Sobat Pintar hanya perlu membeli brankas sesuai kebutuhan Sobat Pintar. Banyaknya jenis brankas yang tersedia membuat Sobat Pintar sedikit bingung untuk memilih mana yang harus Sobat Pintar beli. Ini dia beberapa tips yang bisa menjadi pertimbangan Sobat Pintar sebelum membeli brankas.

Mulai dari jenis-jenis bahan dari brankas tersebut antara lain :

1. Steel Safes

Kenali 6 Jenis Safe Deposit Box, Sebelum Membelinya

Brankas jenis ini terbuat dari plat besi atau besi baja. Steel safes biasanya digunakan untuk tempat penyimpanan uang dengan jumlah yang tidak banyak. Sayangnya, brankas jenis ini tidak bisa menahan api. Jadi, Sobat Pintar harus benar-benar berhati-hati jika menggunakan brankas ini. Pastikan tempat penyimpanan brankas ini aman dan jauh dari barang-barang yang mudah terbakar.

2. Fire Safes

Berbeda dengan jenis yang sebelumnya, Fire safe adalah jenis brankas yang tahan terhadap api. Ketebalan yang dimiliki jenis brankas ini sangat baik sehingga barang berharga Sobat Pintar yang disimpan di dalamnya pasti aman dari serangan si jago merah.

3. Fire and Regular Safes

Memiliki keamanan yang tinggi karena mampu menahan serangan api dan dobrakan yang keras. Dengan desain khusus, brankas Fire and Regular Safes memiliki fitur penguncian otomatis. Dari segi bahan, desain, dan fitur keamanannya, brankas jenis ini sangat direkomendasikan untuk Sobat Pintar.

Jangan lupa untuk memilih ukuran dan harga brankas yang tepat. Karena sangat disayangkan apabila Sobat Pintar sampai salah beli ukuran. Selain barang Sobat Pintar tidak terproteksi semua, Sobat Pintar harus mengeluarkan dana untuk membeli brankas yang baru.

Selain bahan brankas yang beragam, perusahaan brankas juga menawarkan pilihan ukuran sesuai dengan kebutuhan Sobat Pintar. Mulai dari ukuran brankas kecil, sedang, hingga besar, sehingga Sobat Pintar dapat memilih jenis dan ukuran.

4. Brankas Kecil

Brankas dengan ukuran kecil biasanya berukuran kurang lebih 35x25x25 cm. Dengan ukuran yang kecil tersebut, brankas jenis ini biasanya dipakai untuk menyimpan uang, perhiasan, logam mulia, dan aset Sobat Pintar yang memang berukuran kecil. Untuk harganya memang beragam, mulai dari sekitar 300 ribu rupiah hingga 2 jutaan rupiah.

5. Brankas Sedang

Ukuran untuk brankas sedang itu sekitar 42x35x43cm. Cukup memungkinkan untuk menyimpan uang tunai, perhiasan, emas, hingga dokumen penting yang rahasia. Brankas dengan ukuran sedang biasanya dibanderol dengan harga kisaran 4 – 8 juta rupiah.

6. Brankas Besar

Brankas dengan ukuran yang besar bisa menjadi pilihan untuk menyimpan harta benda Sobat Pintar dan keluarga. Biasanya memiliki ukuran 65x56x122 cm dan sangat layak untuk menyimpan barang berharga Sobat Pintar dan keluarga dalam jumlah yang banyak.

Harga yang ditawarkan juga variatif, mulai dari harga 9 juta hingga puluhan juta rupiah. Tapi jangan heran, brankas dengan ukuran yang besar biasanya memiliki sistem keamanan yang lebih baik daripada jenis yang kecil maupun sedang.

Tips Memilih Safe Deposit Box

1. Pilih Brankas dengan Keamanan yang Baik.

Beberapa brankas memang memiliki sistem keamanan yang berbeda. Demi menjaga keamanan barang berharga Sobat Pintar, pilihlah sistem keamanan brankas yang memiliki kunci kombinasi.

2. Brankas yang Memiliki Pelayanan Service terbaik

Jika Sobat Pintar khawatir terhadap kerusakan pada brankas, Sobat Pintar sebaiknya mempertimbangkan jenis pelayanan atau garansi yang ditawarkan sejak awal pembelian. Pilihlah layanan garansi, layanan servis yang cepat dan responsif terhadap kerusakan brankas Sobat Pintar.

Mengingat semua dokumen, aset, dan harta benda Sobat Pintar yang memang bernilai tinggi, Ada perlu tempat penyimpanan yang aman dan membuat Sobat Pintar nyaman. Menyimpannya di safe deposit box di bank atau instansi tertentu, maupun menyimpannya sendiri di brankas di rumah merupakan pilihan yang bisa Sobat Pintar putuskan sendiri.

Artikel terupdate: 3 Alasan Kredit Pintar Jadi Fintech P2P Lending Aman 

Keduanya merupakan tempat yang baik untuk menyimpan aset-aset Sobat Pintar. Tergantung kebutuhan dan kemudahan yang Sobat Pintar rasakan. Yang terpenting, Sobat Pintar memiliki tempat yang aman untuk menyimpan harta benda Sobat Pintar, sehingga risiko kerusakan atau kehilangan bisa dihindari sejak sekarang.

Itulah sedikit penjelasan dan tips memilih safe deposit box yang sangat berguna untuk melindungi kerahasiaan dokumen atau harta benda Sobat Pintar yang bernilai tinggi.

Semoga bermanfaat.

mobile-closeKredit PintarDownload